Kesehatan Yang Baik Ada Dalam Gizi Yang Baik Pula

Kesehatan Yang Baik Ada Dalam Gizi Yang Baik Pula

Pengetahuan penting yang harus kita ketahui dengan baik adalah, bahwa gizi yang sempurna untuk orang yang sehat harus mencakup unsur-unsur gizi pokok yang vital bagi tubuh, yaitu:

1. Protein; unsur ini bisa kita peroleh dari sumber-sumber hewani, seperti daging, ikan, susu, dan telur, atau sumbersumber nabati, seperti sayur.

2. Karbohidrat; unsur ini bisa kita peroleh dari nasi, kentang, gandum (roti), dan jagung.

3. Lemak; unsur ini bisa kita peroleh dari keju / mentega, susu yang mengandung lemak, biji-bijian yang berkadar lemak tinggi (wijen/ sesame, kacang tanah, dan lain sebagainya).

4. Vitamin dan mineral; banyak ditemukan pada buah-buahan dan sayur-sayuran, baik yang masih segar ataupun yang sudah dimasak.

Kebutuhan tubuh terhadap unsur-unsur ini berbeda-beda sesuai dengan perbedaan usia pertumbuhan. Seseorang pada usia remaja membutuhkan kadar dan jenis yang lebih banyak daripada kebutuhannya pada usia bapak-bapak atau setelah lanjut usia, atau setelah sempurna masa balighnya.

Pemuda pada masa pubertas membutuhkan gizi dan makanan yang membangun sel dan tulang, untuk menyempurnakan efektifitas dan vitalitas tubuh.

Di sini harus kami sebutkan, bahwa nilai makanan tidak terletak pada mahal harganya. Tidak! Tetapi nilai makanan terletak pada kepintaran memilihnya.

Secara umum, gizi sehari-hari harus mencakup unsur-unsur berikut:

1. Bahan makanan yang berfungsi untuk membangun otot dan jaringan sel, dan yang kita maksudkan dengannya adalah protein.

2. Bahan makanan yang menghasilkan energi dan kalori, yaitu makanan-makanan yang mengandung zat gula, karbohidrat, dan lemak.

3. Bahan makanan yang berfungsi untuk membentuk tulang dan gigi, terutama makanan yang mengandung unsur kalsium, seperti susu dan keju dengan berbagai jenisnya.

4. Bahan makanan yang berfungsi untuk menjaga vitalitas dan melindungi dari penyakit, dan yang kita maksudkan dengannya di sini adalah berbagai macam vitamin dan mineral.

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.