Gatal-gatal Pada Vagina, Normal Apa Bahaya? Begini Cara Mengatasinya

Gatal-gatal Pada Vagina, vagina gatal, miss v gatal, atas gatal daerah kewanitaan
Image copyright youbeauty.com

Di antara problem yang menimpa kaum wanita, baik yang sudah berkeluarga maupun yang belum, yaitu rasa ingin menggaruk atau gatal pada vagina/daerah sensitif. Problem yang menjadikannya tersiksa dan capek, terlebih lagi apabila ia bekerja di luar rumah di tempat umum.

Di sini, keadaan menghalanginya menjangkau daerah yang gatal dan berubah memendam emosi. Bahkan juga menjadikannya capek dan tersiksa dalam tidur malamnya. Menyebabkannya kehilangan tidur nyenyak yang panjang. Di samping bisa menyebabkan luka dan dan lecet pada daerah-daerah ini. Sungguh, 10% problem yang dikeluhkan para wanita bersumber dari rasa gatal ini.

Macam-macam gatal Pada vagina

Gatal-gatal pada daerah-daerah sensitif, terbagi menjadi dua macam:

Pertama, gatal yang disertai cairan, 80% gatal-gatal yang dihadapi kaum wanita masuk dalam kategori ini. 
Kedua, gatal yang tidak disertai cairan, gatal jenis ini adalah 20% dari problem gatal-gatal yang dihadapi kaum wanita. 

Jenis pertama, gatal yang disertai cairan vagina. 

Penyebabnya adalah terjangkit jamur pada organ reproduksi. Dalam kondisi ini harus dilakukan pemeriksaan serius yang dilakukan oleh dokter untuk menentukan pengobatan yang semestinya.

Jenis kedua, gatal yang tidak diserta cairan. Jenis ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

  1. Terjangkit sebagian jenis penyakit kulit, di mana jamur menyerang daerah paha dan merambah hingga menyerang organ reproduksi. 
  2. Terjangkit cacing benang pada anus. Penyakit ini akan dengan mudah merambah sampai ke daerah vagina, terutama pada wanita yang tidak memperhatikan cara sehat yang memenuhi standar kebersihan, sehingga cacing ini akan berpindah dari anus ke vagina. 
  3. Pada sebagian keadaan, gatal-gatal ini disebabkan kekurangan vitamin dan anemia. Bila gizi kurang atau buruk, maka akan muncul rasa gatal pada tubuh, misalnya ketika kekurangan vitamin A, 32 atau 312, atau zat besi, atau asam folat (folid acid). Begitu juga pada kondisi diare kronis, di mana selama itu tubuh kehilangan sejumlah besar vitamin dan unsur tubuh. 
  4. Sebagian penyakit-penyakit lainnya. Rasa gatal pada organ luar reproduksi adakalanya disebabkan oleh gejala penyakit lain, misalkan wanita yang mengalami penyakit gula (diabetes), sebagai pengaruh dari peningkatan kadar gula darah. Apabila penyakit ini berhasil disembuhkan, gejalagejalanya pun akan hilang secara total. Sebagaimana gejala gatal juga akan muncul akibat penyakit liver, kekurangan getah lambung, keracunan urine, rahim jatuh (prolaps uteri), atau vagina jatuh (prolaps vagina). Dengan menyembuhkan penyakit-penyakit ini, rasa gatal akan segera hilang. 
  5. Alergi. Seringkali para wanita memakai obat-obatan, salep, atau cairan pembersih tanpa terlebih dahulu berkonsultasi kepada dokter, tanpa mengetahui dirinya alergi dengan obat-obatan seperti ini, sehingga ia menderita eksim dan gatal-gatal. Bahkan hingga jenis sabun, bahan pembersih vagina, dan cat kuku, semua ini bisa memicu gatal-gatal pada kaum wanita tanpa ia sadari. Maka kami sarankan agar saudari tidak menggunakan sembarang obat, salep, atau cairan pembersih apa pun sebelum berkonsultasi dengan dokter. 
  6. Kondisi kejiwaan. Gatal akibat gangguan psikologis bisa menimpa seluruh anggota tubuh, namun daerah yang paling banyak terjangkit adalah daerah-daerah sensitif pada tubuh. Goncangangoncangan jiwa akibat panjangnya masa pertunangan atau akibat hasrat yang sangat kuat untuk melakukan hubungan seks berdampak pada rasa gatal yang sangat. Sebagaimana gatal-gatal pada vagina juga dipastikan akibat masturbasi, di mana perbuatan ini kadang juga terpaksa dilakukan sebagai pelarian dari ketidakpuasan seksual yang diakibatkan oleh kehidupan suami-istri yang tidak harmonis. 
  7. Terjangkit parasit. Apabila kebersihan dan sikap hati-hati tidak diperhatikan, wanita kadang akan dijangkiti kutu bulu kemaluan yang disertai oleh rasa gatal pada daerah-daerah yang terjangkiti. 

Kiat penyembuhan vagina gatal 

Diagnosa yang tepat serta teliti untuk mengetahui sebab rasa gatal melalui perantara dokter merupakan solusi pertama untuk menentukan jenis penyembuhan yang tepat di dalam mengatasi gatal-gatal ini, karena lebih dari 95% problem gatal gatal pada vagina bisa disembuhkan secara total melalui diagnosa secara tepat dan pengobatan dini. Di sini kami nasihatkan dengan beberapa nasihat berikut:

  1. Memperhatikan kebersihan diri dengan serius. 
  2. Menghindari memakai cairan pembersih, obat-obatan, cairan pencuci, dan salep sebelum melakukan konsultasi dengan dokter. 
  3. Menghindari pakaian-pakaian ketat dan yang dibuat dari bahan nilon, serta agar sering mengganti pakaian dalam. 
  4. Harus berkonsultasi kepada dokter ketika gatal muncul. Melakukan diagnosa dini dan pengobatan dini merupakan cara paling cepat untuk bebas dari gatal dan gangguannya. Melakukan diagnosa secara teliti merupakan faktor pertama untuk menentukan cara pengobatan yang semestinya dan tepat.
  5. Gunakan Crystal-x untuk menghilangkan gatal vagina sekaligus merapatkan vagina.

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.