Manfaat Olahraga Untuk Kecantikan Kulit

Halo, Dokter Grace? Saya Netha (27 tahun). Maaf mau tanya, Pada beberapa bulan lalu, teman kerja mengajak saya ikut olahraga rutin ke pusat kebugaran. Kami rutin ikut kelas pilates, yoga, dan sesekali aerobik. Saya merasa kulit saya lebih cerah dan bersih, terutama wajah. Sejak saya rutin olahraga, justru saya tidak pernah jerawatan lagi. Apakah olahraga berpengaruh pada kesehatan kulit?

manfaat olahraga untuk kecantikan kulit, rugi tidak olahraga, mau cantik harus olahraga

Dear Metha, Ini penjelasan Manfaat Olahraga Untuk Kecantikan Kulit

Olahraga jika dilakukan dengan frekuensi, intensitas dan jenis yang tepat memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk kecantikan kulit. Penyebabnya adalah sebagai berikut.

A. Olahraga dapat menyebabkan jantung memompa darah lebih intens ke semua bagian tubuh. Pembuluh darah akan melebar selama dan sesudah berolahraga. Hal ini terlihat terutama pada bagian permukaan kulit. Warna kulit kita akan bersemu merah, terutama di bagian pipi, sehingga terlihat cantik tanpa perona pipi. Pembuluh darah yg melebar ini mengalirkan oksigen dan nutrisi pada kulit sehingga kulit mendapatkan pasokan beberapa zat gizi dan zat perenovasi yang lebih banyak.

B. Olahraga membuat seluruh tubuh akan terasa panas. Untuk menghindari kenaikan suhu yang ekstrem, tubuh akan mengeluarkan keringat untuk mendinginkan. Peri-pori kulit lebih terbuka sehingga kemungkinan tersumbat dan terbentuknya komedo serta Jerawat menjadi lebih kecil. Pembuangan radikal bebas dan kotoran hasil metabolisme tubuh mengalir dan terbilas dengan baik lewat keringat.

C. Olahraga dapat memicu keluarnya hormon endorlin yang menimbulkan rasa senang dan bahagia sehingga mengurangi stres. Beberapa kondisi kulit yang terkait dengan stres seperti eksem dan jerawat juga dilaporkan berkurang pada beberapa penelitian.

D. Olahraga dapat membentuknya kolagen yang berfungsi sebagai bahan pembentuk elastisitas kulit dan juga mempercepat regenerasi sel kulit yang selalu mati dan mati sebab gesekan baju, paparan sinar matahari, ataupun penyebab lain.

E. Olahraga mengurangi risiko timbulnya selulit. Selulit ialah lemak yg terperangkap oleh jaringan ikat yang menyebabkan kesan kulit bergelombang semisal kulit jeruk. Beberapa teori berpendapat bahwa kurangnya pasokan darah ke daerah tersebut menyebabkan timbulnya selulit.

Untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulit, lakukanlah tipberikut.

Berolahragalah secara teratur 2-3 kali seminggu, minimum selama 30 menit. Jenis olahraganya bisa apa saja, apa pun yang anda minati. Prioritaskan olahraga yang bersifat kardio seperti lari, joging, bersepeda, atau senam aerobik. Karena dapat meningkatkan peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh.
Sesudah berolahraga, minumlah air dengan elektrolit yang cukup untuk menghindari dehidrasi. Kekurangan cairan bisa menimbulkan kesan kulit kering dan pecah-pecah.
Jika berolahraga di luar ruangan dan harus terpapar sinar matahari, oleskan tabir surya supaya kulit tidak terbakar. Sesuaikan kekuatan SPF-nya dengan lamanya berolahraga. Gunakan SPF tinggi (> 30 menit, sebaiknya SPF >30). Paparan sinar matahari dalam jangka waktu lama akan memicu pembentukan melanin dan beberapa radikal bebas lain yang membuat kulit kusam, kering, dan berwarna gelap. Selamat mencoba!

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.