Perlambat Penuaan Dengan Sayur dan Buah

Perlambat Penuaan Dengan Sayur dan Buah

Kalau ingin awet muda, jangan malas makan sayur dan buah. Anda bisa memilihnya sesuai selera.

Alpukat 
Buah alpukat (persea americana mil/er) mengadung air dan lemak, terutama tidak jenuh (dapat menurunkan kadar kolesterol), protein, karbohidrat, zat besi, beta karoten, vitamin B kompleks, folat, dan glutation dengan nilai energi 600-800 kilojoule per 100 gram. Alpukat mudah dicerna, biasanya dimakan sebagai es campur, jus, atau bahan salad.

Minyak buah ini digunakan dalam industri kosmetik untuk produk sabun dan pelembab kulit. Khasiatnya melembutkan serta mengenyalkan kulit dan menyuburkan rambut, melindungi kulit dari sinar matahari dan hawa panas, serta menjaga kulit dari kerusakan akibat dan hujan.

Cara Memanfaatkan: 
- 2-3 buah alpukat dikerok isinya dan diblender halus. Lalu balurkan pada rambut dan kulit yang kering.
- Untuk menurunkan kadar kolesterol, makanlah 1/2-1 buah alpukat setiap hari.
- Untuk penyakit psoriasis, yaitu penyakit yang menyebabkan kulit tebal dan bersisik, makan setengah buah alpukat setiap hari. Untuk hasil yang sempurna, oleskan krim ekstrak bunga chamomile pada kulit. Minyak alpukat pun akan menembus permukaan kulit dari dalam untuk mendinginkan peradangannya, sedangkan minyak chamomi/e memperbaiki kerusakan kulit akibat psoriasis.

Bayam Merah

Bayam merah (amaranthus tricolor L) mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalium, zat besi, amarantin, betakaroten, vitamin A, C, E, asam folat, dan glutation. Bayam dapat meningkatkan kerja ginjal dan melancarkan pencernaan. Walau demikian, orang yang kadar asam urat darahnya tinggi dan penderita rematik gout tidak dianjurkan makan bayam merah.

Cara Memanfaatkan: 
- Makanlah bayam merah setiap hari untuk membersihkan darah sehabis melahirkan.
- Minumlah jus bayam dua kali seminggu jika ingin memperkuat akar rambut.
- Minumlah air perasan akar bayam merah jika mengalami disentri.
- Makanlah bayam merah setiap hari untuk mengatasi kurang darah (anemia).

Brokoli 
Brokoli (brassica oleracea var italica) mirip bunga kubis, tersusun dari bunga-bunga kecil berwarna hijau. Selain air dan protein, brokoli juga mengandung lemak, karbohidrat, serat, Ca, Fe, Cr, vitamin A, C. E, tiamin, riboflaavin, nikotinnamide, beta karoten, dan glutation. Brokoli juga mengandung senyawa sulfofaran yang dapat mencegah kanker

Selain itu brokoli berkhasiat mempercepat penyembuhan setelah sakit berat. Kandungan vitamin dan mineralnya bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

Cara Memanfaatkan: 
Rebus brokoli 1-2 menit saja sebelum disantap sebagai sayur karena pemasakan yang terlalu lama akan mengurangi khasiatnya.

Tomat 
Buah tomat (lycopersion esculentum mil/) yang rasanya manis asam ini memberikan rasa sejuk dalam tubuh. Ia sering digunakan sebagai antiseptik usus, pencahar ringan, merangsang pengeluaran enzim lambung, dan memperlancar aliran empedu.

Buah ini dapat mengatasi radang kulit, infeksi jamur, jerawat, luka yang sukar sembuh dan mengurangi rasa nyeri pada kulit akibat terbakar sinar matahari, kurang nafsu makan, sembelit, diare, disentri, radang usus buntu, radang saluran napas, radang hati, wasir, sesak napas, dan darah tinggi.

Cara Memanfaatkan: 
Setelah dicuci bersih potong-potong dan langsung dimakan atau diblender. Minumlah sesuai kebutuhan, hingga gejala yang dirasakan mereda atau hilang sama sekali.

Wortel 
Wortel (daucus carota I) segar mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, serat, vitamin A, glutation, dan betakaroten yang merupakan antioksidan yang bermanfaat menjaga kesehatan dan menghambat penuaan.

Sebuah wortel ukuran sedang mengandung sekitar 15.000 IU beta karoten. Dari: berbagai penelitian diketahui, mengonsumsi wortel yang dikukus sebentar akan memperbesar penyerapan beta karoten.

Cara Memanfaatkan:
- Minumlah jus wortel untuk meningkatkan energi tubuh. Khasiat Iaksaktifnya akan mempermudah buang air besar bagi penderita sembelit.
- Jus wortel» bila dioleskan pada luka akibat terbakar atau tersiram air panas akan mempercepat penyembuhannya.
- Makanlah wortel (dapat dimakan mentah, dijus, dibuat sup, atau salad) setiap hari untuk menurunkan risiko stroke dan kanker.
- Makan wortel setiap hari dapat menurunkan kolesterol, mencegah keracunan zat kimia berbahaya, dan membantu menghentikan kebiasaan merokokok.

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.