Sakit Punggung dan Leher? Begini Cara Mengatasinya

cara atasi sakit punggung, sakit punggung dan leher, Sakit Punggung dan Leher? Begini Cara Mengatasinya
Image copyright netdoctor.co.uk

Di antara beberapa kebiasaan buruk manusia dalam kehidupan sehari-harinya dapat menyebabkan rasa sakit yang teramat sakit pada bagian punggung. Namun sangat mengherankan, bahwa terapinya tidak harus dengan sesuatu yang sukar lagi sulit, bahkan sangat sederhana sekali, yaitu dengan memperhatikan beberapa nasihat dalam kehidupan sehari-hari untuk menghindari terjadinya rasa sakit ini. Bagi para pekerja berat, yang aktivitas sehari-harinya mengangkat beban berat, dia akan merasakan sakit yang sangat jika berusaha mengangkat beban besar yang belum pernah diangkat sebelumnya.

Sebagaimana duduk dalam tempo waktu yang lama pada saat bekerja, terutama para pekerja kantoran yang rutin, akan menyiksa punggung, karena selalu menjadikan tumpuan tubuhnya pada tulang-tulang daerah sekitar dua pangkal paha yang terletak pada bagian bawah punggung. Terapinya adalah, jalan sesekali waktu pada saat kerja, membungkuk beberapa kali, dan sesekali mengangkat benda-benda yang kecil secara bergantian sepanjang hari kerja.

Cara-cara sederhana ini dapat membantu menjaga kesehatan punggung dan agar tidak ditimpa oleh rasa sakit yang datang tiba-tiba. Banyak pakar meyakini, bahwa berat badan lebih (obesitas) dapat menambah beban punggung. Karena perut yang menonjol ke depan akan menarik tulang punggung ke depan dan mengeluarkannya dari posisinya yang sebenarnya, yang mengakibatkan rasa sakit pada tulang punggung. Sebagaimana obesitas juga dapat menghalangi seseorang dari melakukan olahraga secara sempurna dan sesuai dengan yang diinginkan.

Dan harus diperhatikan, ketika hendak melakukan olahraga, agar menyelaraskan dan menyeimbangkan antara olahraga yang berfungsi menguatkan otot perut dan olahraga yang berfungsi menguatkan otot punggung.

Berikut ini, beberapa nasihat sederhana yang akan menjadikan punggung Anda tetap sehat tanpa ada rasa sakit: 

Pertama, apabila Anda terpaksa harus duduk dalam tempo waktu yang lama pada saat bekerja, usahakan berdiri paling tidak sekali dalam satu jam, berjalan beberapa detik di tempat kerja, bentangkan badan sedikit dan condongkan seluruh punggung ke belakang (dan mendorong pinggang kedepan) secara perlahan. Yang demikian itu untuk mengendorkan otot-otot dan persendian-persendian yang menekuk akibat duduk dalam jangka waktu yang lama. Ini harus dilakukan oleh mereka-mereka yang harus duduk lama dalam kerja mereka, seperti orang yang bekerja di depan komputer, mesin tik, pekerjaan-pekerjaan kantoran, dan yang semisal dengan mereka.

Kedua, harus diperhatikan, ketika duduk posisi punggung harus tegak, sementara kedua lutut -ketika duduk di atas kursisedikit diangkat lebih tinggi dari paha. Itu dilakukan untuk menjaga agar susunan tulang punggung tetap teratur dengan baik. Dan harus memilih kursi yang dirancang dengan rancangan yang benar, yang memungkinkan untuk duduk di atasnya dan punggung tetap tegak.

Ketiga, jika pekerjaan Anda mengharuskan berdiri untuk waktu yang panjang, waktu berdiri yang panjang dapat menyebabkan tekanan terhadap persendian-persendian punggung. Maka jika Anda terpaksa untuk berdiri dalam jangka waktu yang panjang, sesekali waktu Anda bisa membungkuk ke depan kemudian berdiri dan melipat kedua lutut sebagai olahraga sederhana untuk melepaskan diri dari keletihan akibat berdiri terlalu lama.

Keempat, ketika terdapat rasa sakit pada punggung, posisi tidur yang paling bagus adalah terlentang di atas punggung beserta meletakkan bantal kecil di bawah lutut. Posisi ini akan menghilangkan secara total beban yang dipikul oleh tulang rusuk, serta mengembalikan punggung yang lengkung menjadi normal kembali. Posisi ini juga bisa diganti dengan, tidur bertumpukan pinggang (miring) dengan meletakkan bantal di antara kedua lutut. Dan tidak disarankan tidur di atas perut (tengkurap), karena itu akan menyebabkan punggung tertarik.

Kelima, jangan terpengaruh dengan rumor yang berkembang seputar dampak positif tidur di atas kasur yang keras. Karena pada kenyataannya, ini hanya cocok bagi sebagian orang dan tidak bagi yang lainnya. Oleh sebab itu, kasur yang bagus adalah, kasur yang bisa membuat tidur nyenyak bagi orang yang tidur, yang dapat menjadikannya bangun pagi dengan segar dan bugar.

Keenam, ketika bangun tidur, bangunlah dengan perlahan. Cara yang baik untuk turun dari atas ranjang adalah, Anda tidur miring kemudian turunkan kedua kaki ke lantai. Cara ini melindungi seseorang dari bangun dalam keadaan bengkok, sebagaimana cara ini memungkinkannya duduk dengan tegak.

Ketujuh, rasa sakit di punggung yang disertai peradangan. Cara penyembuhan serta cara meningkatkan aliran darah dan meringankan otot-otot yang kejang, adalah dengan menempelkan benda-benda dingin selama empat puluh delapan menit, kemudian selama empat puluh delapan menit berikutnya lanjutkan dengan benda-benda hangat. Dan yang lebih penting dari itu, segera hubungi dokter.

Kedelapan, jika Anda menemukan rasa sakit di punggung akibat duduk yang terlalu lama, Anda bisa terlentang di atas lantai, dan lutut ditekuk, kemudian letakkan bantal tipis di bawah kepala, lalu angkat kedua betis sedikit ke atas dan letakkan di atas kursi. Biarkan selama sepuluh menit. Gerakan sederhana ini akan membantu menghilangkan rasa sakit punggung dalam banyak kesempatan.

Kesembilan, hindarilah duduk dalam posisi tidak rileks. Karena umumnya remaja putri mengeluhkan rasa sakit pada bagian bawah punggung dan leher jika terbiasa belajar di atas kasur untuk waktu yang lama. Agar ia terhindar dari hal itu, hendaknya menjaga Vitalitas badannya, yaitu dengan melakukan olahraga setiap pagi hari minimal lima menit, dan sebisa mungkin melakukan jalan pagi, serta menghindari belajar di atas kasur. Dan disarankan agar tidur di atas ranjang kayu, di atas satu bantal dan satu bantal guling. Serta hindarkan tidur telungkup di atas wajah pada saat belajar, berikan diri Anda kesempatan rileks lima menit setiap satu jam untuk merubah posisi duduk, serta memacu kecepatan aliran darah dan membenarkan posisi ototaotot leher dan punggung.

Kesepuluh, bantal yang digunakan untuk sandaran punggung dan menjaga lengkungan punggung yang normal bermacammacam mengikuti perbedaan tempat. Contohnya, sandaran kursi mobil berbeda dari kursi kantor, dan begitu seterusnya.Bagaimanapun juga, kursi yang baik, tempat duduknya harus pendek agar orang yang duduk tidak bisa melorot ke bawah, sehingga punggungnya tidak menyentuh sandaran yang telah dibuatkan untuknya, dan ketika itu, punggung kehilangan lengkungannya yang normal, karena keseluruhan punggung harus menyentuh sandaran kursi. Dan lebih bagus jika sandaran kursi memiliki cembungan ke depan, supaya bisa menyentuh cekungan punggung ke depan.

Kesebelas, ketika duduk di atas bangku (dan posisi tangan di atas meja) tubuh jangan terus-menerus condong ke depan, karena itu dapat berimplikasi rasa sakit pada tulang leher dan bisa menimbulkan perubahan pada tulang bagian bawah punggung. Demikian juga, leher harus berada pada posisi normal, serta sesekali menggerakkan leher sebagai rileksasi otot.

Keduabelas, harus diperhatikan, tidak boleh melakukan kontak dengan arus udara, atau keluar ke udara bebas setelah mandi air hangat, atau langsung melepas baju ketika baru sampai di rumah, terutama ketika mengidap pilek untuk menghindari terserang rematik di leher.

Sebab-sebab lain yang menimbulkan sakit di punggung wanita 
Sebagian gadis-gadis remaja yang mengalami kesulitan menstruasi merasakan sakit di punggung, penyebabnya kembali pada susunan syaraf rahim. Dekresi rahim akan berpindah dengan cepat ke jaringan syaraf yang melekat pada tulang punggung, di mana apabila terjadi rasa sakit dalam siklus menstruasi, ia akan merasakan sakit pada punggung.

Setelah menikah 
Setelah menikah, ada beberapa kondisi yang dialami kaum wanita yaitu rasa sakit pada punggungnya. Rasa sakit ini kadang disebabkan faktor penyakit, seperti rahim condong ke belakang, atau tumor rahim, atau tarikan yang ekstrim pada ikatan-ikatan rahim akibat kehamilan dan persalinan yang berulang beberapa kali, atau terjadi penyumbatan kronis pada pelvis. Radang leher rahim juga bisa berimplikasi rasa sakit pada bagian bawah punggung, dan juga lecet pada leher rahim, tumor indung telur, lecet pada usus dua belas jari, radang umbai cacing/ usus buntu, sulit pencernaan, batu kandung empedu, penyakit-penyakit usus besar (colon), kandung kemih, buah pelir (testicles), ginjal, dan rematik. Dengan mengobati faktor-faktor penyebabnya, rasa sakit tersebut akan hilang.

Hamil 
Kehamilan dapat menyebabkan rasa sakit di bagian bawah punggung pada wanita-wanita yang hamil. Ini disebabkan oleh pengendoran urat-urat yang menghubungkan antara persendianpersendian tulang panggul dan tulang punggung akibat hormon yang dihasilkan plasenta, begitu juga akibat kekurangan kalsium dalam makanan ibu padahal janin butuh banyak kalsium. Jika tulang-tulang dalam tubuh ibu merenggang, terutama tulang panggul dan tulang punggung, ini akan mengakibatkan tulangtulang ini lemas, lalu menimbulkan rasa sakit pada bagian bawah punggung.

Dalam kondisi seperti ini, seorang ibu harus mengganti kekurangan kalsium ini dengan mengonsumsi makanan-makanan yang kaya kalsium, seperti susu dan lainnya. Jika seorang ibu tidak mengonsumsi makanan-makanan yang seperti ini, ia harus diberi tablet atau syrup atau suntikan yang mengandung garam kalsium, tapi ini harus dilakukan di bawah pengawasan dokter.

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.