Bangle/Panglai Bisa Mengobati Masuk Angin, Demam, Sakit Kepala dan Reumatik

bangle hitam, manfaat bangle untuk bayi, nama lain bangle, panglai hitam, gambar tanaman bangle, manfaat bangle untuk kulit, khasiat panglay bagi wajah, panglay dalam bahasa indonesia

Nama Daerah
Panglai (Sunda); bengle (Jawa); pandhiyang (Madura); kunit bola/', kunyit balai (Sumatera); banggele (Bali)

Morfologi Tanaman
Herba semusim, tumbuh tegak, tinggi 1-1,5 m, berbatang semu, terdiri dari pelepah daun yang di pinggirnya berambut sikat. Daun tunggal, letak berseling, lonjong, tipis, panjang 20-35 cm. Bunga majemuk tandan, muncul diujung batang, kelopak tersusun seperti sisik tebal, warna merah menyala. Bibir bunga bentuknya bundar memanjang, warnanya putih atau pucat. Rimpang bentuknya hampir bundar sampai jorong atau tidak beraturan.

Bagian yang Dimanfaatkan dan Kandungannya 
Bagian yang dimanfaatkan adalah rimpang dan daun. Rimpang mengandung minyak asiri.

Pemanfaatan 
Penyakit yang bisa diobati adalah Demam, sakit kepala, batuk, sakit perut, masuk angin, sembelit, sakit kuning, cacingan, dan reumatik.

Cara Penggunaan
1. Parut rimpang segar sebanyak 15 g, seduh dalam secangkir air panas dan tambahkan dua sendok makan madu. Aduk merata lalu diperas dan disaring. Minumjika badan masuk angin atau demam, juga bisa untuk penderita sakit kuning.
2. Iris tipis-tipis rimpang bangle, rimpang jahe, kencur, dan lempuyang wangi masing-masing 1/2 jari tangan. Setelah itu, rebus dengan segelas air sampai tersisa 1/2 gelas. Saring setelah dingin, lalu minum bila sakit perut atau mules.
3. Parut rimpang segar secukupnya, borehkan hasil parutan pada bagian yang nyeri sendi.

Info Lain 
Salah satu bahan alam yang banyak digunakan untukjamu pelangsing tubuh di antaranya adalah bangle. Tanaman obat ini berkhasiat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran timbunan llemak dalam tubuh akan meningkat. Dengan demikian akan mengurangi kadar lemak tubuh, sehingga dapat digunakan sebagai obat pelangsing. Selain itu, dengan turunnya kadar lemak berarti akan mengurangi terbentuknya kolesterol, karena lemak merupakan faktor risiko tinggi terhadap kolesterol.

Kontraindikasi
Belum ada informasi yang menyatakan dampak negatif penggunaan bangle untuk pengobatan. Namun, harus tetap berhatihati dan konsultasikan ke herbalis atau dokter dalam penggunaannya.

Baca juga Pengalaman Sembuh Dari Gigi Ngilu Dengan Bangle

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.