Nasihat Penting Untuk Menjaga Kesehatan & Kecantikan

cara menjaga kesehatan, cara menjaga kecantikan, tips menjaga kesehatan dan kecantikan, Nasihat Penting Untuk Menjaga Kesehatan & Kecantikan

Ada beberapa perkara sederhana yang tunduk terhadap tabiat dan perilaku serta tindak tanduk manusia dan adat kebiasaannya. Perkara-perkara ini bila diperhatikan akan memberi jaminan kesehatan dan kefiatan bagi manusia. Perkaraperkara ini pada hakikatnya hanyalah suatu kebiasaan dalam keseharian dan hidup sehat, yang gampang dilakukan secara konsisten, dan dapat membuahkan perlindungan dari berbagai macam penyakit dan dapat memberi kenikmatan kesehatan dan keafiatan, serta bisa dikendalikan oleh manusia, yaitu:

1. Meminimalisir makanan berminyak dan berkolesterol 

Terdapat beberapa faktor yang menjadikan manusia rentan tertimpa penyakit jantung dan pembuluh nadi, di antaranya faktor keturunan (genetik), merokok, tekanan darah tinggi, penyakit gula, dan kegemukan. Makanan yang dikonsumsi merupakan faktor penyebab utama terserangnya seseorang oleh penyakit-penyakit ini.

Hasil dari penelitian-penelitian yang dilakukan menunjukkan, bahwa makanan-makanan yang kaya lemak dan kolesterol adalah faktor penyebab terbesar penyakit-penyakit ini. Minyak dan kolesterol banyak didapati pada daging yang berlemak tinggi, telur, susu berlemak, dan kebanyakan permen, terutama yang bahan dasarnya dari lemak hewani seperti mentega. Bahkan kebanyakan minyak nabati (terutama minyak kelapa dan kelapa sawit), walaupun bebas dari kolesterol, tapi mengandung banyak kadar lemak. Mengonsumsi secara berlebihan salah satu dari jenis minyak ini bisa berimplikasi pada peningkatan kadar kolesterol darah.

Kolesterol bekerja membentuk endapan-endapan di dalam pembuluh nadi, dan seiring dengan berjalannya waktu, endapanendapan ini akan semakin banyak, sehingga pembuluh akan menjadi sempit -dan bisa jadi tersumbatdan aliran darah akan semakin berkurang. Kemudian pada akhirnya akan terbentuk gumpalan-gumpalan darah yang beku pada tempat yang sem-pit, yang dapat menyebabkan seseorang menderita serangan jantung. Mengurangi konsumsi makanan-makanan yang mengandung lemak dan kolesterol, akan membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

2. Menjauhi rokok 

Merokok merupakan kebiasaan yang paling besar bahayanya bagi kesehatan. Berakibat pada kematian ribuan jiwa setiap tahunnya akibat penyakit ginjal, jantung, kanker paru-paru, kanker kerongkongan, kanker tenggorokan, kanker mulut, kanker kandung kemih, dan kanker pankreas.

Telah terbukti bahwa kanker paru-paru yang berkaitan erat dengan kebiasaan merokok, lebih banyak ditemukan pada pecandu rokok laki-laki dan perempuan ketimbang selain mereka. Sebagaimana hasil dari banyak penelitian menunjukkan, bahwa ada banyak bukti yang menguatkan bahwa kanker leher rahim ditemukan lebih banyak tersebar pada kalangan wanita perokok daripada selain mereka yang tidak merokok.

Sebagaimana juga hasil dari penelitian-penelitian terkini menetapkan, bahwa wanita perokok lebih cepat mengalami menopause sebelum waktunya. Karena zat-zat racun yang dikandung oleh rokok menyebabkan habisnya hormon esterogen secara cepat dari tubuh wanita, yaitu hormon yang mencegah terhentinya haid dan selanjutnya memperlambat waktu menopause. Sebagaimana angka serangan jantung semakin meningkat pada kalangan wanita yang mencapai usia menopause, maka merokok datang menambah lagi angka serangan ini.

Berhenti merokok dapat meminimalisir kemungkinan terserang penyakit-penyakit yang berhubungan dengannya, seberapa lama pun masa merokok yang telah dilaluinya. Karena setelah lewat lima belas tahun pasca meninggalkan rokok, prosentase jauhnya kemungkinan orang yang merokok tadi terserang kanker paru-paru sama persis dengan orang lain yang tidak pernah merokok sama sekali dalam hidupnya.

3. Menjauhi bir dan alkohol 

Tubuh wanita lebih mudah terserang bahaya-bahaya mengonsumsi bir dan alkohol, karena tubuh wanita dapat menyimpan kadar alkohol dalam darah lebih tinggi daripada laki-laki yang mengonsumsi alkohol dengan kadar yang sama. Penjelasannya, bahwa tubuh memiliki zat enzim yang bekerja menguraikan alkohol, dan zat enzim ini ditemukan lebih sedikit di dalam tubuh wanita bila dibandingkan dengan laki-laki, perkara yang berakibat kadar alkohol lebih tinggi dalam tubuh wanita daripada laki-laki, dan menjadikannya lebih rentan terserang berbagai penyakit.

Mengonsumsi bir secara berlebihan bisa berakibat terserang penyakit jantung, penyakit mulut, kanker paru-paru, dan kanker pankreas. Dan pada kalangan wanita, mereka akan lebih rentan terserang pendarahan usus, tekanan darah tinggi, dan timbunan lemak pada jantung yang berakibat pembesaran jantung, gagal jantung, obesitas, anemia, dan gizi buruk.

4. Berolahraga 

Berolahraga secara teratur dapat mengurangi kemungkinan terserang penyakit, dan dapat menambah keseimbangan, Vitalitas, dan kecantikan tubuh. Aktivitas berolahraga yang paling banyak memberikan manfaat kepada tubuh adalah olahraga yang dilakukan di udara terbuka, seperti berjalan, berlari, berenang, dan bersepeda. Olahraga-olahraga jenis ini sangat baik untuk menguatkan jantung serta mengurangi kemungkinan serangan jantung. Sebagaimana olahraga juga dapat menyelesaikan masalah obesitas serta mengurangi berat badan. untuk wanita yang ingin merapatkan miss v dan menjaga kesehatannya ikuti gerakan ini Untuk menjaga kecantikan payudara klik disini.

Seharusnya seseorang menjadikan olahraga sebagai hobi atau refreshing, tiga kali seminggu, tidak kurang dari dua puluh menit setiap kali berolahraga tanpa dipaksakan. Sebagaimana olahraga yang dilakukan juga hendaknya cukup untuk meningkatkan detak jantung sampai batas yang normal, yaitu batas yang menjadikan seseorang ketika berolahraga masih mampu berkomunikasi dengan orang lain. Jika ia mampu melakukan hal itu, artinya ia masih berada dalam batasan latihan olahraga yang wajar, tetapi ia harus berhati-hati jangan sampai berpindah ke dalam kondisi yang dingin secara spontan. Sebagaimana harus diperhatikan juga kelurusan punggung pada saat latihan olahraga. Adapun dalam kondisi gangguan jantung, diharuskan berkonsultasi pada dokter untuk menentukan jenis olahraga yang tepat.

Sikap malas dan sedikit bergerak bisa mengakibatkan lemahnya otot-otot tubuh, cepat merasa letih dan capek hanya karena melakukan beban yang paling ringan sekalipun. Oleh karena itu, disarankan agar rutin berolahraga dan melakukan gerakan untuk menjaga kekuatan otot. Dan harus diketahui, bahwa bisa saja setelah melakukan olahraga akan muncul rasa sakit pada tubuh, akan tetapi rasa sakit tersebut akan segera hilang dengan terus melakukan olahraga, dan bila dilakukan dengan cara bertahap dan seimbang.

5. Memeriksakan diri ke dokter secara periodik 

Memeriksakan diri ke dokter adalah perkara yang sangat penting, dan harus dilakukan dengan rutin dan teratur. Lewat pemeriksaan berkala, sebagai contoh, memungkinkan diagnosis sejak dini terhadap kanker usus besar (colon) dan kanker anus. Identifikasi penyakit ini secara dini membantu keberhasilan proses operasi. Tapi sangat disayangkan, jika identifikasi penyakit ini terlambat, maka susah disembuhkan.

Kanker usus disebabkan oleh perubahan sebagian zat-zat yang lebih di dinding usus keras menjadi tumor, lalu sejalan dengan berjalannya waktu akan berubah menjadi tumor kanker. Dengan semakin banyaknya sel-sel kanker ini, dinding bagian dalam usus menjadi kasar dan terjadi pendarahan pada daerah yang terserang tumor, atau usus menjadi sempit sehingga menghalanginya melakukan gerakan dan menyebabkan kesulitan buang air besar. Oleh karena itu, seseorang harus segera memeriksakan diri ke dokter jika ia merasakan adanya gerakan aneh pada ususnya, terutama jika hal itu disertai dengan keluarnya darah bersama tinja (kotoran) pada saat buang air atau diare, dan atau sembelit yang tidak diketahui penyebabnya jika telah berlangsung sepuluh hari atau lebih.

Melakukan pengecekan dapat membantu pendeteksian kanker-kanker seperti ini secara dini. Hal serupa juga dengan kanker leher rahim pada wanita, karena kanker akan tumbuh secara perlahan pada awalnya.

Penyembuhan penyakit ini secara dini bisa mencapai angka keberhasilan sampai 100%. Hanya saja, sikap menganggap enteng (dengan membiarkannya dan tidak memeriksakannya ke dokter) telah menjadikan kanker menyusup dan menyebar ke bagian-bagian rahim yang lain, sehingga angka keberhasilan pengobatan hanya sampai 85%. Kecuali jika kanker tersebar sampai ke organ-organ lain, maka angka keberhasilannya hanya sampai 30% saja!

Hal yang menjadikan deteksi penyakit ini menjadi sukar, bahwa gejala-gejala penyakit ini tidak tampak kecuali setelah agak lama. Gejala-gejala ini akan tampak dalam bentuk bau mulut yang sangat tidak sedap, dan terjadinya pendarahan dari v-a-g-i-n-a di sela-sela siklus menstruasi.

Ada juga jenis kanker lain, yaitu kanker payudara, yang sangat gampang dideteksi sejak awal, dan akan sangat gampang disembuhkan jika pengobatannya dilakukan pada waktu itu juga.

Pengambilan gambar payudara dengan rontgen memungkinkan pendeteksian tumor payudara secara dini, jauh lebih cepat sekitar lima tahun sebelum bisa terdeteksi dengan pemeriksaan dokter biasa.

Disarankan bagi para wanita yang berumur antara 40 sampai 49 tahun, agar merontgen payudara setiap satu atau dua tahun sekali, adapun setelah 49 tahun seyogyanya agar merontgen setiap setahun sekali.

Diagnosa tubuh secara rutin dapat membantu identifikasi penyakit dan penyembuhannya secara dini sebelum menjadi gawat.

Serta disarankan ketika memeriksakan diri ke dokter agar memeriksa tekanan darah, karena tekanan darah tinggi biasanya tidak disertai oleh gejala apa pun, padahal dapat mengakibatkan gangguan ginjal, gangguan jantung, dan gangguan otak.

6. Mengendalikan berat badan 

Harus dilakukan pengaturan makanan, di mana kandungan kadar lemaknya tidak boleh lebih dari 20% dari keseluruhan makanan. Dengan kadar ini memungkinkan tidak naiknya berat badan, karena berat badan akan naik dengan mengonsumsi bahan-bahan berlemak.

Olahraga dapat membantu kerja jantung dan aliran darah, sementara jalan kaki dapat membantu mengurangi berat badan yang lebih dari batas ideal. Hal itu hendaklah dilakukan paling tidak lima kali dalam seminggu, setiap kali jalan tidak kurang dari empat puluh menit, dan tanpa dipaksakan.

Berat badan yang lebih dari berat badan ideal, begitu juga berat badan yang kurang, dapat berakibat sakit pada tubuh.

Obesitas bisa berpengaruh terhadap banyak penyakit, seperti tekanan darah tinggi, peningkatan kadar kolesterol darah, penyempitan pembuluh nadi, penyakit gula, dan gangguan kandung empedu. Dan bila diperhatikan, ditemukan adanya peningkatan keganasan penyakit jantung, radang sendi, encok, pembesaran pembuluh darah, dan rasa sakit di punggung akibat berat badan yang lebih.

Sebaliknya, kondisi tubuh yang sangat kurus juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Karena, tubuh seseorang butuh cadangan lemak untuk menyeimbangkan perubahanperubahan yang seketika terjadi pada tubuh, yang akan memerv lukan simpanan lemak ini, sebagaimana dalam kondisi sakit.

Untuk meningkatkan berat badan yang sangat kurus disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi dan memperbanyak buah-buahan kering, makanan-ma' kanan kaya zat tepung, dan kue atau roti.

Sebaliknya, disarankan bagi seseorang yang memiliki berat badan yang lebih dari batas ideal agar mengurangi konsumsi gula untuk mengurangi berat badan dan meminimalisir makanan-makanan yang kaya lemak dan mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

Dalam kondisi kegemukan disarankan agar menjaga keteraturan waktu makan dan agar tidak mengunyahnya secara cepat, karena itu akan menjadikan seseorang makan banyak, lebih banyak dari yang dibutuhkan tanpa merasa kenyang.

Adapun bagi wanita yang sedang mengandung, mereka harus menjaga kadar makanan yang dikonsumsinya, terutama pada separo pertama masa kehamilan, karena kadar makanan yang lebih bisa berakibat berat badan lebih. Hendaknya mereka lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah segar untuk memperoleh vitamin yang cukup bagi pertumbuhan janin.

7. Tidur dan fungsinya

Waktu dan jumlah istirahat yang tidak teratur terkadang berakibat pusing. Sebaiknya waktu istirahat diatur dengan benar, di mana kita tidur dan bangun pada waktu-waktu yang ditentukan dan ditetapkan, dengan memberikan tubuh istirahat yang cukup, tidak lebih dan tidak kurang.

8. Ketenangan jiwa

Ketegangan psikologis yang dihadapi seseorang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuhnya. Sedih, gelisah, tidak bisa tidur, dan syaraf kejang harus diikuti dengan istirahat beberapa saat untuk menghilangkan efeknya, dan disarankan agar setelahnya melakukan kegiatan yang menghibur jiwa dan olahraga jalan, menghindari tempat-tempat yang bising, serta rekreasi ke tempat-tempat yang tenang.

Gembira dan tertawa dapat menghibur jiwa, menghilangkan ketegangan, serta memperlancar aliran darah, kebalikan dari kondisi yang timbul akibat depresi, sedih, dan susah.

9. Memakai obat-obatan berdasarkan petunjuk dokter

Jangan biasakan diri Anda memakai obat-obatan, Vitamin, dan anti biotik semau Anda, tetapi harus berkonsultasi kepada dokter ketika hendak memakai salah satu bahan dan obat-obat

10. Meminimalisir konsumsi kopi dan teh 

Keduanya sama seperti rokok, bekerja memacu hormon adrenaline yang meningkatkan tingkat sensitif manusia terhadap rasa sakit. Sebagaimana keduanya mengandung zat-zat stimulus yang berpengaruh terhadap tidur seseorang dan menjadikannya resah dan tidak tenang.

Meminum kopi pagi-pagi, sementara lambung masih kosong dari makanan dapat memacu produksi asam lambung. Hal ini, di samping sebab-sebab yang lain, seperti merokok dan stress, memungkinkan terjadinya luka.

11. Memperkuat imunitas tubuh

Melakukan kontak terhadap zat-zat kimia beracun dan sinar-sinar yang berbahaya dapat menyebabkan seseorang terserang banyak bahaya, terutama terhadap sistem kekebalan tubuhnya.

Di antara yang bisa membantu adalah, menggunakan plasma dan vaksin yang beragam berdasarkan petunjuk dokter untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Vitamin dan unsur-unsur mineral memiliki peran penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh, maka daya tahan tubuh seseorang yang sehat akan menjadi kuat sekuat bangunan, dan akan berkurang pada orang-orang yang lemah fisik.

Begitulah Nasihat Penting Untuk Menjaga Kesehatan & Kecantikan semoga kita dapat menjalankan langkah-langkah diatas demi menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, sehingga kita selalu awet muda dan selalu tampil cantik. Rekomendasi online shop cosmetics www.ratuskincare.com

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.