Ternyata Buah dan Sayur Tidak Selalu Baik Untuk Kesehatan

Ternyata Buah dan Sayur Tidak Selalu Baik Untuk Kesehatan

Buah dan sayur adalah makanan yang dibutuhkan tubuh dan baik untuk kesehatan. Buah dan sayur juga mengandung serat yang dapat memperlancar metabolisme tubuh. Serat sangat penting untuk memudahkan proses buang air besar atau defikasi dan mencegah kanker saluran cerna. Warna yang terdapat pada buah-buahan tidak saja menarik buat dikonsumsi, namun merupakan pertanda bahwa sayur-sayuran dan buah-buahan tersebut banyak terkandung vitamin yang sangat penting untuk membentuk jaringan tubuh dan memperkuat fungsi organ.

Namun, tanpa kita sadari, buah dan sayurjuga mengandung zat berbahaya. Buah dan sayur bisa saja tidak bersih dan tercemar bahan kimia tertentu. Buah-buahan & sayur-sayuran bisa saja tercemar tanah dan kotoran, saat pada pemanenan, penyimpanan, ataupun proses pemasakan. Kotoran yang menempel pada buah dan sayur bisa saja mengandung senyawa yang beracun atau kuman yang berbahaya bagi tubuh. Senyawa beracun yang ada dalam kotoran dari tanah biasanya berupa logam berat.

Selain itu, umumnya petani menyemprot buah dan sayur dengan pestisida. Ada pula buah yang disuntik dengan larutan pemanis buatan dan zat warna yang berbahaya. Pestisida juga bisa masuk atau diserap ke dalam sayur sehingga tidak hilang pada saat pencucian. Hal-hal inilah yang sangat berbahaya bila tidak segera dicegah dan ditanggulangi.

Berbagai buah dan sayurdiketahui mengandung residu atau sisa pestisida. Pestisida adalah senyawa kimia yang ditujukan untuk mengendalikan, menolak, dan membasmi berbagai hama. Apabila sisa pestisida yang menempel pada buah dan sayur tersebut dikonsumsi secara terusmenerus, lambat laun akan berpotensi menimbulkan masalah kesehatan. Walau tidak secara langsung, bahaya yang ditimbulkan berdampak jangka panjang, seperti kanker, tumor, dan penyakit kronis lainnya.

Penggunaan bahan pestisida pada makanan bukan saja berdampak pada manusia, juga berperan aktif dalam merusak ekologi lingkungan, antara lain tercemarnya air tanah serta perubahan pada sistem hormon hewan ternak mamalia serta ikan. Ada duajenis pestisida yang bisa mencemari produk pangan segar.

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.