Tips Mudah Merawat Rambut Bercabang Atau Pecah-pecah

Pastinya kamu tahu dong, bahwa rambut bercabang dapat menjadi halangan untuk tampil prima.Walaupun gaya sudah oke buat menggebet si dia, Namun aksinya bisa jauh dari sempurna dengan kehadiran rambut bercabang atau pecah-pecah. Mengapa rambut menjadi bercabang? oh Ini dia beberapa hal yang membuat mimpi buruk kita menjadi kenyataan.

Tips Mudah Merawat Rambut Bercabang Atau Pecah-pecah
Image copyright leaf.tv
  • Rambut terus menerus tumbuh, tapi minyak alami tidak sampai ke ujung rambut. Akibatnya, ujung rambut menjadi kering dan rapuh.
  • Terlalu berlebihan dalam memakai zat kimia seperti coloring, perming, atau strengthening, tanpa melakukan perawatan continue.
  • Tidak memberi perlindungan ekstra pada kutikula rambut disaat beraktivitas di luar ruangan.
  • Salah menggunakan sisir disaat menata rambut.
  • Atau, bisa jadi disaat kamu menggunting rambut di salon, si stylist tidak menggunakan gunting dengan ketajaman yang prima. ini bisa memicu rambut menjadi rapuh dan pecah2.
Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Rambut Bercabang Atau Pecah-pecah?
Memotong rambut. Mungkin cara ini kurang disukai sih, apalagi oleh kamu yang terbiasa dengan rambut panjang atau sedang memanjangkan rambut. Tapi, mau tidak mau harus merelakan rambutmu dipotong dikit. karena makin panjang rambut yang rusak, maka, rambut yang harus dipotong makin panjang lho. Kamu bisa memotong bagian rambut yg bercabang dengan potongan layer. Model ini dapat menghilangkan bagian yang pecah~pecah, tanpa harus memotong banyak rambut, itu tujuannya.
Rawatlah dengan conditioner dan krim rambut. Jika sudah potong rambut, coba lakukan perawatan rutin dengan conditioner yang tepat seperti caviar conditioner. Umumnya conditioner dari caviar berfungsi melembapkan dan menghaluskan rambut. Pilihlah conditioner dengan kandungan zat kimia yang relatif aman, untuk melembapkan kembali rambut yg terlanjur rusak. Gunakan setiap keramas, dengan frekuensi keramas dua kali seminggu. diSaat keramas, konsentrasikan’pijatan pada kulit kepala, jangan pada ujung rambut. Ketika memakai conditioner, barulah fokuskan aplikasi pada ujung rambut, sebab bagian ini yang butuh kelembapan.
Gunakan Hair Cream atau bisa juga Hair Lotion. Nah, setelah keramas dan memakai conditioner, keringkan rambut secara alami. Jika sudah agak kering, usapkan rambut kamu dengan hair lotion atau hair cream, supaya rambut kamu tetap lembap. Hal ini direkomendasikan apalagi bagi kamu yang suka jalan dan beraktivitas di luar ruangan.
Siasati cara menyisir rambutmu. Jangan menyisir rambut disaat sedang basah. Kenapa? Sewaktu basah, kondisi rambut rentan rusak, dan bisa memperparah kerusakan yang sudah terjadi. Beli sisir dengan gigi yang renggang. agar disaat menyisir, tarikan terhadap rambut nggak terlalu kuat. 
Gunakan topi atau scarf. Untuk kamu yang banyak menghabiskan aktivitas di Iuar dan memiliki rambut yang sensitif dengan sengatan sinar uv, kamu bisa melindungi rambut dengan menggunakan topi atau scarf.
Gunakan Supplement & vitamin rambut. Spesial untuk mengatasi rambut bercabang, kamu perlu supplement yg mengandung biotin atau vitamin B. Vitamin B ini akan membantu mempertahankan kesehatan pada kulit dan rambut. Jika lebih memilih suplemen minum dalam bentuk kapsul, kamu bisa mengonsumsinya dengan dosis kurang Iebih 400 mcg. Selain dalam bentuk suplemen minum, kamu juga bisa mendapatkan asupan Vitamin B khusus rambut dalam bentuk oil atau serum rambut di salon-salon terdekat. 
Lakukan Trim rambut. Jika sudah melakukan proses pemulihan, sebaiknya kamu melakukan trim (hanya memotong ujung rambut) secara rutin di salon. Hal ini paling tidak dilakukan setiap 2 bulan sekali bagi rambut panjang, dan 1 bulan sekali bagi rambut pendek.
Begitulah solusi untuk mengatasi rambut bercabang, semoga bermanfaat.

Baca Juga :
Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.