Jangan Risau Karena Rambut Putih!!

Komponen rambut terdiri dari bagian yang terlihat, yaitu yang disebut dengan batang rambut, dan bagian yang tidak terlihat, yaitu yang disebut akar rambut. Bagian bawah akar rambut berbentuk seperti bawang merah, oleh karena itu di dalam istilah Arab ia dinamakan al-Bushailah asy-Sya'riyah (anak bawang rambut). Akar rambut merupakan bagian rambut yang terus aktif dan hidup.

cara atasi uban, menghindari uban, rambut putih bikin galau, atasi rambut putih
Image copyright www.mnn.com

Di dalam akar rambut terdapat sejenis sel yang hidup yang mengandung bahan serbuk pewarna. Sel ini adalah sel yang memberi warna pada keseluruhan rambut. Bersamaan dengan bertambahnya usia manusia, rambut manusia akan mengalami dua perubahan:

Pertama, jumlah sel yang menghasilkan melanin (yaitu zat yang bekerja mewarnai sel rambut) akan berkurang. Ini berimplikasi pada penurunan produksi melanin, sehingga rambut akan berubah menjadi putih, yaitu yang dikenal dengan istilah "uban“.

Kedua, akan muncul rongga-rongga udara di sela-sela sel kulit rambut. Jumlah rongga-rongga udara ini akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya usia. Oksigen yang ada dalam rongga udara akan bekerja pada oksidasi melanin yang ada pada sel kulit rambut, dan merubahnya menjadi bahan yang tidak memiliki warna. Inilah sebab memutihnya rambut.

Dari sini, uban merupakan istilah tentang perubahan yang terjadi pada warna rambut. Perubahan ini tidak terjadi secara serentak atau spontan, melainkan terjadi dengan cara bertahap dan lamban. Bahan pewarna rambut akan hilang secara bertahap hingga pada akhirnya warna putih menjadi warna yang dominan.

Telah diketahui, bahwa uban yang normal baru akan mulai muncul pada wanita semenjak usia 45 sampai 55 tahun. Namun terkadang uban telah mulai muncul secara dini sebelum menginjak usia ini. Ini kembali kepada banyak faktor, terutama faktor genetik. Faktor keturunan memiliki peran penting dalam perpindahan uban dari generasi ke generasi yang lain dalam lingkup keluarga atau kerabat.

Lalu Bagaimana Cara menghindari Uban Dini?

Pertanyaan ini akan muncul dengan sendirinya. Sebagaimana setiap pertanyaan pasti ada jawabnya, maka pertanyaan saudari juga ada jawabnya. Jawabannya kami ringkas seperti berikut ini:

Ada beberapa faktor yang menyebabkan tumbuhnya uban pada rambut secara dini; yang utama adalah faktor tekanan syaraf dan jiwa, beban kerja yang terlampau berat, stres, dan beban fisik dan mental yang berlebihan. Ada juga beberapa rutinitas yang kerap dilakukan wanita, yang membantu tumbuhnya uban sejak dini dan termasuk faktor pendorong tumbuhnya rambut putih, seperti terus-menerus mendatangi salon kecantikan dan sering menggunakan strika dan pengering rambut, menggunakan sikat rambut listrik setiap hari dengan cara kasar untuk merapikan rambut atau merubah bentuknya. Ditambah lagi dengan bahan-bahan kimia yang digunakan dalam menyemir dan merapikan rambut yang dilakukan setiap hari.

Ada juga beberapa jenis penyakit yang turut mempengaruhi faktor-faktor ini dengan cara tidak langsung, seperti penyakit kelenjar, penyakit gula, dan penyakit limpa (getah bening). Semua ini ikut mempengaruhi bahan pewarna rambut (melanin).

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.