Cara Alami Awet Muda Seperti Titik Puspa & Jane Fonda

Cara Alami Awet Muda Seperti Titik Puspa & Jane Fonda

Sebenarnya apa sih yang membuat Titik Puspa atau Jane Fonda awet muda? Jawaban atas pertanyaan itu bisa jadi rumit. Padahal, dengan teratur makan buah dan sayur, proses penuaan bisa diperlambat.

Banyak pendapat yang berkembang seputar rahasia awet muda. Mulai dari perbanyak senyum atau tawa, hingga berusaha untuk hidup lurus. Namun, tidak sedikit juga yang berusaha dengan cara rajin mengonsumsi vitamin dan mineral.

Memang, vitamin dan mineral adalah zat nutrisi yang penting bagi manusia agar dapat hidup dengan kesehatan prima. Vitamin merupakan senyawa organik yang diperlukan oleh tubuh untuk mempertahankan kesehatan dan seringkali bekerja sebagai faktor enzim untuk metabolisme.

Proses penuaan selain akibat serbuan radikal bebas juga disebabkan oleh kekurangan vitamin dalam jumlah besar. Makanan memang memberikan sejumlah vitamin. Hanya saja, tidak semua vitamin yang dibutuhkan untuk memperlambat proses penuaan bisa dipasok oleh makanan.

Ketika seseorang menjadi tua, lebih banyak lagi vitamin yang dibutuhkan. Hal ini terjadi karena daya serap di usus sudah menurun disertai kurangnya produksi vitamin di dalam tubuh.

Sementara itu, mineral merupakan senyawa anorganik yang menjadi bagian dari enzim dan dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan termasuk tulang. Seperti halnya vitamin, mineral juga penting untuk metabolisme.

Mudah Diperoleh
Berdasarkan jumlahnya di dalam tubuh, mineral dibedakan menjadi dua kelompok. Pertama, mineral yang terdapat dalam jumlah relatif banyak, seperti kalsium, fosfor, magnesium, kalium, natrium, klorida, dan sulfur. Kedua, mineral yang jumlahnya sangat sedikit yang disebut unsur hara seperti kromium, seng, selenium, iodium, besi, fluor, kobalt, tembaga, mangan, dan molibdenum. Yang perlu diingat, asupan mineral yang berlebihan dapat menimbulkan gejala keracunan dan bila kekurangan dapat menimbulkan gejala defisiensi.

Bagaimana memperoleh semua itu? Kekayaan alam Indonesia terutama tumbuhan, tidak dipungkiri sudah terkenal sejak dulu kala akan keampuhannya untuk menyembuhkan penyakit. Demikian pula halnya dengan usaha manusia untuk memperoleh karunia berupa awet muda.

Buah-buahan dan sayuran asli Indonesia tidak kalah banyaknya yang diyakini bisa menunda proses penuaan seseorang. Bila Anda mau mencoba, simak beberapa resep di bawah ini.

A. Buah Alpukat (Persea americana miller) 
Tumbuhan asli Amerika Tengah ini memiliki buah buni berdaging berbentuk bola atau bulat telur, panjang 5 sampai 20 cm, warnanya hijau atau hijau kuning. Ada yang berbintik ungu atau ungu sama sekali, berbiji tunggal. Bila buahnya matang, dagingnya akan terasa lunak dan berlemak.

Buah alpukat mengadung air dan lemak, terutama lemak tidak jenuh yang dapat menurunkan kadar kolesterol, protein karbohidrat, zat besi, betakaroten, vitamin B kompleks, folat, dan glutation dengan nilai energi 600-800 kilojoule per 100 gram. Buah alpukat mudah dicerna, biasanya dimakan sebagai es campur, jus, atau bahan salad.

Minyak buah ini digunakan dalam industri kosmetika untuk produk sabun dan pelembab kulit. Berkhasiat melembutkan serta mengenyalkan kulit dan menyuburkan rambut, melindungi kulit dari sinar matahari dan hawa panas, serta menjaga kulit dari kerusakan akibat dan hujan.

Cara mengonsumsi: alpukat sebanyak dua atau tiga buah dikerok isinya dan diblender halus. Lalu balurkan pada rambut dan kulit yang kering. Kolesterol darah yang tinggi juga akan turun dengan memakan setengah hingga satu buah alpukat yang sudah dicuci bersih setiap hari.

Untuk psoriasis, penyakit yang menyebabkan kulit tebal dan bersisik, juga dapat diatasi dengan makan setengah buah alpukat yang sudah dicuci bersih setiap hari dan mengoleskan krim ekstrak bunga chamomi/e pada kelainan kulitnya. Minyak alpukat akan menembus permukaan kulit dari dalam untuk mendinginkan peradangan.

B. Bayam Merah (Amaranthus tricolor |)
Bayam mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalium, zat besi, amarantin, betakaroten, vitamin A, C, E, asam folat, dan glutation. Bayam dapat meningkatkan kerja ginjal dan melancarkan pencernaan. Mengonsumsi bayam setiap hari berguna untuk membersihkan darah sehabis melahirkan.

Jus bayam yang diminum dua kali seminggu akan memperkuat akar rambut. Air perasan akar bayam merah dapat mengobati disentri. Bayam merah juga berguna untuk obat kurang darah (anemia), dan sebagai campuran ramuan untuk penderita gagal ginjal.

C. Brokoli (Brassica oleracea var italica) 
Brokoli mirip bunga kubis. Brokoli tersusun dari bunga-bunga kecil yang berwarna hijau dan mempunyai tangkai yang lebih panjang daripada kubis. Sebelum disantap, brokoli dimasak selama beberapa menit. Pemasakan yang terlalu lama akan mengurangi khasiat brokoli.

Brokoli mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, serat, Ca, Fe, Cr, vitamin A, C, E, tiamin, riboflaavin, nikotinnamide, betakaroten, dan glutation. Brokoli juga mengandung senyawa sianohidroksibutena (CHB), sulfofaran, dan iberin yang merangsang pembentukan glutation. Sulfofaran juga dapat mencegah kanker.

Selain itu, brokoli pun berkhasiat mempercepat penyembuhan setelah sakit berat. Kandungan vitamin dan mineralnya berkhasiat memperpanjang umur dan mencegah penuaan dini.

D.Tomat (Lycopersion esculentum mill)
Buah yang rasanya manis asam ini lebih memberikan rasa sejuk dalam tubuh. Oleh karenanya, sering digunakan sebagai antiseptik usus, pencahar ringan, merangsang pengeluaran enzim lambung, dan memperlancar aliran empedu.

Buah ini dapat mengatasi radang kulit, infeksi jamur, jerawat, luka yang sukar sembuh, dan menghilangkan rasa nyeri pada kulit akibat terbakar sinar matahari, kurang nafsu makan, sembelit, diare, disentri, radang usus buntu, radang saluran napas, radang hati, wasir, sesak napas, dan darah tinggi.

Cara mengonsumsi: buah ini bisa dimakan langsung setelah dicuci bersih atau setelah diblender untuk dibikin jus. Minumlah sesuai kebutuhan, hingga gejala yang dirasakan mereda atau hilang sama sekali.

E.Worte| (Daucus carota |)
Wortel segar mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, serat, vitamin A, glutation, dan betakaroten. Kandungan beta karotennya merupakan antioksidan untuk menjaga kesehatan dan menghambat penuaan.

Jus wortel dengan kandungan alamiahnya dapat meningkatkan energi tubuh. Khasiat laksaktifnya akan mempermudah buang air besar bagi penderita sembelit. Jus wortel bila dioleskan pada luka akibat terbakar atau tersiram air panas akan mempercepat penyembuhannya.

Mengonsumsi wortel setiap hari dapat menurunkan angka kejadian stroke dan kanker, seperti kanker paru. Wortel juga digunakan untuk pengobatan hepatitis, asma, menurunkan kolesterol, diare pada anak, menambah energi, mencegah keracunan zat kimia berbahaya, dan menghentikan kebiasaan merokok.

Sebuah wortel ukuran sedang mengandung sekitar 15.000 IU (internasional unit) betakaroten. Dari berbagai penelitian, diketahui, mengonsumsi wortel yang dikukus sebentar akan memperbesar penyerapan betakaroten.

Cara mengonsumsi: tanaman yang tumbuh di daerah sejuk dengan temperatur 20 derajat Celcius ini dapat dimakan mentah, dijus, dibuat sup, atau salad.

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.