Bingung Mau Ke Kantor Pake Baju Apa? Ini Solusinya...

Bingung Mau Ke Kantor Pake Baju Apa, trik berpakaian kantor terlihat rapi

Sebagai perempuan, pasti kita sering merasa kalau tidak punya baju. Padahal kalau habis belanja baju, bingung tuh baju mau diletakkan di mana lagi itu baju. Iya, kan?

Dunia kerja dan kuliah, jauh berbeda. Penampilan, mau tidak mau, akan jadi salah satu hal yang harus kita perhatikan. Sesantai-santainya dunia kerja yang kita tekuni, pasti dibutuh pakaian yang pantas untuk dipakai ke kantor. Kalau zaman kuliah dulu, kita memerhatikan penampilan hanya karena in i terlihat cantik, keren, atau rapi. Nah, saat sudah bekerja, kita memerhatikan penampilan demi kepantasan. Memang lebih repot sih. Eh tapi, bukannya otak ya yang diperlukan dalam dunia kerja? Kenapa harus memerhatikan penampilan juga?

Percaya tidak percaya, penampilan mencerminkan diri kita sendiri. Saat tersenyum, kita akan dianggap ramah. Saat mengenakan pakaian yang kusut, kita bisa dianggap tidak memerhatikan diri sendiri. Saat mengenakan pakaian terbaik yang kita miliki, biasanya kita akan merasa lebih percaya diri. Biasanya apa yang kita rasakan dalam diri, akan keluar hal yang sama. Jika kita merasa positif, maka aura yang keluar adalah aura positif.

Kepercayaan diri ini sangat penting ketika kita berada di dunia kerja. Bayangkan jika kita masih jadi pribadi yang tertutup (introvert), takut bertanya atau ragu mengemukakan pendapat, padahal sudah berada di dunia kerja. Waduh, yang ada kita tidak akan mendapat penilaian yang bagus. Atasan pasti bingung  bagaimana mau menilai  kinerja, kalau kita tidak pernah mengutarakan pendapat. itu penilaian untuk diri kita sendiri.  Bagaimana dengan penilaian orang lain terhadap penampilan.

kita? Contoh, kita tersesat di sebuah keramaian yang baru. Anggap saja ada dua orang pria yang sepertinya bisa membantu kita. Pria yang pertama mengenakan pakaian rapi, berpenampilan keren, dan berwajah ramah. Pria yang kedua, menggunakan jins sobek-sobek, kaos lusuh, bertato, memiliki brewok, pokoknya seram deh. Nah, pria mana yang akan kita datangi untuk meminta bantuan? Kebanyakan dari kita pasti mendatangi pria yang pertama.

Begitu pentingnya sebuah penampilan. Mau tidak mau, suka tidak suka, penampilan kita akan masuk dalam penilaian. Dalam hal apa pun. Namun, bukan berarti kita harus berpakaian serba necis, mahal, dan trendi. Kita cukup berpenampilan rapi dan pantas untuk dikenakan di dunia baru yang bernama dunia kerja.

Ada beberapa poin yang harus kita ingat dalam menjaga penampilan:

a. Berpakaian tidak hanya untuk terlihat keren, tapi juga nyaman dikenakan. Pakaian yang terlampau rapi dan necis, mungkin membuat beberapa dari kita tidak merasa nyaman. Misalnya, banyak wanita ingin terlihat cantik dengan mengenakan high heels. Sudah menjadi rahasia umum kalau high hee/s kurang nyaman untuk dipakai beraktivitas seharian. Jika tidak nyaman, membuat kaki lecet, pegal, dan gerak menjadi terbatas, kenapa tidak mengenakan oxford shoes atau flat shoes cantik untuk seharihari? Lebih nyaman, dan tetap terlihat rapi.

b. Kenakan sepatu yang bersih. Sepatu yang bersih mencerminkan kepribadian seseorang. Kalau kita lebih serang menghabiskan waktu di luar kantor, seperti reporter atau lainnya, boleh menggunakan sepatu kets yang tidak mungkin bersih setiap hari. Nah, kalau bekerja di kantoran yang mengharuskan kita selalu bertemu klien atau orang luar kantor, waduh! Sepatu bersih WAJIB hukumnya!!! Belum lagi kalau tipe sepatu yang kita kenakan adalah sepatu kulit. Bayangkan, kalau kita kenalan dengan orang, lalu sepatu kulitnya berdebu atau terkelupas sana sini, iihh,,, nggak banget kan? Oh iya, jangan lupa untuk menyiapkan sepasang sepatu andalan yang hanya dikeluarkan saat meeting saja. Jadi tidak akan tercampur dengan sepatu harian lainnya.

c. Berpakaian sesuai dengan kondisi. Kalau merasa akan seharian di dalam kantor, boleh lah memakai pakaian yang sedikit santai. Kemeja dan jins bersih sudah cukup. Kalau di hari itu kita akan ke luar kantor atau membutuh aktivitas fisik lebih, pakailah pakaian yang menunjang. Tidak perlu menggunakan sepatu cantik yang akan membuat kaki kita lecet. Gunakan flat shoes atau sneakers sekalian. Kalau ada jadwal meeting, berpakaianlah yang lebih pantas. Mengenakan blazer, pencil skirt, dan heels pasti akan mengesankan. Bagaimana kalau jadwal kosong, tapi tiba-tiba ada meeting? Gampangll Selalu sediakan blazer cadangan di kantor. Jadi, kalau ada meeting dadakan atau acara yang membutuhkan penampilan lebih keren, kita hanya perlu menambahkan blazer saja.

d. Be yourself! Memang terdengar klise! Namun, poin ini patut dicantumkan dalam urusan penampilan. Kita tidak perlu meniru penampilan rekan kerja yang setiap harinya tampak nyaman mengenakan rok atau bos yang keliatan kece dengan lipstik merahnya.

Kalau kita lebih nyaman menggunakan jins, kenapa tidak? Tahu tidak, jins juga bisa membuat seseorang terlihat rapi, kok. Kita hanya perlu mengenakan kemeja putih bersih, lengkapi dengan blazer, dan pointed shoes. DONE!!!. Kita tidak akan kalah rapi dengan rekan kerja yang lain.

Temukan kenyamanan kita saat berpakaian. Tidak perlu ikut-ikutan tren kalau memang membuat kita tidak nyaman. Jadi, dalam bekerja otak memang diperlukan, tapi penampilan juga harus diperhatikan!

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.