Bagaimana Cara Berjalan Dengan Sepatu Hak Tinggi

High heels atau sepatu berhaktinggi adalah salah satu strategi cewek untuk meninggikan postur tubuh, membuat betis kelihatan lebih ramping, dan pinggul jadi lebih seksi. Nggak seperti Carrie Bradshaw dalam serial S-e-x and The City yang sanggup mengejar taksi dengan high heels, bagi beberapa cewek, memakai high heels itu bisa terasa mematikan. tentu kamu Ingat ya film Me vs High Heels yang perankan Ayu Sita sebagai pemeran utama yang fobia dengan high heels. Buat yang nggak biasa, tingginya hak sepatu itu sering membuat kita nggak bebas berjalan, bahkan terlihat kaku. Tapi lagilagi, untuk acara-acara tertentu atau momen spesial, rasanya wanita tidak kelihatan feminin, kalau tidak memakai sepatu yang georgeus (sekaligus ”mematikan” buat beberapa wanita ini).

Bagaimana Cara Berjalan Dengan Sepatu Hak Tinggi, cara jalan pakai heels
Image copyright alodokter.com

”Saya nggak terlalu suka memakai high heels, karena membuat saya cepat lelah dan kurang bisa bergerak bebas. Saya harus ekstra hati-hati saat memakai high heels," ungkap salah satu editor majalah remaja. Bagaimana caranya kita bisa memakai high heels dan tetap nyaman? Itulah yang perlu kita cari tahu. Biar bagaimanapun, high heels tetap jadi pilihan cewek untuk tampil cantik dan ideal. Menurut survei yang dilakukan oleh American Pediatric Medical Association, 42% cewek mengaku akan tetap menggunakan
sepatu yang membuat tampilan mereka menarik, sekalipun hal itu membuat mereka merasa nggak nyaman. Selebihnya, mengaku lebih memilih kenyamanan dan kesehatan kaki itu sendiri.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu termasuk orang yang mengedapankan penampilan tanpa memedulikan kenyamanan? Untuk mencari jalan tengahnya, ada baiknya ditelusuri dulu masalah yang biasa terjadi saat kamu menggunakan high heels? Umumnya yang menjadi keluh kesah cewek saat menggunakan high heels antara lain capai, lecet, kapalan, sakit pada tumit dan betis. Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi masalah itu tanpa harus mengorbankan keinginan untuk tampil cantik ideal? Pakar dari American Pediatric Medical Association, Morris Morin, DPM. dan Stuart Mogul, DPM., memberikan kamu solusi untuk mengantisipasi rasa sakit dan nggak nyaman itu.

#1 Pilih high heels yang tepat

Pemilihan high heels yang nggak tepat bisa menyebabkan bagian depan telapak kaki kamu sakit karena tekanan. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya pilih bagian depan high heels yang ”open toe” (terbuka pada bagian jari). Selain membantu melancarkan sirkulasi udara, model open toe juga mengurangi risiko kapalan. Selanjutnya, perhatikan bahan dari sepatu yang akan kamu beli. Jika terbuat dari kulit, sebisa mungkin pilih bahan kulit asli. Bahan imitasi cenderung membuat jari kaki lecet. Demikian pula dengan bahan bagian dalam sepatu. Pilih tekstur yang lunak dan halus, untuk kenyamanan kaki kamu. Lastbutnotleast,jangan pernah mengambil ukuran yang terlalu kecil, atau bahkan sedikit lebih besar. Ini bisa mengganggu keseimbangan dan bisa berakibat fatal pada kakimu.

#1 Strategi untuk beginner

Bagi kamu yang masih pemula dan baru coba-coba, jangan langsung membeli hak yang terlalu tinggi. Pilih dulu yang berhak 3-5 cm. Haknya j'uga jangan terlalu runcing. Jenis wedges, salah satu jenis yang bisa kamu pakai untuk berlatih.

#2 Sesuaikan tinggi hak dengan padatnya aktivitas

Tampil modis memang penting, tetapi bukan berarti harus memaksakan diri, kan? Supaya bisa merasa nyaman dengan high heels, kamu perlu cermat memilih tinggi high heels sesuai kepentingan. Misalnya nih, untuk ke pesta ulang tahun teman, kamu nggak perlu pakai sepatu yang tingginya

melebihi 5 cm. Cukup pakai sepatu berhak 3-5 cm, itu pun dengan catatan pestanya dilangsungkan di dalam gedung. Hak dengan ketinggian lebih dari 5 cm lebih cocok digunakan pada momen-momen formal yang nggak menuntut banyak gerak, seperti dinner, resepsi pernikahan, atau pesta di gedung-gedung megah. Untuk resepsi pernikahan pun, kamu harus lihat lagi tempat resepsinya. Kalau acaranya garden party, buat apa kamu pakai sepatu berhak lebih dari 5 cm? 50, ada beberapa hal yang kudu kamu perhatikan saat memilih high heels, antara lain lokasi tujuan dan jenis acara.

#3 Latihan, Latihan, dan Latihan

Practice makes perfect. Semakin sering berlatih, kita akan semakin terbiasa. Kebanyakan cewek sudah menyerah dulu karena rasa capai, sakit, dan tidak bebas saat mengenakan high heels. Padahal, kalau terus membiasakan diri, lamalama rasa nyaman juga bakal didapatkan.

Pertama, biasakan berdiri dengan high heels di depan cermin sambil memerhatikan postur tubuh sekaligus melatih diri berdiri stabil di atas hak tinggi.

Kedua, berlatihlah melangkah dengan hak tinggi di atas permukaan yang keras dan nggak licin, misalnya lantai berkarpet. Karpet bisa membantu memberikan keseimbangan.
Ketiga, saat menggunakan high heels, pastikan kaki kamu benar-benar lurus dengan kedua kaki harus selalu merapat. Waktu berjalan, kaki pun harus selalu sejajar sehingga kamu tidakjatuh atau terkilir. Lanjutkan latihan berjalan dengan high heels pada permukaan yang keras, seperti layaknya model yang sedang berjalan di catwalk. Sekali kamu mulai nyaman berjalan dengannya, coba lagi pada jenis permukaan lantai yang berbeda. Dengan begitu, kamu nggak perlu fobia dengan high heels lagi, kan? Semuanya bisa disiasati, kok.

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.