Mengenal Jenis Jerawat dan Cara Mengobatinya

Pengertian Jerawat : Jerawat adalah radangan kelenjar pilosebaseus yg dibarengi oleh sumbatan keratin pada kulit. Pilosebaseus ialah tempat dimana keluarnya rambut pada bagian kulit, dan kelenjarnya. Sementara itu, keratin ialah lapisan paling luar dari permukaan kulit ari.

cara mengobati jerawat cepat, cara atasi jerawat mudah, Mengenal Jenis Jerawat dan Cara Mengobatinya
Image copyright skindoctorsa.com

Proses terjadinya jerawat : Disaat keratin lepas, tertumpuk pada bagian kulit, dan mengakibatkan tersumbatnya muara kelenjar pilosebaseus. Penyumbatan itulah menyebabkan getah kelenjar pilosebaseus tidak dapat keluar. Akhirnya, tumbuhlah tonjolan pada permukaan kulit yang biasa kita sebut "jerawat". Penyumbatan itu dapat menjadi lebih parah bila terjadi infeksi yg disebabkan oleh bakteri propionibacterium hingga terjadi peradangan serius.

Amati dari tempat permunculanya, secara umum, jerawat dapat terbagi menjadi 2, yaitu jerawat wajah dan jerawat badan. jika dilihat dari tingkat keparahannya, jerawat bisa terbagi menjadi 3, yaitu komedo, jerawat klasik (pimple), dan jerawat batu (cystic acne).

Jerawat klasik (pimple/acne vulgaris)

Jerawat jenis klasik berbentuk tonjolan-lebih besar dari komedo dan berwarna merah muda. Jerawat jenis inilah yang biasanya dialami remaja baik wanita maupun pria pada masa pubertasnya.

Bagaimana cara mengobati jerawat klasik?
Bersihkan wajah setiap hari menggunakan black walet facial soap, kenapa harus black walet? karena mengandung stearid acid yang dapat membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat.
Setelah wajah dibersihkan menggunakan black walet, segera oles dengan minyak oles khusus jerawat cap wayang. gunakan malam hari sebelum tidur, lalu cuci ke-esokan harinya. rasakan sendiri khasiatnya dalam 3-7hari, wajahmu akan mulai bersih dari jerawat.
Bagi wanita, boleh juga menggunakan paket perawatan wajah yang sekaligus dapat membunuh jerawat klasik semisal paket been pink acne.
Jerawat batu (cystic acne)

Bentuk jerawat batu nampak besar berupa tonjolan yang meradang hebat dan parah, dan berkumpul hampir di seluruh area wajah, ini sangat berbeda dengan jerawat klasik atau jerawat biasa yang biasanya cuma terdapat pada salah satu bagian wajah saja. Jerawat yang satu ini sering membuat penderitanya hilang semangat dan kepercayaan dirinya. Jerawat batu ini biasanya timbul karena faktor genetik, sebagai berikut.
  • Kelenjar minyak yang overaktif sehingga ”membanjiri" pori-pori dengan minyak.
  • Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal dan tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal.
  • Kulit mempunyai respons yang berlebihan terhadap peradangan hingga meninggalkan bekas di kulit.

Bagaimana cara mengobati jerawat batu?

Dalam pengobatan jerawat batu sama seperti pengobatan jerawat klasik, hanya saja untuk jerawat batu dibutuhkan perawatan extra dan rutin selama 14-30 hari.
Bersihkan wajah setiap hari menggunakan black walet facial soap, kenapa harus black walet? karena mengandung stearid acid yang dapat membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat.
Setelah wajah dibersihkan menggunakan black walet, segera oles dengan minyak oles khusus jerawat cap wayang. gunakan malam hari sebelum tidur, lalu cuci ke-esokan harinya. rasakan sendiri khasiatnya dalam 3-7hari, wajahmu akan mulai bersih dari jerawat.
Bagi wanita, boleh juga menggunakan paket perawatan wajah yang sekaligus dapat membunuh jerawat klasik semisal paket been pink acne.
Jika kamu sedah sembuh dari jerawat. maka kamu harus melakukan perawatan dan biasakan hal berikut ini, agar jerawat tidak tumbuh lagi.
  1. Rajin-rajinlah membersihkan wajah menggunakan sabun wajah, sebelum tidur, dan sepulang beraktivitas.
  2. Rajin menggunakan toner pembersih.
  3. Hindari penggunaan bedak padat sebab bisa membuat pori pori tersumbat.
  4. Kurangi makanan berlemak dan tidak sehat sebisa mungkin semisal : gorengan, cokelat, kacang-kacangan, keju, dan durian. 
  5. Perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.
Pencegahan Dini Jerawat

Manfaatkan Bawang Putih : Tahukah kamu? Bawang putih dapat digunakan untuk mencegah jerawat. caranya :
  • Potong sedikit ujung bawang putih.
  • Usap potongan kecil tersebut pada benjolan jerawat kecil yang baru tumbuh.
  • Lakukan kegiatan ini beberapa kali sebelum tidur, minimum selama tiga hari berturut-turut. Cikal bakal jerawat perlahan-lahan akan mengering dan akhirnya tuntas.
Catatan
Bawang putih hanya akan efektif digunakan saat jerawat baru akan tumbuh.

Next > Cara alami menghilangkan bekas jerawat.

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.