Cara Mudah Mengatasi Rambut Rapuh dan Mudah Patah

Banyak orang yang bilang, paling praktis mengubah gaya rambut adalah dengan mengubah warnanya. Tetapi, bagaimana mau beraksi dengan warna memikat, jika rambut kamu rapuh? Apalagi, pewarna rambut itu merupakan pemicu kerapuhan rambut. Lalu bagaimana cara mengatasi rambut rapuh dan mudah patah?

Cara Mudah Mengatasi Rambut Rapuh dan Mudah Patah, rambut rapuh banget, bagaimana cara mengatasi rambut patah patah
Image copyright truehairgrowth.com

Banyak cara untuk mengatasi rambut rapuh, namun cantiku akan memberikan tips yang sederhana dan mudah dilakukan untuk perawatan rambut rapuh.

Beli sampoo khusus rambut yang diwarnai. Jangan lupa gunakan conditioner setiap habis keramas.
Pakai hair serum sebelum mengeringkan rambut, apalagi bagi yang suka mengeringkan rambut dengan hair dryer atau alat catok.
Apabila kamu kepingin banget ingin melakukan perming, coloring, atau segala sesuatu yang berhubungan dengan produk rambut yg mengandung bahan kimia, pastikan dulu kondisi rambut harus dalam keadaan prima. Caranya adalah, rajin. melakukan hair mask, dan perawatan yang berfungsi memberikan kekuatan pada akar rambut, maupun memberikan kelembapan yang cukup.
Hal yang sering dilupakan saat perawatan rambut rapuh

Lupa melindungi batang rambut disaat beraktivitas di luar ruangan, termasuk disaat menceburkan diri ke kolam renang. Lindungi rambutmu dengan menggunakan swim cap saat berenang, jangan lupa mengaplikasikan leave on conditioner atau hair oil untuk perawatan sesudah melakukan berenang.
Terkadang Lupa memastikan bahwa air yang pakai untuk keramas benar-benar ”sehat”. Jika sayang dengan rambut kamu, maka gunakanlah filter khusus yang bisa mengurangi kadar klorin dalam air. 
Brushing & Combing

Bagian ujung rambut sangatlah rapuh. harus lebih berhati-hati saat menyisir atau menatanya. karena, kedua hal tersebut dapat memperparah kondisi rambut kamu yang rapuh atau patah-patah.

Dos :
Menyisir rambut harus secara perlahan dan tinggalkan mitos menyisir rambut 100 kali per hari. Terlalu berlebihan dalam menyisir rambut justru akan membuat rambut lebih sering "tertarik” dan memicu kerapuhan akar rambut.
Pakailah sisir kayu atau metal dengan ujung gigi sisir yang bulat.
Sisir rambut yang masih dalam keadaan basah menggunakan sisir yang bergigi jarang. Bagi si ikal, sisirlah rambut dalam kondisi basah saat rambut masih lembap.

Don'ts
Kebiasaan menjepit atau mengikat rambut disaat masih dalam kondisi basah atau setengah kering.
Terlalu sering menggunakan aksesoris rambut yang berbahan metal atau karet rambut yang tidak terlapis kain. Bahah-bahan tersebut cenderung menarik beberapa helai rambutmu.
The Sun :

Lindungilah batang rambut dari paparan sinar uv. News flash untuk kamu, gals, sinar uv juga bisa berpengaruh buruk untuk rambut, sama seperti pada kulit.
Apabila panas sangat menyengat, lengkaplilah diri dengan topi atau scarf Selain sebagai pelindung dari sengatan sinar matahari, aksesoris ini dapat menambah gaya dandanan kamu juga, kan. !
Gunakan conditioner yang mengandung sunscreen untuk melindungi rambut lebih maksimal.
Don'ts :

Hindari kebiasaan memilin ujung rambut karena hal tersebut dapat memicu kondisi rambut lebih rapuh dan merusak kutikula.

Washing & Drying

Sering menggosok kulit kepala yang terlalu keras dapat memicu rambut menjadi rapuh. Sampoo plus kondisioner yang terlalu keras, serta penggunaan hair dryer yang terlalu sering, juga dapat merusak rambut.

Dos :
Gunakan sampoo dan conditioner yang sesuai dengan jenis rambut. Atau, gunakan mild sampoo yang lebih aman untuk segala jenis kulit. Lindungilah natural oil pada rambut dengan keramas 2 hari sekali.
Saat sedang melakukan keramas, gosok dan pijat perlahan kulit kepala. Mencuci batang rambut sebenarnya tidak terlalu diperlukan, karena disaat membilas rambut, busa shamoo dengan sendirinya akan mudah turun ke batang rambut. Disinilah batang rambut akan dibersihkan.
Pakailah deep conditioner untuk merawat performa rambut. Lembutkan rambut dengan menggunakan hair oil  yang dapat menutrisi rambut kering. Kalau takut rambut jadi lepek, pakai perawatan yang dapat memberikan volume pada rambut. 
 Don'ts :
Disaat rambut dalam kondisi basah, biasanya kamu sengaja mengeringkan dengan cara menggosoknya terlalu keras. Hal inilah membuat kutikula jadi rapuh, dan rambut mudah patah. ada baiknya, cukup tekan perlahan rambut kamu dengan handuk.
Tidak boleh gunakan air hangat saat membilas rambut, karena panas akan memicu rambut menjadi kering. 
Demikian Artikel Cara Mudah Mengatasi Rambut Rapuh dan Mudah Patah, Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Siapapun Yang Membaca Artikel Ini.

Baca Juga :

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.