Teknik EFT (Emotional Freedom Technique)

Saya pernah mengalami serangan panik, mulai yang ringan hingga berat. Dan, setiap kali rasa panik itu kumat, saya akan menggunakan teknik EFT. Seketika, saya merasakan ketenangan dan detak jantung mulai melambat.
Teknik EFT [singkatan dari Emotional Freedom Technique], atau lebih dikenal dengan "totok", adalah praktik sederhana untuk menenangkan pikiran dengan sugesti yang kuat dan penuh kasih sambil menotok titik akupunktur penting-pelipis, di samping mata, di bawah mata, di bawah hidung, di dagu, dan turun sampai tulang selangka serta jantung-di tubuh Anda. Ini terapi gabungan akupunktur dan sugesti kata-kata yang brilian. Saya sudah tahu tentang EFT sejak belajar di sekolah gizi dan sudah memakainya dengan sukses selama bertahun-tahun.

Teknik EFT (Emotional Freedom Technique)

EFT bekerja dengan menenangkan bagian otak yang merasa yakin ada bahaya besar di depan mata, dan saya bisa bersaksi mengenai betapa efektifnya cara relaksasi yang sangat sederhana ini. ini adalah cara yang sangat lembut untuk menyuruh pikiran berhenti sementara Anda mengubah arah pikiran dengan sugesti yang sangat positif. EFT memberi tahu tubuh Anda bahwa ia bisa mengabaikan dorongan untuk melawan atau lari cukup lama sehingga Anda bisa mendapatkan lagi keselarasan yang dibutuhkan antara tubuh yang ketakutan dan pikiran yang gugup. Singkat kata, teknik ini meredakan kegaduhan dalam otak sehingga Anda bisa berkomunikasi lagi dengan tubuh Anda. EFT efektif, gratis, tidak memiliki efek samping, dan dapat dilakukan sendiri. Dan bagi saya, itulah definisi perawatan mandiri secara ringkas.

Selain itu, belum lama ini ada studi di Australia yang menunjukkan bahwa EFT, atau masyarakat New York menyebutnya totok meridian, juga bisa mengurangi nafsukeinginan akan makanan. Dalam studi itu, hampir 100 orang dengan berat badan berlebih dan obesitas dievaluasi secara terpisah untuk menentukan intensitas nafsu-keinginan akan makanan mereka serta menilai makanan mana yang paling berkuasa atas mereka. Mereka juga ditimbang dan BMI (Body Mass Indexes : Indeks Massa Tubuh) mereka dicatat, begitu pula dengan profil psikologis umum yang mendeskripsikan bagaimana setiap orang merasakan saat berhadapan dengan godaan, stres, kelelahan, dan faktor lain. Lalu kelompok itu dibagi dua.

Kelompok pertama langsung diajarkan EFT dan diinstruksikan untuk menggunakan teknik relaksasi ini setiap kali nafsu-keinginan akan makanan muncul. Kelompok yang lain-yaitu kelompok kontrol-harus menunggu satu bulan sebelum diajarkan EFT. Dan, selama empat minggu pertama itu respons mereka terhadap nafsu-keinginan akan makanan dipantau dengan saksama.

Setelah satu bulan, jika dibandingkan dengan kelompok kontrol, kelompok yang mempraktikkan EFT mengalami penurunan nafsu-keinginan akan makanan. Para pengguna EFT juga melaporkan turunnya intensitas nafsu-keinginan mereka dan banyak yang mencatat bahwa makanan yang mereka pikir paling susah ditolak tidak lagi memiliki daya tarik yang sama.

Setelah satu tahun, para pengguna EFT melaporkan bahwa nafsu-keinginan tetap muncul, tetapi lebih sedikit dengan intensitas yang lebih kecil. Dan, kemampuan mereka untuk tidak menuruti nafsu-keinginan tercermin pada BMI yang lebih rendah. Ini menunjukkan kepada para peneliti bahwa EFT memiliki efek yang tahan lama, bahwa teknik tersebut adalah sumber bantuan bagi mereka yang bergumul dengan makan berlebih serta nafsu-keinginan. Dan, teknik ini bisa menjadi alat yang sangat bermanfaat dalam membantu upaya penurunan berat badan.

Bernapas untuk Tubuh
Teknik lain yang gratis, dapat dilakukan sendiri, dan sangat efektif untuk menenangkan pikiran serta tetap tertambat di dalam tubuh Anda adalah teknik pernapasan sadar.
Bernapas adalah kebiasaan yang paling utama; selain memompa jantung, inilah satu-satunya yang'dilakukan tubuh ' kita tanpa upaya apa pun. Ini salah satu mekanisme di luar sa' dar yang jika dilakukan dengan sadar akan menyembuhkan dan menyegarkan. Maksud saya, cobalah saja. Berhentilah sekarang juga dan tarik napas dalam-dalam dengan sadar serta perlahanlahan melalui hidung, lalu, lebih perlahan-lahan lagi, keluarkan lewat hidung. Rasanya enak bukan? Setiap kali melakukannya, mata saya spontan terpejam saat mengembuskan napas dan saya langsung merasa segar serta fokus lagi.

Bernapas, selain merupakan tugas penting untuk memasukkan oksigen ke dalam tubuh, adalah metode detoksifikasi tubuh nomor satu. Bahkan, diperkirakan kita membuang 70% sisa metabolisme melalui respirasi. Dan ini tanpa kita perlu melakukan usaha apa pun! Namun, saat kita sadar akan pernapasan kita, hal ajaib yang transformatif akan terjadi, termasuk meningkatnya kemampuan untuk menurunkan berat badan. Berbagai studi melaporkan bahwa bernapas dengan sadar juga akan menguatkan sistem kekebalan, meredakan rasa sakit, menenangkan dan menyeimbangkan suasana hati, meluruskan postur, merangsang dan “memijat" organ vital, meningkatkan massa otot, meningkatkan pencernaan dan penyerapan nutrisi ke dalam aliran darah, serta meningkatkan konsentrasi.

jelas sudah, bahwa pernapasan sadar banyak manfaatnya. Dan, mungkin yang paling menarik adalah perasaan sadar serta tenang yang dibangkitkan melalui pernapasan sadar. Teknik ini membawa kita-dengan lembut tetapi cepat, tanpa kegaduhan dan ribut-ribut-langsung ke saat ini. Ia membawa kita kembali ke dalam tubuh, yang memang harus kita tempati lika ingin hidup dengan penuh gairah dan tujuan.
Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.