Bangle Hantu Bisa Dijadikan Obat Gatal-gatal, Mudah dan Ampuh

Bangle Hantu Bisa Dijadikan Obat Gatal-gatal, Mudah dan Ampuh

Nama Daerah
Bunglai hantu (Sumatera); panglai hideung (Sunda)

Morfologi Tanaman
Herba berbatang semu, tegak, tinggi mencapai 2 m, tumbuh merumpun. Daun tunggal berbentuk lanset dan ujungnya meruncing. Bunga majemuk berbentuk bulir memanjang. Buah kotak berbiji bulat berwarna hitam. Rimpang berwarna ungu kotor dan berbau tajam.

Bagian yang Dimanfaatkan dan Kandungannya 
Bagian yang dimanfaatkan adalah rimpang dan daun. Kandungannya adalah terpenoids dan diarylheptanoid.

Pemanfaatan 
Penyakit yang bisa diobati adalah gatal-gatal, sakit pinggang, demam, encok dan batuk.

Cara Penggunaan
1. Remas daun dan gosok-gosokan pada bagian yang gatal.
z. Rebus satu ruas rimpang ditambah segenggam daun saga dengan segelas air. Air rebusan diminum dua kali sehari sebagai obat batuk

Info Lain 
Rimpang Z. ottensii menghasilkan 0,38% dari minyak yang berwarna pucat kekuningan berbau khas camphorous. Sebanyak 28 komponen diidentifikasi, mewakili 84,9% dari total minyak. Minyak yang terkandung, yaitu berupa campuran mono dan seskUiterpen dengan zerumbon menjadi komponen yang paling berlimpah dari total yang ada. Senyawa penting lainnya adalah terpinen-4-ol, p-cymene, sabinene, dan humulene. Bangle hantu memiliki aktivitas antibakteri, antioksidan, dan antifungi. Secara empiris bangle hantu digunakan untuk mengobati demam, batuk, kejang pada anak, menghangatkan dan membersihkan darah dan sebagai obat sakit pinggang.

Koniraindikasi
Belum ditemukan literatur yang menyebutkan adanya kontraindikasi maupun efek samping dari konsumsi rimpang dan daun bangle hantu. Namun, sebaiknya beberapa hal ini perlu diperhatikan sebagai sikap kewaspadaan.
1. Bagi yang sedang hamil dan menyusui: jangan mengonsumsinya.
2. Bagi anak-anak: sebaiknya tidak mengonsumsi dengan dosis yang berlebihan sebelum berkonsultasi dengan herbalis atau dokter.

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.