Pengertian Meditasi

Saya akan bicara terus terang: saya bukan kandidat praktisi meditasi terbaik. Saya terlalu gugup, terlalu kikuk, susah diam Duduk dengan tenang benar-benar sulit bagi saya (apalagi dengan keadaan punggung saya), tetapi saya mendapati bahwa saya membutuhkan meditasi dalam hidup saya, seperti halnya saya membutuhkan air bersih, udara segar, makanan sehat, dan bahkan hubungan intim yang lebih bergairah.

Saat berpikir tentang meditasi, sebagian besar dari kita akan membayangkan sosok guru kurus berserban, dengan janggut lebat, duduk bersila, mata terpejam, di puncak gunung berbatu, di suatu tempat yang sangat jauh. Saya selalu menganggap bayangan itu lucu, bahkan sedikit “religius" dalam pengertian bahwa itu menunjukkan kita perlu meninggalkan kehidupan ramai untuk menemukan kedamaian dan pencerahan.


Nah, wanita (dan tentu saja laki-laki) mana yang bisa-atau ingin-berada begitu jauh dari keramaian? Tidak banyak. Walaupun ketika hidup menjadi benar-benar riuh, saya bisa menghargai daya tarik keterasingan semacam ini.
Saat bercerai, ketika mendapati diri dirongrong kegelisahan yang ringan tetapi terus-menerus, saya mencoba bermeditasi dengan cara yang lazim: duduk di atas bantal. Saya mengatur posisi seperti guru di depan saya. Di sana saya duduk diam dan menderita, sementara tangan serta kaki mulai kebas dan pikiran meronta-ronta. Saya mencoba latihan ini beberapa kali, dan ketika akhirnya saya terpaksa mengakui bahwa gaya meditasi ini tidak cocok, saya menemukan yang lain.

Sepertinya, otak saya merespons sangat baik meditasi visual terarah. Meditasi ini begitu mudah bagi saya karena bisa Hanya ada beberapa teknik dan praktik yang benar-benar dapat membantu kita untuk menjembatani celah ruang, waktu, serta pernapasan yang lebar dan netral di antara pikiran juga tubuh kita. Saya menggunakan semuanya untuk membantu agar saya selalu menyadari apa yang berlangsung dalam pikiran dan tubuh saya sehingga bisa membuka pintu lebar-lebar saat nafsu-keinginan mengetuk pintu. Lalu, dengan tenang, saya bisa mempersilakan mereka masuk, berkenalan dengan mereka, dan memutuskan mana yang layak mendapatkan waktu dan perhatian saya.
Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.