Cara Memadukan Warna Baju dan Celana

Fashion ibaratnya seperti seni. Bagaimana bisa tampil fashionable tanpa harus mengeluarkan biaya jutaan rupiah, diperlukan kreativitas, sedikit imajinasi, dan ”taste" untuk memadukan atasan, bawahan, terusan dengan sepatu yang dipakai, tas yang dijinjing, motif, warna, dan karakter yang ingin kamu tonjolkan. Semua item itu juga tidak harus baru. Kamu bisa memadukan sebuah kemeja lama yang tersimpan di lemari dengan celana baggy baru yang sedang kembali menjadi "tren” saat ini.

Cara Memadukan Warna Baju dan Celana, cara berpakaian matching
Image copyriht in5464.wordpress.com

Mengetahui padu padan warna yang tepat dalam berpakaian, atau mengetahui warna yang cocok untuk kulitmu, karakter, dan suasana juga termasuk dalam hitungan mix and match. Begitu semuanya match, aura dan kepribadianmu akan tercermin sempurna. Memadukan warna kuning dengan baby blue dan pink terang akan membuat kamu terlihat seperti gula-gula atau permen-sebuah fashion blunder. Simak beberapa tip ini, jadi hal-hal seperti itu tidak akan terjadi padamu.

The Color

- Yang utama dalam memadumadankan warna dalam berbusana adalah mengetahui perputaran golongan warna. Jika kamu sedikit saja mengetahui dasar dari pembagian golongan warna, kamu akan tahu warna mana yang akan selaras atau kontras dengan warna x, misalnya. Namun, matamu juga akan memberi sinyal kok kalau paduan warna yang kamu pilih agak keluar dari ”jalur". Sebagai contoh, kamu memasangkan warna atasan pink dengan celana hijau. Sebuah kombinasi yang mencengangkan, bukan?

Cara Memadukan Warna Baju dan Celana yang selaras
Blogger Hijab Indonesia. (Foto: Instagram.com)

- Kamu perlu mengetahui dasar-dasar golongan warna berikut ini. Pertama adalah basic color-hitam, putih, dan abu-abu merupakan warna-warna netral. Warnawarna tersebut hampir cocok dengan segalanya. Jika kamu hanya bermain mix & match dengan tiga warna tersebut, tampilan yang kamu dapatkan adalah tampilan klasik, atau tampilan yang aman. Namun, tiga warna dasar ini bisa dipadukan dengan warna apa saja lho. Jadi, kamu juga bisa memasangkan
putih atau hitam dengan kuning, merah, biru, atau ungu. Sebaiknya, hindari hitam dengan cokelat karena paduan ini akan tampak "mati”. Kecuali, cokelat yang kamu pilih itu cokelat muda. Untuk warna abu-abu, kamu bisa memasangkannya dengan putih, biru tua, pink, atau krem-akan terlihat serasi. Jika kamu ingin tampil lembut, tetapi tetap berwarna, kamu bisa memadu madankan tiga warna dasar ini dengan warna-warna pastel. Sebagai contoh, putih dengan pink pastel, putih dengan beige, putih dengan kuning pastel, atau abu-abu dengan biru muda.

Cara Memadukan Warna Baju dan Celana, cara berbusana rapi terlihat cantik
Image copyright http://biutifa.com

- Medium color adalah warna-warna tenang seperti berbagai varian warna biru, ungu, off-white, cokelat. Warna-warna ini cocok bagi mereka yang mementingkan kenyamanan, dinamis, dan tetap ingin terlihat trendi. Tak terlalu sulit memadu-madankan warna-warna ini karena sebenarnya mereka masih bermain di wilayah "aman”. Kecuali, ungu yang kamu pilih ungu muda atau ungu terang. Biru akan cocok dengan abu-abu dan putih. Ungu tua atau ungu muda akan cerah bila dipasangkan dengan putih, terlihat fashionable bila dipasangkan dengan abu-abu atau off white. Jika kamu berani, pasangkan pants ungu tua dengan pink pastel atau soft-membuat kamu terlihat cerah. off white bisa dipasangkan dengan soft pink, mint (hijau muda), soft oranye, biru tua, kuning pastel. Cokelat bisa dipadukan dengan putih, off white.

- Strong color. Warna-warna terang dan berani: merah, kuning, hijau, oranye. Warna-warna ini cocok bagi mereka yang berani tampil beda. Lebih dinamis. Ada dua alternatif dalam memadu madankan warna-warna ini. Pertama, pasangkan dengan warna netral/medium. Kedua, jika kamu "berani”, kamu bisa memasangkan warna-warna ini dengan sesama warna golongan terang.

  • Hitam + Kuning kenari +Kuning terang
  • Hitam + Warna Lavender
  • Hitam + Hijau (pohon) atau Hijau dedaunan
  • Hitam + Merah
  • Biru + Putih
  • Biru + Pink
  • Biru + Beige
  • Merah + off white
  • Merah + Silver
  • Merah + Abu-abu
  • Hijau muda + Fushia
  • Hijau + Putih
  • Hijau + Off white
  • Kuning + Hijau muda+ Aksen putih (tiga tone color)
  • Kuning + Ungu tua/gelap
  • Kuning + Putih
  • Oranye + off white
  • Oranye + Merah
  • Oranye + Putih

Selain mampu memadukan warna yang satu dengan warna yang lain, kamu mungkin juga ingin mencocokkan warna pakaian dengan warna kulit. Pemilik kulit putih, sudah tentu fleksibel, ia bisa mengenakan warna apa pun. Warna hijau mint, merah, hitam, akan memberi refleksi warna yang kontras. Kulitmu yang putih, lebih terlihat mencolok.

Namun, kebanyakan orang Indonesia berkulit gelap. Warna-warna apa saja yang cocok untuk kita yang berkulit gelap? Karena kulit gelap, banyak dari kita menjadi nggak pede bermain warna. ”Warna-warna netral aja, deh. Jangan anah-aneh, soalnya kulit gue hitam,” sering kali kita berpikir seperti itu. Mulai sekarang ubah pemikiranmu. Justru karena kulit kita gelap, kita perlu warna-warna terang agar kita terlihat cerah. Sebagai contoh; kuning, ungu, biru, hijau, putih. Kecuali kamu ingin menampilkan kesan seksi, hitam jadi pilihan nomor dua. Padu padan kuning muda dan putih atau off white membuat kamu tampak cool.

Baca juga

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.