Sakit Saat Menstruasi, Normal Apa Bahaya?

Sakit Saat Menstruasi, bahaya sakit saat menstruasi, datang bulan sakit
Image copyright motherboard.vice.com

Menstruasi akan diikuti oleh penyusutan rahim, sebagai usaha memaksa keluar apa yang ada di dalam rahim. Penyusutan rahim ini diikuti oleh pelebaran leher rahim bagian dalam, agar apa yang ada dalam rahim bisa lewat keluar.

Biasanya para gadis akan merasakan rasa sakit, atau perih, atau mulas pada bagian bawah perut. Rasa sakit ini kadang merambat ke daerah punggung dan selangkangan, dan kadang disertai muntah dan pingsan pada beberapa kondisi.

Bila diperhatikan, rasa sakit ini terjadi beberapa jam saja sebelum keluarnya darah menstruasi, dan berlanjut sehari atau dua hari pada saat menstruasi, kemudian setelah itu berangsur berkurang.

Karni sebutkan di sini, bahwa pada awal-awal menstruasi setelah baligh, sebagian remaja putri tidak merasakan rasa sakit apa pun. Ini disebabkan karena di awal-awal menstruasi, menstruasi terjadi tanpa disertai produksi sel telur. Oleh karena itu, adanya rasa sakit yang menyertai menstruasi mengindikasikan ovarium bekerja secara normal.

Umumnya rasa sakit yang menyertai menstruasi pada sebagian remaja putri sebelum menikah akan terhenti bilamana telah menikah. Jika belum menikah, rasa sakit ini bisa diatasi dengan obat penahan rasa sakit dan melakukan olahraga pada hari-hari menstruasi.

Ada juga bentuk rasa sakit lain yang terjadi pada para wanita tatkala menstruasi setelah menikah, mengandung, dan melahirkan. Di mana dia merasakan sakit pada bagian panggul (pelvis) sebelum menstruasi, dan akan segera hilang secara total tatkala terjadi menstruasi. Rasa sakit ini dipicu oleh infeksi kronis atau sebagai reaksi terhadap penahanan pada pelvis. Dapat diperhatikan, rasa sakit ini berlangsung di bagian bawah perut dan merambah ke daerah punggung dengan bertambahnya kuantitas darah menstruasi serta rasa sakit pada saat melakukan hubungan intim sekitar tiga sampai lima hari sebelum menstruasi. Rasa sakit ini akan semakin bertambah hari demi hari setiap kali mendekati masa menstruasi, sampai apabila darah menstruasi telah keluar, maka rasa sakit ini akan hilang secara total.

Jenis rasa sakit yang lain

Pada sebagian remaja putri, adakalanya menstruasi disertai pusing yang sangat, demikian pula rasa sakit pada gigi dan kurangnya daya dengar dan daya lihat, dan terkadang disertai sulit pencernaan. Faktor penyebabnya kembali kepada alergi berat pada lambung.

Untuk menghindari rasa sakit pada saat menstruasi, hendaklah Anda para wanita dan para remaja putri, agar mengikuti nasihat-nasihat berikut: 

1. Lakukan olahraga ringan serta kerjakan tugas-tugas rumah tangga tanpa beban, ini bermanfaat sekali bila dilakukan pada saat menstruasi dan tidak memiliki efek samping apa pun.

2. Perlunya membersihkan diri (mandi) selama masa menstruasi.

Sebagian wanita dan remaja putri mempunyai persepsi bahwa mandi pada saat menstruasi memicu kotornya vagina dan rahim. Mereka beranggapan bahwa pori-pori kulit pada waktu itu sedang terbuka sehingga mereka akan merasa kedinginan, namun semua ini tidaklah benar.

Menstruasi akan disertai oleh bau tidak enak, lalu para wanita dan remaja putri menjauhi orang-orang agar bau tidak enaknya tidak tercium orang lain.

Di sini kami katakan, "Membersihkan diri berguna untuk menghilangkan bau tidak enak yang menyertai menstruasi dan air keringat, dan tidak ada bahaya atau efek samping apa pun bila dilakukan." Mandi di pancuran (shower) lebih baik daripada mandi di bak mandi. Di sini dianjurkan agar tidak mandi di bak mandi, karena air akan terkontaminasi oleh darah menstruasi sehingga ada kemungkinan air masuk lagi ke vagina.

Mandi dengan air hangat (yang mendekati panas) akan menambah darah menstruasi, dan disarankan agar mandi dengan air hangat-hangat kuku untuk menghindari terjadinya pendarahan pada saat menstruasi.

3. Bila merasakan rasa sakit yang parah, segera konsultasikan pada dokter.

4. Menstruasi bukanlah penyakit, karena itu jangan berhenti melakukan kegiatan-kegiatanmu pada saat menstruasi, tetapi teruskan rutinitas harianmu secara normal.

5. Sama sekali tidak benar apa yang berkembang selama ini bahwa mencuci rambut akan menghentikan menstruasi

6. Pada tahun pertama menstruasi, siklus menstruasi umumnya berjalan tidak teratur, dan kadang berlanjut beberapa lama, sampai tubuh terbiasa dengan peristiwa baru ini. Tetapi bila setelah tahun pertama siklus menstruasi masih tidak teratur, maka segera konsultasikan pada dokter.

7. Tidak perlu cemas dengan panjang atau singkatnya masa menstruasi. Sebagian remaja putri, masa menstruasinya berlangsung tujuh hari, dan sebagian yang lain tiga hari, ini perkara normal, tidak perlu ditakuti.

8. Usia datangnya menstruasi untuk pertama kali pada seorang remaja putri, berbeda dengan remaja putri yang lain, karena semua itu mengikuti tingkat pertumbuhan. Bisa mulai pada usia sembilan tahun, dan bisa lebih lambat dari itu. Namun secara umum, bila menstruasi belum datang hingga umur enam belas tahun, maka segera konsultasikan pada dokter.

Di antara faktor penyebab terlambatnya menstruasi adalah kelemahan fisik yang umum di kalangan wanita, baik kelemahan itu normal, atau disebabkan oleh sakit tertentu.

9. Menstruasi tidak mesti datang tiap dua puluh delapan hari. Kadang pertama-tama menstruasi datang antara dua puluh hingga tiga puluh lima hari, kemudian setelah itu datang secara teratur.

10. Sebelum menstruasi, sebagian remaja putri kadang menjadi pucat disebabkan hormon yang dikeluarkan pada saat menstruasi.

Darah yang keluar bukan pada masa menstruasi 

Kadangkala sebagian remaja putri menemukan satu atau dua tetes darah antara dua haid, yakni di tengah-tengah bulan, lalu si gadis menjadi gelisah. Adakalanya ia berusaha mengetahui sendiri penyebabnya, dan ini kadang menyebabkan robeknya selaput dara.

Padahal keluarnya satu atau dua tetes darah di pertengahan bulan, bukan pada masa menstruasi, bisa jadi sesuatu yang normal dan wajar, di mana ini terjadi manakala terjadinya produksi sel telur, dan tidak perlu ditakuti.

Dan kadang dipicu oleh sebab lain seperti terjadinya peradangan pada vagina dan leher rahim. Adakalanya berasal dari saluran kencing, disebabkan radang kandung kemih dan urethra.
Dan kadang-kadang berasal dari vagina, seperti di saat menderita wasir atau ambein.
Dari sini, kami nasihatkan agar semua remaja putri bersikap tenang, tidak perlu gelisah ataupun takut dengan adanya sedikit tetesan darah bukan pada waktu menstruasi. Lebih bagus bila berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui sebab timbula nya, lalu menentukan penyembuhan yang tepat, daripada berusaha mengetahui penyebabnya dengan memeriksa diri sendiri.

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.