Trik Berbusana Sesuai Karakter & Bentuk Tubuh

Nggak semua pakaian bagus akan terlihat bagus di tubuh kita. Nggak semua pemilik tubuh bagus juga terlihat oke dengan baju apa pun. Semua tergantung bagaimana kamu bisa mix and match pakaian sesuai karakter kamu, bentuk tubuh, dan aktivitasnya. Terkadang, baju-baju lama yang tersimpan di lemari pun bisa dimodifikasi dan dipadupadankan jadi satu penampilan yang oke. Masalahnya, apakah kamu cukup memahami kelebihan dan kekuranganmu sehingga tahu
bagaimana cara memadumadankannya? Yuk, kenali bentuk tubuhmu.

Tinggi tubuh - 110 = berat ideal

#1 Busana yang Sesuai Untuk Tubuh Kurus


Busana yang Sesuai Untuk Tubuh Kurus, busana untuk badan kurus, fashion yang cocok untuk badan kurus
Image copyright dailymoslem.com

Buat kamu yang termasuk kurus, dengan catatan berat badan kamu di bawah ukuran berat ideal sesuai rumusan di atas. Let's say, berat kamu di bawah 45 kg dengan  tinggi umumnya cewek Indonesia, yaitu 150-155 cm. Hal lain yang perlu diperhatikan apakah dada kamu benar-benar datar atau nornal? Postur tubuh seperti ini memiliki keuntungan dan kerugian sendiri. Keuntungannya, kamu hampir bisa menggunakan berbagai macam pilihan baju yang modis, kecuali baju-baju berpotongan lebar atau longgar. Kerugiannya, mungkin kamu kesulitan mencari ukuran baju yang pas di pertokoan karena ukuran kamu yang terlalu kecil itu.

Lengan
Lengan gue kecil. Satu keuntungan sendiri, gue bisa pakai kaus nggak berlengan atau tank top, karena gue suka pakai baju-baju yang kasual dan terkesan nyantai, tetapi tetap chic. Yang penting buat gue adalah kenyamanan.

Dada/payudara
Dada gue flat. Ukuran bra gue 32A. Ada keuntungan dan kerugiannya sendiri. Di satu sisi, dada flat, fleksibel bermain dengan beragam jenis potongan baju, terlebih potonganpotongan yang ketat, atau pas di tubuh. Terlihat chic, untuk model-model yang extremely trendy. Namun, untuk gaun-gaun berleher rendah, atau topless, kurang terlihat seksi. Makanya, banyak cewek berdada flat menginginkan payudara sedikit besar, sementara si pemilik payudara besar menginginkan payudara kecil.

Pinggang
Tubuh bagian atas gue kecil, dan hampir bisa dibilang kerempeng, tetapi pinggang gue besar. Gue merasa tubuh gue kurang proporsional .

Kaki gue kecil banget, terkadang gue sendiri merasa lucu dengan bentuk kaki ini. Ini juga berpengaruh saat memakai celana.

Karakter :
  • Cuek
  • Aktif/ Mobile
  • Apa adanya, suka dengan kenyamanan
  • Caring
  • Nggak menutup masih punya sisi feminin.

Best Dressing

Casual Look
Untuk tampilan kasual, yang perlu diperhatikan adalah pemilihan celanamu. Walau merasa pinggang kamu besar, perut serta dari paha hingga kaki kamu kecil, kamu harus memilih model potongan celana yang bisa sedikit menimbulkan kesan ”berisi”. Yang seperti apakah itu? Model tube atau carpenter/utility bisa jadi pilihan kamu. Celana ini berpotongan seperti kerucut terbalik. Potongan di pinggul dan panggulnya sedikit melebar/berisi dengan kantung/saku di kiri-kanan pinggang. Dengan bahan sedikit tebal, celana berpotongan meramping mulai dari paha hingga ujung pangkal kakinya.

Kaus/Blouse:

Mau dipadupadankan dengan kaus/blus/kemeja? Sesuaikan lagi dengan karakter atau kesan diri yang ingin kamu tampilkan. Sebagai contoh, kamu sedang ingin tampil cuek dan nyaman, pilih T-shirt berkerah yang pas di badan dengan warna cerah. Padukan flat shoes atau sneakers. Untuk tampilan cuek dengan sentuhan feminin, kamu bisa menggunakan kemeja katun dengan model lengan semi puff (aksen kerutan), yang membuat lengan kamu terlihat lebih berisi dan memberikan kesan manis. Atau, kamu bisa padankan T-shirt dengan bolero berlengan puff . Pakai sepatu pantofel berujung lancip dengan hak tipis. Kamu bakal terlihat manis, tetapi tetap aktif dan modis.

Feminin Look For Date or Evening Party

Bagaimana si cuek bisa tampil cantik dan tetap anggun dalam pesta atau kencan pada malam hari? Jika mengutamakan kenyamanan, dipilihlah rok terusan selutut atau semi gaun yang simpel. Warna hitam atau putih jadi pilihan buat kamu yang bertubuh mungil. Yang penting diperhatikan, jangan : pilih rok dengan panjang hingga melebihi lutut karena kamu termasuk pendek. Pilih semi gaun atau rok terusan dengan panjang maksimal selutut. Pilih potongan gaun yang simpel, lurus, dan ringan ke bawah/setidaknya A-Iine, sehingga tubuh yang kecil itu sedikit berisi. Karena payudara kamu lumayan berisi, kalau berani nggak ada salahnya pilih semi gaun bertali dengan potongan rendah, mengikuti belahan dada jangan terlalu turun atau menjorok. Kalau mau terlihat sedikit Classy, tetapi tetap chic, kamu bisa cari rok yang mengembang, bermotif, dan bisa menonjolkan lekuk pinggang kamu yang kecil. Padukan dengan blouse putih berlengan yang dimasukkan dalam rok, kemudian pakai pantofel lucu, plus tas kecil sebagai pemanis.

#2 Busana yang Sesuai Untuk Tubuh Langsing/proporsional


cara memilih busana yang cocok untuk tubuh langsing, fashion badan langsing,  Busana yang Sesuai Untuk Tubuh Langsing atau proporsional
Image copyright cdn.klimg.com

Jika tinggi dan berat badan kamu pas alias proporsional, artinya kamu sebenarnya hampir nggak ada masalah untuk bisa berpenampilan oke. Tinggal bagaimana kamu mengasah sense kamu, supaya bisa memilih baju sesuai karakter kamu supaya nggak salah kostum lagi.

Lengan
Basically, gue nggak ada masalah dengan lengan. Cuma tangan gue agak panjang aja. Selebihnya, semua masih pada porsinya.

Dada/Payudara
Ukuran dada gue standar, 34B. Gue merasa udah cukup, nggak kekecilan, juga nggak kebesaran.

Karakter :
  • Girly
  • Smart
  • Percaya diri
  • Just like to be myself

Best Dressing

Casual Look
Untuk tetap memunculkan sisi elegan dan girly pada tampilan kasual, pakai blus dengan aksen kerah berdiri (biasanya 1,52 cm), berlengan puff dan berkancing kecil yang menonjol seperti manik-manik. Blus dimasukkan dan dipadupadankan dengan celana bahan yang berpotongan lurus, atau melebar di bawah. Pilih celana dengan bahan wol atau bahan lemas/jatuh. Blus tersebut bisa juga dipadupadankan dengan celana selutut berkantung sehingga kaki kamu yangjenjang terlihat. Kamu bisa juga menggunakan casual T-shirt dengan rok linen selutut berpotongan A-Iine. Tambahkan chungky necklace sebagai aksesori. Atau, kamu bisa pakai rok tube katun yang ringan tepat di atas lutut, dipadu dengan jaket ringan/cropped jacket, dan sepatu flat.

Date or Evening Party
Pinggang yang sedikit besar nggak menjadi masalah, selama perut kamu rata. Kamu bisa lihat artis-artis Hollywood berpinggang besar yang tetap tampil seksi, seperti Jennifer Garner, J-Lo, dan Christina Aguilerra. Pilih rok berpotongan lurus, dengan bahan ringan/jatuh, kemudian padukan dengan mini bolero. Tambahkan aksesori kalung dengan panjang sedang, maksimal sebatas dada kamu. Untuk acara yang lumayan serius dan sedikit glamor, kamu boleh memberanikan diri mengenakan gaun malam simpel yang berpotongan ”pas” tubuh, dan menonjolkan lekuk pinggang dan bokong kamu. Gunakan clucth bag supaya simpel dan girly.

#3 Busana yang Sesuai Untuk Tubuh Gemuk


busana yang cocok untuk badan gemuk, cara memilih baju untuk badan gendut, Busana yang Sesuai Untuk Tubuh Gemuk
Image copyright anekabusana.info

Buat kamu yang merasa memiliki berat badan melebihi ”rata-rata", jangan khawatir. Gemuk bukan berarti nggak bisa tampil modis lho. Yang termasuk kategori gemuk di sini adalah misalnya kamu yang memiliki tinggi tubuh 155 cm dengan berat badan 58-60 kg.

Lengan
Karena gemuk, lengan gue agak kembung, sehingga permukaan lengan nggak rata, seperti ada benjolan di sana-sini.

Sudah pasti gue kurang oke kalau pakai baju-baju yang nggak berlengan Sebenarnya bisa saja sih, kalau merasa pede dan nyaman.

Dada/Payudara
Seiring tubuh yang gemuk, otomatis payudara juga besar. Sekarang, gue pakai ukuran 36C. Ini dia yang terkadang mengganggu, gue nggak bisa pakai baju yang nge-pas badan, sebab akan kelihatan nggak rapi.

Pinggang
Pinggang gue lebar, begitu juga perut gue yang berlipat, cenderung melebar ke samping. Nggak enak kan kalau lipatannya sampai kelihatan dari luar.

Karakter :
  • - Aktif/dinamis
  • - Fun Loving
  • - Peduli penampilan
  • - Moody
  • - A bit cheelful but sometimes serious

Best Dressing

Casual Look
Karena gemuk, lebih baik memilih baju yang sedikit longgar dan panjang di seputar bagian perut. Kalau mau pakai kaus, hindari bahan kaus yang terlalu lemas atau tipis, karena akan semakin memperjelas lekuk tubuh. Pilih model kaus berpotongan lurus dan agak melebar dari area dada ke bawah. Amannya, memang memakai kemeja. Kemeja bisa dipadu dengan legging atau stocking hitam. Pilih kemeja bermotif garis vertikal untuk memberikan kesan lebih langsing. Untuk celana, kamu bisa pilih celana bahan katun dengan panjang di bawah betis (7/8 kali) Gunakan sepatu kets atau flat, dipadu dengan tas berbahan kain atau tas slempang. Jangan pakai skinny jeans ya, karena akan membuat kamu tampak lebih padat. Untukjeans, gunakan yang berpotongan lurus saja.

Date or Evening Party
Nah, ini dia yang terkadang suka membingungkan untuk orang gemuk. Saat tiba waktunya harus menggunakan gaun, gaun seperti apa yang enak dipandang dan dikenakan ya? Yang pasti kata "simpel" harus jadi acuan kamu dalam memilih rok atapun semigaun. Untuk rok, gunakan rok dengan potongan pinggang dan perut lurus, pas, dan sedikit melebar di bagian panggul ke bawah. Jangan pilih rok Yang terlalu panjang, minimal selutut, dan maksimal sebetis. Untuk semi gaun, hindari yang berpotongan menumpuk di dada. Pilih semi gaun dengan potongan simpel, misalnya semi gaun hitam selutut dengan aksen kerah, potongan dada rendah, potongan di bagian perut datar, seperti ban-» menutup besarnya perut. Lengan terbuka berpotongan halter pun aman untuk dipakai.

Baca juga

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.