Detoks Untuk Menemukan Siapa Anda Sesungguhnya

Detoks adalah kata yang rumit dan sedikit menakutkan, DSebelum memahami dahsyatnya kekuatan detoks sebagai batu penjuru untuk menghentikan kebiasaan buruk dan membangun hubungan yang sehat dan relaks dengan makanan, saya memiliki pemahaman yang sangat terbatas tentang apa arti kata itu sesungguhnya. Akibatnya-seperti banyak orang-setiap kali mendengar kata itu, otak saya akan membayangkan seseorang yang malang meringkuk di sudut gelap, berkeringat dan ketakutan, dipisahkan dari sesuatu yang memberinya kepuasan. 
Detoks Untuk Menemukan Siapa Anda Sesungguhnya
Bahkan mendengar kata itu saja membuat saya merasa ngeri, merasa terancam kehilangan kendali; seolah-olah jika tidak berhati-hati, saya juga akan mendapati diri saya dalam kesendirian dan keputusasaan yang sama.
Akan tetapi, sesuatu yang ajaib terjadi ketika saya berusia ZO-an. Saya mendapati bahwa detoks-atau membebaskan tubuh saya secara metodis dari zat makanan yang membahayakannya-sesungguhnya membuat saya merasa bertolak belakang dari putus asa dan lepas kendali. Saya mengetahui, dengan sangat senang, bahwa detoks mengembalikan kekuatan saya, mengembalikan kesadaran diri saya, dan yang lebih penting mengembalikan kesehatan saya.

Hal yang saya temukan adalah detoks dari makanan, perilaku, dan emosi tertentu memberi saya ruang serta kebebasan untuk menjalin hubungan baru yang jauh lebih baik dengan makanan dan tubuh saya. Ketika saya sudah tidak dijajah lagi oleh makanan yang tidak menyehatkan, semangat hidup saya kembali dan saya bisa-untuk pertama kalinya-memanfaatkan hasrat serta kebutuhan saya yang sesungguhnya. Ternyata, doping gula bukanlah yang saya inginkan. Lelah dan lesu karena menyantap makanan yang membuat saya tak berdaya juga bukan hal yang saya inginkan. Yang saya inginkan adalah merasa nyaman di dalam tubuh saya dan merasa tenang di dekat makanan. Detokslah yang membawa saya ke sana.

Tidak lama kemudian saya tahu bahwa detoks adalah bagian penting dalam banyak tradisi spiritual. Hampir semua agama memiliki upacara atau ritual puasa, dari Prapaskah Kristen, Ramadan Islam, Yom Kippur Yahudi, hingga aliran kepercayaan pribumi yang menambahkan tanaman obat seperti peyote dan ayahuasca dalam ritual mereka. Detoksifikasi adalah cara yang sudah terbukti-dan sakral-untuk meraih kesadaran diri serta penyembuhan. Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, detoksifikasi digunakan untuk mengeliminasi toksin dan memulihkan keseimbangan tubuh-pikiran. Dalam banyak kultur, puasa atau detoks adalah ritual tahunan musim semi yang digunakan untuk meringankan serta melepaskan beban yang didapat setelah musim dingin yang gelap dan panjang. Detoks adalah pembersihan, eliminasi semua hal yang mungkin berbahaya, dan ini termasuk berhenti memakan makanan yang membebani kita, menghambat mobilitas kita, menghalangi pemikiran kita, atau dengan cara apa pun mencegah kita merasa bebas dan nyaman.

Kemenangan: Imbalan Detoks

Menggunakan proses detoks secara sadar, khususnya terkait makanan, sama sekali bukan opsi terakhir. Sebaliknya, saya percaya siapa pun yang memiliki harga diri dan keberanian untuk secara sadar berhenti menyantap makanan yang mereka yakini atau curigai tidak membantu tubuh mereka berfungsi secara optimal adalah orang yang paling kuat di muka Bumi.

Detoks mirip sekali dengan terjun payung; dibutuhkan lompatan keberanian, keyakinan sejati akan kemampuan diri untuk memelihara diri sendiri, dan keberanian untuk mengetahui bahwa Anda bisa serta pasti akan bertahan dalam jangka pendek (atau, jika Anda mau, dalam jangka lama) tanpa makanan atau zat tertentu. Detoks mengembalikan kita ke posisi yang baik dengan me-reset tubuh ke titik netral yang bersih sehingga ketika menambahkan makanan lagi, kita bisa benar-benar merasakan bagaimana tubuh bereaksi terhadap makanan itu. Tujuannya, tentu saja, meu nyingkirkan makanan yang sudah Anda identifikasi sebagai makanan berbahaya untuk selamanya, dan menggantinya de ngan makanan yang bisa mendukung kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Akan tetapi, saya tidak ingin ambigu di sini: ketika menggunakan kata "detoks”, saya tidak bicara tentang melarang keras makanan tertentu dalam diet Anda dan saya jelas tidak mendukung keterlibatan dalam segala jenis pantang. Detoks pada intinya adalah mengeluarkan secara sadar makanan tertentu dari diet Anda sehingga Anda bisa mengkaji dengan tepat bagaimana rasanya ketika tubuh tidak lagi bereaksi terhadap makanan tertentu. Detoks hanyalah alat yang harus digunakan untuk mendapatkan kejelasan bagaimana rasanya setelah Anda mengonsumsi makanan atau zat tertentu. Detoks memungkinkan Anda melucuti semua yang tidak penting sehingga bisa menemukan siapa Anda sesungguhnya dan tubuh seperti apa yang Anda miliki. Ini begitu penting sehingga saya merasa perlu mengulanginya: detoks adalah penemuan, bukan pantang. Detoks bukan penyangkalan atau penyiksaan diri.

Dan, perlu diketahui bahwa tidak ada detoks yang cocok untuk semua orang. Imbalan detoks adalah menemukan sendiri bagaimana rasanya tubuh Anda ketika dibebaskan dari zat makanan yang sangat reaktif.
Detoks berarti aksi bersih-bersih. Detoks berarti mengurai kekusutan lidah, sistem pencernaan, pikiran, dan perasaan Anda. Detoks berarti mengupas lapisan “kebisingan" yang menghalangi Anda untuk benar-benar mendengarkan apa kata tubuh Anda tentang diri Anda sendiri; detoks memungkinkan Anda mendengarkan hasrat Anda yang terbesar dan auten' tik. Detoks adalah melucuti segala hal yang menahan AndaDetoks-lebih dari segalanya-adalah menemukan kebebasan, khususnya kebebasan dengan makanan. NEXT Detok sebagai pengalaman spiritual
Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.