Kesehatan Kaki Penting Untuk Dirawat

Kesehatan Kaki Penting Untuk Dirawat, cara merawat kaki, tips perawatan kaki
Image copyright readersdigest.ca

Kaki merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran sangat penting. Di mana ia memikul beban tubuh dan mengambil risiko kesulitan berpindah-pindah setiap hari, dan ikut memberikan kontribusi dalam menjaga keseimbangan tubuh. Berangkat dari sini, kita mesti memberikan perhatian yang memadai dan benar kepada organ penting dari tubuh kita ini.

Kesehatan biasanya dimulai dari jari-jari kaki. Orang-orang Cina sejak sebelum 3000 tahun yang lalu, telah mengetahui, bahwa kaki adalah cermin tubuh. Menurut mereka, setiap organ dari organ-organ tubuh memiliki titik refleksi pada kaki, ini diketahui dengan baik oleh orang-orang yang ahli dalam pengobatan akupunktur.

Dan di sini, kita akan mengupas secara khusus bagaimana memelihara kaki serta menjaga kesehatannya. Maka, perhatian yang memadai serta intensif untuk kaki harus diperhatikan, dan hendaknya perhatian tersebut bersifat kontinu setiap hari, untuk menghilangkan efek-efek capek, sakit, dan letih yang setiap hari dialami kaki secara berkesinambungan.

Setiap sore, kaki hendaknya direndam dalam air hangathangat kuku selama 5 menit dan bisa diberikan tambahan garam yang akan membantu proses relaksasi. Serta harus diperhatikan, bahwa air yang terlalu hangat dan yang diaduk dengan sabun pewangi, dapat membahayakan kaki dan menyebabkan cepat kering.

Mandi dengan air yang hangat-hangat kuku dapat membantu melunakkan sel-sel kulit mati sehingga gampang dihilangkan.

Untuk melembabkan bagian-bagian kaki yang kering, bisa dilakukan dengan mengoleskan krim yang mengandung vitamin A, yang akan membantu pertumbuhan sel-sel kulit baru dan pengangkatan sel kulit mati.

Kuku kaki
Biasanya, kuku-kuku kaki akan jelek akibat memakai sepatu yang sempit. Harus diperhatikan ketika memotong kuku kaki, supaya tidak memotong sudut-sudut kuku agar ketika tumbuh, kuku tidak menusuk daging jari-jari dan menyebabkan rasa sakit, bahkan bisa menimbulkan nanah (cantengan) dan bisul-bisul kecil.

Catatan Untuk Merawat Kaki
Telah diketahui, bahwa kulit kaki merupakan lahan subur dan sangat empuk bagi perkembang biakan dan penyebaran berbagai macam jamur, yang umumnya bersarang di sela-sela jari-jari dan sekitar kuku. Jamur-jamur ini adalah penyebab penyakit yang mengganggu dan menyakiti.

Demi kesehatan kulit kaki, kami nasihatkan agar Anda mengikuti nasihat-nasihat berikut: 

1. Hendaknya kedua kaki dikeringkan dengan baik setelah mandi serta mengeringkan sela jari-jarinya.

2. Sebelum mengenakan sepatu, Anda bisa mengusapkan bedak kesehatan (bedak kaki), yang demikian itu dilakukan jika keringat kaki banyak.

3. Harus diperhatikan dalam segala kondisi, agar memakai sepatu yang memiliki sirkulasi udara yang bagus, bahan dasarnya bukan nilon atau plastik. Demikian juga kaos kaki, jangan yang terbuat dari bahan nilon, karena bahan jenis ini akan menambah jumlah keringat dan mencegah penguapannya.

4. Jika Anda terserang jamur kulit pada sela jari-jari atau pada kaki bersama gatal-gatal yang disertai bau tidak sedap, hendaknya mencuci kaki sebanyak empat kali dalam seminggu menggunakan air hangat yang dicampur cuka, dengan komposisi setengah cangkir cuka dituangkan pada lima liter air hangat, sangat baik untuk menghilangkan jamur dan kuman-kuman yang menjadi penyebab gatal-gatal dan bau tidak sedap ini. Adapun jika Anda mengalami kelebihan keringat kaki, yang mengganggu kuku, dikarenakan kuku yang menusuk kulit jari, di mana kulit jari yang lunak akan lebih gampang ditusuk bila dibandingkan kulit jari kering dan keras, maka untuk mengobatinya, akan berguna bila beberapa hari kaki direndam dalam rebusan teh pekat sebanyak dua kali dalam sehari selama sepuluh menit, kemudian setelah itu tingkat kepadatan teh dikurangi secara berangsur-angsur, karena asam tannic yang dikandung teh berguna untuk mengeringkan kulit jari-jari kaki.

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.