Mencerahkan Kulit Nggak Harus Mahal, Coba Dengan Cara Alami Ini

Mencerahkan kulit kita bukan berarti nggak pede atau kurang bersyukur dengan warna kulit yang ada. Biar bagaimanapun, kulit akan terlihat lebih manis saat terlihat berkilau dan cerah kan. Jadi, apa salahnya berusaha untuk merawat apa yang sudah kita miliki agar terlihat lebih indah. Cara mencerahkan kulit secara alami dapat dilakukan dari dalam dan luar. Perawatan dari dalam bisa dilakukan melalui bantuan suplemen makanan-konsumsi buah-buahan atau sayur-sayuran yang mencerahkan lewat kandungan vitamin atau gizi yang dimilikinya. Perawatan dari luar bisa dilakukan dengan menggunakan ramuan tradisional yang diaplikasikan langsung pada pada kulit kita.

Mencerahkan Kulit Nggak Harus Mahal, mencerahkan kulit Dengan Cara Alami Ini
Image copyrigt superdicasdebeleza.com

1. Mencerahkan lewat ramuan mentimun untuk wajah

Caranya:
  • Ambil 1 buah mentimun ukuran sedang, kemudian blender sampai halus.
  • Tuang mentimun di mangkuk, kemudian teteskan rosemary essential oil sebanyak 1-2 tetes, aduk rata.
  • Ambil sebutir telur, pisahkan bagian kuningnya. Campurkan bagian putihnya pada mentimun tadi hingga mengental, aduk rata.

Usapkan ramuan tersebut pada wajah. Hindari area mata dan mulut. Biarkan selama 15 menit, lalu bersihkan wajah dengan lap basah. Lalu, bilas dengan air bersih dan sabun pencuci muka. Lakukan perawatan ini setiap malam.

Catatan:
  • Putih telur itu bermanfaat untuk mengencangkan kulit sehingga dapat membantu mengecilkan pori-pori.
  • Bersihkan wajah sebelum menggunakan ramuan ini. Sebaiknya, oleskan tipis di siku sebagai tester-untuk memastikan efek yang terjadi, untuk kamu yang alergi terhadap ramuan tertentu.

2. Mencerahkan Lewat Lulur (Sekujur Tubuh) .

Ada dua jenis lulur, yaitu lulur kuning berupa bubuk dan lulur berupa krim scrub. Keduanya mempunyai efek yang sama untuk mencerahkan. Untuk pemula, ada baiknya kamu memulainya dengan lulur scrub selama beberapa waktu. Kedua jenis lulur tradisional ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di pertokoan, dengan berbagai pilihan aroma.

ALPUKAT
Buah alpukat kaya akan vitamin E dan mengandung omega 3 sehingga dapat menjadi antioksidan yang baik, mencegah penuaan dini, mencerahkan, meratakan warna kulit, dan melembapkan kulit secara alami. Buah alpukat dalam lulur ini juga bersifat anti-inflamasi sehingga dapat mendinginkan kulit. Jenis ini cocok untuk kulit yang kering.

BENGKUANG
Lulur scrub bengkuang tepat berkhasiat mencerahkan warna kulit. Bengkuang tersebut memiliki sifat kimiawi yg mampu mendinginkan kulit. Selain dari itu, kandungan antiseptiknya mampu mengatasi gatal-gatal di kulit. Bengkoang juga mengencangkan kulit sehingga kekenyalan kulit kamu terjaga.

BOREH REMPAH
Yang ini bagus untuk mengangkat sel kulit mati. Kandungan herbal dan rempah-rempahnya bisa menghangatkan tubuh, dan melancarkan sirkulasi darah. Apa aja sih boreh rempah itu? Boreh rempah itu sebenarnya campuran tepung jahe, tepung kencur, dan tepung kayu.

CENDANA
Berbahan dasar tepung kayu, cendana bermanfaat untuk mengangkat debu, kotoran, dan sel-sel kulit mati. Wanginya yang khas dan kuat, bisa menghilangkan bau badan dan memberikan keharuman pada tubuh lebih tahan lama. Selain itu, campuran olive oil-nya mampu melembapkan kulit. Hasilnya, kulit lebih bersih, bercahaya, dan harum menggoda.

SUSU
Kaya akan zat asam beta hydroxy alami, campuran susu dalam lulur nggak hanya berguna untuk pee/ing (mengikis kotoran dan sel-sel kulit mati), melainkan juga mencerahkan kulit. Dengan demikian, kulit akan terlihat lebih halus dan nggak bersisik. Kandungan proteinnya juga berguna untuk menyuplai nutrisi sehingga permukaan kulit lebih kenyal.

3. Langkah-langkah Luluran

Oleskan sekujur tubuh kamu dengan baby oil, minyak zaitun, atau body oil mist, yang bisa melembapkan kulit. Lakukan sedikit gerakan pijat agar minyak benar-benar meresap ke dalam kulit.

Setelah mengoleskan dan memijatnya dengan minyak, gosok tubuh per bagian dengan lulur scrub. Butiran-butiran scrub dalam lulur tersebut memang berfungsi untuk mengikis kotoran dan membuka pori-pori.

Setelah seluruh tubuh di-scrub, bersihkan semua gumpalan scrub yang ada di tubuh, kemudian mandilah dengan air hangat. ini baik untuk pori-pori yang baru membuka tadi.
Lakukanlah lulur scrub ini pada waktu senggang, minimum dua kali dalam seminggu.

4. Mencerahkan kulit lewat konsumsi buah

Selain perawatan dari luar, kamu juga perlu membantu perawatan dari dalam, atau lewat konsumsi makanan. Buah mengandung vitamin dan gizi yang nggak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga untuk kulit kita. Pilih buah yang mengandung banyak vitamin C karena vitamin C dipercaya mampu membuat kulit tampak cerah perlahan-lahan.

SEMANGKA
Buah semangka itu rendah akan kalori dan juga mengandung air sebanyak 93,4persen, protein 0,5 persen, karbohidrat 53 persen, lemak 0,1 persen, serat 0,2persen, abu 0,5 persen, dan vitamin (A, B dan C). Kandungan air dan vitaminnya baik untuk kulit kamu. Tahukah kamu bahwa bagian putih semangka yang dekat dengan kulit banyak menyimpan zat yang dibutuhkan kulit-menyegarkan, melembapkan, dan membuat kulit lebih cerah. Kamu tidak perlu mengonsumsinya dengan diblender. Potong saja seperti biasa beserta kulitnya yang putih kehijau-hijauan dan konsumsi semuanya. Bagus kalau kamu mengonsumsi sebelum tidur.

JERUK
Buah jeruk paling banyak mengandung vitamin C. Sari buah jeruk mengandung 40-70 mg vitamin C per 100 ml, tergantung pada jenis jeruknya. Semakin tua dan semakin manis rasa jeruknya, kandungan vitamin C-nya justru makin berkurang. Vitamin C pada jeruk ini punya khasiat menyembuhkan, membersihkan zat-zat kotor dari tubuh dengan ”asam"-nya, dan membuat kulit lebih cerah. Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk buah; satu buah pada siang hari setelah makan siang, dan satu buah pada sore hari setelah makan, atau dapat disajikan dalam bentuk jus.

KIWI
Dalam tiap-tiap butiran, kiwi menyimpan vitamin C 68 mg dan cukup untuk memenuhi konsumsi vitamin C bagi orang dewasa.

MANGGA
Setiap 100 gram potongan mangga siap makan, mengandung vitamin C sebanyak 41 mg. Sementara itu, mangga muda memiliki kandungan vitamin C lebih besar, yaitu 65 mg. Jadi, bila kamu mengonsumsi 150gr mangga ranum atau 200gr mangga golek (sekitar 1/2 buah ukuran kecil), kebutuhan vitamin C yang dianjurkan dapat terpenuhi dengan baik.

TOMAT
Selain kaya vitamin A dan baik untuk kesehatan mata, tomat juga mengandung 40 mg vitamin C dalam setiap butirnya. Enaknya, buah yang satu ini dibuat jus, dan dikonsumsi sebelum tidur.

PEPAYA
Pepaya ini Selain terdapat vitamin C, pepaya juga mengandung serat halus yang bagus untuk balita maupun lanjut usia. Pepaya mengandung sekitar 74 mg vitamin C.

Kapan waktu mengonsumsi buah yang tepat?

Kamu bisa makan buah atau minum jus buah setiap hari. Paling nggak, konsumsi sekali dalam sehari pada pagi hari. Atau, lebih bagus lagi jika kamu mengonsumsinya dua kali (pagi dan menjelang tidur) dalam sehari.

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.