Olahraga Sangat Penting, Inilah Cara Sederhana yang Bisa Dilakukan Dirumah

Olahraga Sangat Penting, Inilah Cara Sederhana yang Bisa Dilakukan Dirumah

Dapat diperhatikan, bahwa para remaja putri melalaikan olahraga beberapa saat sebelum nikah. Kemudian setelah menikah, mereka tidak mengendalikan diri dalam mengonsumsi makanan, sehingga berat badan mereka lebih dari batas ideal. Jika mereka menjalani diet tertentu untuk mengurangi berat badan tanpa disertai olahraga, pada umumnya hal tersebut akan disertai oleh kendornya otot-otot perut dan dada. Oleh karena itu, harus ada perhatian dengan melakukan kegiatan-kegiatan olahraga, seperti renang, jalan, dan seterusnya.

Berikut ini beberapa latihan olahraga sederhana yang bisa dipraktikkan di dalam rumah oleh remaja putri untuk memelihara keindahan tubuhnya: 

1. Terlentanglah sambil merentangkan tubuh dan kedua betis. Tarik nafas secara perlahan sampai dada terasa penuh, lalu tarik otot perut Anda ke dalam, dan tekan bagian punggung bawah ke lantai (dan bagian punggung atas diangkat). Tahan selama mungkin. Kemudian relaks seperti biasa. (Ulangi 5 sampai 10 kali).

2. Sama seperti posisi di atas (terlentang). Renggangkan kedua lengan ke samping. Kemudian tarik ke atas sampai posisi di atas kepala hingga kedua tangan saling bersentuhan sambil menarik otot-otot kedua lengan. Kemudian ulangi lagi ke posisi semula. (ulangi 10 hingga 15 kali).

3. Sama seperti posisi di atas, yaitu terlentang. Tempelkan kedua tangan di atas dada, kemudian bangun ke posisi duduk dengan tetap menjaga kedua betis rapat dan menyentuh lantai. (ulangi 5 sampai 10 kali).

4. Ulangi latihan di atas tetapi dengan meletakkan kedua lengan di belakang kepala.

5. Masih dalam posisi terlentang. Angkat betis sebelah kanan (tanpa menggunakan tangan) sampai membentuk sudut tegak lurus dengan badan. Kembali ke posisi pertama, lalu ulangi gerakan yang sama dengan betis sebelah kiri, kemudian kedua betis secara bersamaan. (Ulangi 5 sampai 10 kali).

6. Tetap dalam posisi yang sama, yakni terlentang, sambil kedua betis ditekuk melekat dengan paha. Dorong kedua kaki secara bergiliran. Tarik nafas dengan dalam bersama setiap dorongan.

7. Tetap dalam posisi terlentang di atas lantai dan punggung dalam posisi lurus. Tarik kedua paha ke arah dada secara bergiliran, kemudian kedua-duanya secara bersamaan. Kemudian ulangi gerakan yang sama dengan merenggangkan kedua paha tanpa diletakkan ke lantai, yakni kedua betis diangkat berenggangan. Kemudian dekatkan ke arah dada sementara keduanya tetap renggang (tidak disatukan).

8. Duduklah di atas bangku yang tidak memiliki sandaran dekat dinding. Lekatkan kepala, punggung, dan bagian tengah punggung di dinding. Gerakkan kepala Anda ke kanan dan ke kiri beberapa kali. Disarankan untuk mengulangi latihan ini beberapa kali pada siang hari. Latihan ini sangat bermanfaat untuk meluruskan tulang punggung.

9. Dari posisi tidur terlentang sambil merentangkan kedua lengan. Sentuhlah kaki kiri dengan tangan kanan, dan sebaliknya.

Untuk melatih perut secara khusus (mengecilkan perut yang besar):

1. Tidurlah den'gan terlentang di atas punggung Anda. Gerakkan kedua kaki sebagaimana Anda mengendarai sepeda.

2. Tidurlah dengan terlentang di atas punggung Anda. Gerakkan kedua kaki ke atas dan ke bawah secara bergantian sementara keduanya tetap renggang.

3. Tidurlah dengan terlentang di atas punggung Anda. Rentangkan kedua kaki dan lengan sampai tubuh membentuk huruf X. Kemudian bangkit secara spontan berusaha menyentuh kedua kaki dengan kedua tangan.

4. Berbaringlah di atas punggung Anda sambil menekuk lutut. Kemudian bangkit dengan kepala dan telapak tangan Anda sampai dalam posisi duduk. (Kemudian ulangi latihanlatihan di atas).

Untuk melatih pinggang: 

1. Dari posisi berdiri, miringkan tubuh ke sisi kanan sambil mengangkat tangan kiri ke atas sampai posisi paling jauh yang bisa dilakukan, dengan tetap tidak mengangkat tumit. Kemudian lakukan juga hal yang sama ke sisi kiri.

2. Dari posisi berdiri, letakkan kedua tangan pada pinggang, biarkan kaki kanan tetap menempel dengan lantai secara sempurna, lalu putar panggul ke arah kiri kemudian ke arah kanan.

Agar aktivitas olahraga tidak berubah menjadi petaka terhadap keselamatan Anda:

1. Sebelum memulai, lakukan gerakan pemanasan otot dengan latihan-latihan ringan, seperti lari-lari kecil di tempat.

2. Jangan lakukan olahraga sementara lambung masih penuh dengan makanan.

3. Jangan lakukan olahraga ketika sedang letih fisik atau psikis. Tapi lakukan relaksasi sebentar selama beberapa menit dengan konsentrasi penuh, baru kemudian lakukan olahraga secara bertahap.

4. Jika nafas Anda terengah-engah dan mendengar jantung berdetak cepat atau Anda merasakan mual, maka Anda harus berkonsultasi kepada dokter spesialis dalam untuk menenangkan hati dan menentukan jenis olahraga yang cocok untuk Anda.

5. Akhiri latihan olahraga seperti ketika memulai. Lakukan gerakan pendinginan agar tubuh kembali normal secara perlahan.

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.