Mengenal Tekstur Rambut dan Cara Merawatnya

Membahas permasalahan rambut tidak cukup hanya dengan mengenali kondisi rambut saja. Selain kering dan berminyak, kita juga terkadang sering merasa serba salah dengan rambut yang terlalu tipis, tebal atau keriting. Ada yang bilang, rambut tebal atau lurus jadi impian semua wanita. Jangan salah, terkadang rambut tersebut juga dapat menjadi satu masalah loh. Coba kamu kenali beberapa tekstur rambut berikut ini :

Merawat Rambut Harus Sesuai Tekstur Rambut, mengenal tekstur rambut, macam macam tekstur rambut
Image copyright allure.com

- Tekstur Rambut Lurus Tipis

Tekstur rambut cenderung lepek. Kondisi helai demi helai rambut seakan terlihat jarang dan rapuh. Rambut jenis ini biasanya mudah kotor. hasilnya dapat membuat wanita kurang percaya diri. Lalu bagaimana cara merawat rambut tekstur rambut lurus tipis ini?
Coba kamu keramas dengan volumizing sampoo. Tidak perlu melapisinya dengan kondisioner setelah keramas. Tapi jika kamu keukeuh ingin pakai conditioner untuk sekadar menjaga kelembapan, maka pilih saja volumizing conditioner.
Supaya rambut tampak terlihat mengembang, memang perlu bantuan blow. Tetapi saat mem-blow, pastikan bahwa kamu tidak menggunakan hairdryer terlalu dekat dengan rambut, dan jangan melakukannya setiap hari. Disaat awal mem-blow rambut, lakukan dengan kepala menunduk. Biarkan rambut jatuh, sambil disisir perlahan menggunakan sisir yang bergigi jarang. Sesudah itu balikkan rambut kembali ke posisi awal, dan mulailah blow dengan cara yang teratur.
Jangan gunakan catok rambut saat sedang menata rambut tipis 
Apabila wajahmu berbentuk hati, bulat atau persegi, potongan rambut seperti bob cocok digunakan. Sedangkan bagi wajah oval, kamu dapat bermain dengan poni. Jangan berlebihan memberikan layering saat potong rambut, karena akan menlmbulkan kesan semakin tipis.
Apabia kamu punya waktu di akhir pekan, coba deh kamu pakai lidah buaya agar rambut kamu bisa tumbuh lebih subur dan tebal.
Bad Hair Day?
Tundukkan kepala dan sisir rambut dari arah belakang ke depan dengan sisir blow. Bila perlu, gunakan bantuan hairdryer dengan panas yang paling minimum. Lalu, angkat kembali kepala ke posisi awal, dan biarkan rambut jatuh secara natural.

- Tekstur Rambut Lurus Tebal

Helaian rambut cenderung kuat dan tebal. Jenis rambut seperti ini masih terlihat bersih walaupun belum dicuci selama tiga hari. Saking tebalnya, kamu cuma dapat mengikat rambut tersebut dengan dua kali ikatan saja. Contoh wanita yang beruntung memiliki rambut seperti ini ialah aktris Jennifer Love Hewitt. Bagaimana cara merawat rambut tekstur lurus tebal?
Disaat mencuci rambut, berikan perhatian yang ekstra pada bagian akar dan juga kulit rambut.
Gunakan conditioner buat menghaluskan dan membuat rambut tampak lebih ringan. Pastikan conditioner yang di pakai mengandung moisturizer ekstra sehingga dapat menjaga kelembapan rambut secara optimal, serta memberikan nutrisi yang cukup.
 Jangan memotong rambut pendek sedagu, karena akan menimbulkan efek berat pada rambut.
Gunakan sisir yang bergigi jarang, jangan gunakan sisir bulat atau sisir sikat karena akan membuat rambut kusut.
Usahakan sebelum menjalankan aktivitas, aplikasikan straight control cream supaya rambut tampak lurus dan rapi.
Apabila ingin sedikit berekspresi dengan rambut lurusmu, kamu bisa gunakan straight & sleek texturizing wax guna untuk mempertegas tiap-tiap helai rambut ber-layer.
Bad Hair Day?
Disaat rambut susah diatur, apalagi disaat sedang terburu-buru, sebaiknya langsung saja dikuncir kuda. Selain praktis, pun bakalan Iebih leluasa disaat beraktivitas. iya kan?

- Tekstur Rambut Ikal Tipis

Ciri-ciri tekstur rambut ikal tipis terkadang terasa kasar sesudah keramas. Dan, disaat kering, rambut akan kembali ke tekstur semula, yaitu ikal alami. Seperti rambut saya ini, rambut seperti ini akan nampak sangat rapuh, dan lepek. Solusinya, kita harus pandai2 memilih potongan rambut, untuk membuatnya nampak berisi, lalu melakukan 1-2 treatment untuk berusaha membuatnya lebat dan nyaman ditata.
Pakailah hair shine atau hair serum untuk menghasilkan cahaya pada rambut.
Sesudah keramas, usapkan leave on conditioner dalam kondisi setengah kering agar rambut tidak terlalu kering dan kasar.
Disaat ingin menggunakan serum, hair shine, leave on conditioner, atau mousse, tidak boleh Iangsung mengaplikasikan produk pada rambut. tapi semprotkan dulu produk secukupnya pada telapak tangan, barulah kemudian usapkan pada rambut secara merata.
Potonglah rambut dengan efek layering di sekitar wajah, dan jangan memotong rambut yang sama ratanya. dapat memilih potongan bertumpuk dan guntingan bertekstur, hal ini membantu membuat rambut terlihat sedikit lebih lebat. 
Bagi rambut tipis disarankan keramas dengan sampoo mengandung ekstrak ginseng atau menggunakan shampoo caviar. Gunanya adalah untuk menguatkant batang rambut. supaya jangan sampai rambut mengalami kerontokan lagi.
Pakai hair tonic kaminomoto  disetiap sehabis keramas. sebaiknya juga memilih hair tonic yang mengandung ekstrak ginseng, atau hair tonic yang mampu merangsang untuk pertumbuhan rambut. klik disini untuk melihat hair tonic.
Disetiap malam, menjelang tidur, sebaiknya menggunakan lidah buaya. Aplikasikan gel lidah buaya pada kulit kepala, secara merata. Kasiat dari lidah buaya ini adalah merangsang pertumbuhan rambut.
Bad Hair Day?
Disaat bad hair day, jujur saja, tipe rambut seperti ini akan sedikit merepotkan, apalagi jika sudah terburu-buru. yuk kita mencari solusinya. Saat model nggak karuan, susah diatur, dan kamu terburu-buru, kamu dapat mencoba hasil pengalaman saya. Biasanya saya akan menundukkan kepala saya, menyisir semua rambut ke arah bawah, lalu sibakkan ke atas lagi. Dengan Efek seperti ini sedikit membuat rambut bervolume.

Lalu, sisir sebentar seperti biasanya. Jika kamu merasa, masih terlihat tipis dan masih kurang enak dilihat, kamu bisa mencoba melakukan sasak ringan, khususnya dari tengah kepala ke bawah. Kemudian ditata seperti model-model back to' sixty. Kalau masih menyebalkan juga, baru saya menggunakan aksesoris rambut atau menggunakan beberapa model topi.

- Tekstur Rambut Ikal Tebal

Tekstur rambut seperti ini hampir sama dengan jenis rambut yang dimiliki oleh Beyoncé. Rambut jenis ini tidak mudah berminyak dan tekstur helai per helainya sangat tebal. Trik merawat tekstur rambut ikal tebal :

Gunakan conditioner setiap kali keramas karena jenis rambut seperti ini cenderung kering. dan Gunakan juga masker rambut setiap 2 minggu sekali.
Sehabis keramas, keringkan rambut dengan menggunakan kaus yang lembut. Sebaiknya Jangan diusap terlalu kencang seperti yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Tundukkanlah kepalamu, biarkan rambut menjuntai, lalu usap perlahan dari akar sampe ujung rambut.
Sesudah rambut setengah kering, sisir secara perlahan menggunakan sisir lurus bergigi jarang dengan kepala tertunduk. Sisirlah dari atas ke bawah dalam keadaan rambut terjuntai. ya.
Harus sering menggunakan serum rambut, untuk mencegah kekeringan. Gunakan dari sebelum akar sampe ujung rambut untuk menjaga keikalan rambut.
Apabila mau tampilan ikal kamu keren, pakailah texturizing gel atau wax. 
Bad Hair Day
Jika rambut kamu tergolong rambut panjang, biarkan saja rambut tergerai secara alami. Tidak perlu memaksakan diri untuk menyisirnya, karena dapat memperparah keadaan. Rapikan saja beberapa helai dengan jari2 tanganmu. Rambut akan tampil lebih alami. Atau, dapat menata rambut kamu dengan gaya up do. Angkat semua rambut dan gelung ke atas secara alami. Biarkan beberapa helai menjuntai di tengkuk, untuk menambah kesan yang baik.

- Tekstur Rambut Keriting

Memiliki Rambut keriting seperti Halle Berry sebenarnya gampang untuk dirapikan hanya dengan jari saja. Rambut seperti jenis ini terlihat seperti sekumpulan spiral yang padat nan cantik. tetapi harus rajin keramas karena kotoran biasanya mudah menempel pada tekstur rambut keriting ini. bagaimana cara merawat rambut dengan tekstur keriting?
Jangan mengoleskan kulit kepala dengan krim atau WaX. 
Supaya rambut tetap nampak bercahaya, Gunakanlah serum rambut berkualitas tinggi 
Datangi salon untuk merapikan potongan rambut 2-3 bulan sekali. 
Bagi rambut keriting, perawatan sederhananya harus lebih sering mencuci rambut, PALING TIDAK 2 hari sekali, dengan conditioner caviar, untuk memudahkan penataan.
Pakailah minyak rambut yang tersedia dalam produk yg canggih, seperti ”leave on” dan sejenis conditioner, yang dipakai tanpa perlu dibilas, dan di-aplikasikan ke rambut dalam keadaan setengah kering. Manfaatnya untuk membuat rambut lembap, lentur, berkilau, memukau dan sehat. Kini rambut keriting kamu akan terlihat anggun dan sehat.
Bad Hair Day
Ladies, inilah tantangan, bagaimana disaat rambut keriting kamu mengalami bad hair day. Disaat kamu terburu-buru, dan rambut susah diatur, kamu bisa menyiasati hanya dengan gel, dan sekalian tampil wet look.

Catatan,
Sebaiknya jangan gunakan "hard" atau juga ”strong” gel. tetapi Cukup gunakan gel yang ringan saja, ”soft look”. Tujuannya adalah untuk mempertegas tekstur gelombang rambut, Namun tetap tertata rapi. Gel dalam aplikasi gaya wet look, membuat penataan rambut keriting lebih terarah, rambut bisa lebih rapi atau kelimis, dan membuat tekstur keriting punya kamu menjadi keunikan tersendiri.

Baca Juga :
Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.