Memahami Sistem Pencernaan Adalah Wajib Demi Kesehatan

Ada sesuatu yang begitu ritmis dalam siklus pencernaan kita sehari-hari sehingga sebaiknya kita mulai untuk mempelajari dan menerimanya. jika sistem pencernaan kita berfungsi dengan baik, kita pasti buang air besar minimal satu kali sehari dan tidak menderita kondisi yang tidak nyaman seperti kembung, buncit, kram, sembelit, atau diare. Selain menyingkirkan berbagai gejala stres ini, ketika sistem pencernaan sehat, tubuh kita mampu menyerap nutrisi lebih baik, memproses dan menyingkirkan toksin, mempertahankan berat tubuh ideal dengan mudah, serta menampilkan kinerja fisik dan mental yang baik. 

Memahami Sistem Pencernaan, bab lancar, supaya bab lancar

Untuk membangun rasa hormat yang layak diperoleh sistem pencernaan dari kita, saya rasa ada baiknya kita memahami seperti apa sebenarnya sistem pencernaan kita dan bagaimana, dalam bahasa yang sederhana, sistem pencernaan kita bekerja.
Usus adalah pipa sel lentur yang terbentang dari mulut ke anus, dan jika direntangkan, panjang rataarata usus manusia dewasa sekitar 30 m. jika dipipihkan, jaringan tipis yang elastis ini dapat menutup sebuah lapangan bola. Sangat luas, tetapi kita jarang meluangkan waktu untuk memikirkan proses
pencernaan yang terjadi dalam kontainer kehidupan mikroba raksasa ini.

Tidak banyak orang tahu bahwa pencernaan terjadi sepanjang waktu, bahkan saat kita tidur. Namun, itu memang mengikuti siklus aktif kita yang dimulai sejak kaki kita menapak tanah pada pagi hari. Itulah sebabnya mengawali hari dengan minimal satu gelas besar air hangat dan limau begitu penting dan direkomendasikan dalam berbagai program diet formal. Minuman yang menyegarkan ini mengembalikan cairan tubuh yang menguap melalui pernapasan dan pori-pori. Minuman ini juga mempersiapkan hati dan kandung empedu untuk tugas berat hari itu, antara lain menjaga tubuh kita bebas dari kotoran dantoksin.Limaumemancing enzimkitauntukmembangunkan organ pencernaan lain agar bersiap-siap untuk tugas berat hari itu. Setelah itu barulah sarapan. makanan yang menetapkan nada dan tempo bagi pencernaan serta energi Anda sepanjang hari itu.

Begitu makanan menyentuh lidah, usus kita mulai bekerja ketika enzim pencernaan yang ada dalam liur diaktifkan dan mulai mengurai makanan. ltulah sebabnya menyadari aksi mengunyah adalah aspek yang sangat penting dalam makan dengan sadar; jika kita menelan makanan begitu saja, alihalih melumatnya sampai cukup halus sehingga bisa dibasahi sepenuhnya oleh enzim mulut, kita melewatkan langkah penting dalam proses pencernaan. Informasi tentang detail kecil ini membuka mata kebanyakan klien saya, yang mengira "pelanpelan dan kunyah makananmu" adalah teknik yang digunakan kebanyakan diet untuk membuat mereka makan lebih sedikit.
Walaupun makan lebih sedikit mungkin merupakan efek samping mengunyah dengan sadar, manfaat sesungguhnya adalah memberi tubuh kesempatan untuk mulai mengekstrak nutrien berguna dari makanan sejak awal dan memulai proses penghancuran sel makanan sehingga membuang kotoran bisa teratur dan sehat.

Saat mengunyah dengan sadar, kita menyiapkan makanan untuk perhentian berikutnya di lambung, tempat pencernaan benar-benar digenjot. Lambung adalah organ unik berlapis sel yang menjaga asam kuat dan enzim tidak bocor serta tetap pekat supaya pencernaan dapat berjalan optimal. Saat kita makan makanan yang mengganggu pencernaan (yang, menurut riset, berarti semua makanan yang diproses, dimurnikan, dan tidak mengandung preatau probiotik yang ditemukan dalam makanan utuh segar) dan memusuhi mikroba yang kita butuhkan untuk memelihara selaput lambung dan usus, selaput lambung bisa jebol. jika ini terjadi, berbagai zat dan racun bisa bocor dari lambung dan masuk ke sistem peredaran, menyebabkan peradangan yang memicu penyakit, kekeruhan pikiran, dan bahkan gangguan suasana hati. Saat tubuh kita teriritasi dari dalam seperti ini-meradang-kita jadi rentan terkena penyakit, dari sindrom metabolisme (obesitas, tekanan darah tinggi, gejala diabetes), hingga kondisi autoimun seperti reumatoid artritis, tiroid, bahkan kanker.

Inilah sebabnya menjaga asam dan enzim lambung tidak bocor sangatlah penting. Begitu pula memastikan Anda tidak mengencerkan asam ini seusai makan dan perut Anda sibuk mencerna. jika Anda minum terlalu banyak air setelah makan; getah pencernaan Anda akan menjadi encer dan menghambat prosesnya sehingga Anda akan merasa menderita, kembung dan sesak perut sekaligus. Saya tahu ini sepertinya berlawanan dengan apa yang dikatakan kebanyakan diet kepada Anda. yaitu minum minimal delapan gelas air per hari. Tentu saja ini baik-tetapi jangan saat perut Anda penuh. Bahkan, filosofi kesehatan, seperti ilmu pengobatan Tiongkok, percaya bahwa minum terlalu banyak air dingin akan memadamkan api pencernaan. jadi, menyadari kapan Anda harus minum juga sangat penting bagi kesehatan pencernaan.

Seperti halnya mengunyah makanan kurang halus dapat membatasi penyerapan nutrisi dan menghambat pencernaan, makan berlebihan juga tidak baik Saat makan sesuka hati, Anda menyerang lambung dari banyak sisi-dengan membebani kapasitas fisiknya, dengan mengencerkan enzim yang ada, dan seterusnya. Makan berlebihan ibarat meminta wanita yang tidak pernah angkat beban mengangkat barbel 250 kg di atas kepalanya; ini guncangan dahsyat pada sistem yang dapat mengakibatkan kegagalan metabolisme dan sistem Anda tidak punya pilihan kecuali mengubah dengan cepat semua kelebihan nutrisi menjadi lemak-seluruh makanan yang berlebihan tadi harus ditaruh di suatu tempat, bukan?

jadi, makan porsi biasa-alih-alih jumbo-atau bahkan mini selama 12 jam (pukul 7 pagi hingga 7 malam) adalah yang terbaik. Lalu, saat malam tiba dan sudah merasa puas, Anda bisa pergi tidur dengan mengetahui bahwa Anda mengistirahatkan tubuh, pikiran, serta usus Anda.
Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.