4 Hal Penyebab Tidak Terjadi Menstruasi Pada Wanita

Penyebab Tidak Terjadi Menstruasi Pada Wanita, kenapa saya tidak menstruasi, kenapa saya tidak haid
image copyright id.theasianparent.com

1. Adakalanya disebabkan oleh kelemahan fisik si gadis. Hal itu dipengaruhi oleh gizi buruk yang memicu anemia berat, yang berimbas pada terhentinya aktivitas produksi sel telur. Dan bisa juga disebabkan oleh kegemukan, sehingga si wanita menjadi malas, lebih memilih diam tidak melakukan gerakan, dan meninggalkan tugas rumah. Ini juga memicu terhentinya aktivitas produksi sel telur.

2. Terlambat menstruasi kadang disebabkan oleh selaput dara yang tertutup sempurna tanpa ada satu celah pun pada selaput. Atau karena sempitnya leher rahim, atau juga karena adanya sekat pada liang vagina.

3. Bisa juga karena faktor bawaan, seperti rahim anak-anak, atau rahim ditindih ginjal, atau organ ovarium tidak ada, dan faktor-faktor bawaan yang serupa lainnya.

4. Bisa juga karena faktor kejiwaan, karena goncangan jiwa sangat berpengaruh terhadap produksi sel telur, bahkan terhadap tubuh secara keseluruhan.

Lalu apa obatnya? 

a). Gizi adalah faktor utama yang sangat berpengaruh sekali terhadap kesehatan. Gizi tidak hanya berpengaruh terhadap ovarium, bahkan juga berpengaruh terhadap tubuh secara keseluruhan. Maka hendaknya remaja putri mengonsumsi gizi yang seimbang seperti minum susu, mengonsumsi sayur-sayuran, ikan, daging, dan unggas secara teratur dan seimbang, sebagaimana yang disepakati para ahli gizi.

b). Pekerjaan rumah tangga dan melakukan gerakan secara kontinu sangat membantu memperlancar aliran darah dan aktivitas tubuh, serta memacu produksi sel telur.

c). Apabila disebabkan oleh tertutupnya selaput dara secara sempurna, hendaklah si gadis segera datang ke dokter untuk melakukan operasi ringan untuk membuat celah pada selaput, agar darah haid bisa lewat. Dan perlu diketahui bahwa kondisi ini menyebabkan rasa sakit dan goncangan hebat karena darah yang tertahan dalam perut, dan dia tidak bisa beraktivitas, kecuali setelah dibuatkan lubang yang menjadikan darah bisa keluar dan hilangnya rasa sakit.

d). Agar remaja putri menjaga kondisi kejiwaannya.

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.