Cara Diet Clean Eating yang Baik dan Benar

Cara Diet Clean Eating yang Baik dan Benar

Cara Diet Clean Eating yang Baik dan Benar - Sebenarnya, clean eating bukan diet melainkan gaya hidup. Clean eating adalah sebuah gaya hidup ketika kita mengonsumsi makanan yang alami atau setidaknya mendekati alami. Bahan makanan yang tidak melalui proses panjang dalam pengolahannya.

Prinsip clean eating antara lain, mengonsumsi makanan yang alami, bersifat kompleks sehingga mudah dicerna tubuh. Misalnya beras merah, quinoa, madu sebagai pemanis, dan seterusnya. Clean eating menghindari makanan yang diproses panjang karena biasanya di sinilah "biang" kalori berlebih. Pada makanan yang diproses panjang biasanya mengandung lemak, gula atau garam yang berlebihan.

Kalau melihat orang diet itu jarang makan, maka mereka yang menjalani gaya hidup clean eating malah disarankan untuk makan hingga lima sampai enam kali per hari. Tentunya yang dimakan sesuai dengan prinsip clean eating, ya. Hal ini untuk menjaga gula darah agar tetap stabil sehingga tubuh tetap segar. Selain itu, agar tidak melewati jadwal makan atau malah kelebihan makan. Biasanya kan, kalau kelaparan pasrti makan jauh lebih banyak daripada seharusnya.

Prinsip lainnya Cara Diet Clean Eating yang Baik dan Benar, jangan minum kalori! Maksudnya? Jangan minum minuman yang mengandung kalori tinggi seperti minuman kemasan, kopi kemasan, atau kopi dengan whipped cream dari kedai kopi kekinian. Minuman para pelaku clean eating ya air putih! Kalau rindu sama minuman yang ada rasanya, pilih jus. Kalau ingin minum kopi atau teh, minumnya tanpa gula. Eeew! Memangnya enak? Percaya atau tidak, kalau kopi dan teh itu tetap enak kalau dinikmati tanpa gula, malah lebih enak.

Prinsip yang terakhir adalah berolahraga! Atau setidaknya bergerak aktiflah minimal 30 menit setiap harinya. Sulit? Nggak kok!

Berikut contoh Cara Diet Clean Eating yang Baik dan Benar :

  1. Sarapan : dua butir telur disajikan sesuka hati, 1/2 porsi buah, satu potong roti whole grain. 
  2. Camilan : satu potong roti gandum dengan selai kacang atau tomat. 
  3. Makan siang : tuna dengan bumbu alami dan dua cup sayur. 
  4. Camilan :jus apel dan protein bar. 
  5. Makan malam : satu porsi quinoa dan sayur. 
  6. Camilan : satu cangkir sayuran. 

Kalau melihat pola menunya sih, sepertinya tidak terlalu sulit atau bikin lapar ya? Hanya saja, mungkin, ada yang berpikir bahwa pola clean eating ini akan menguras anggaran makan. Nah, kalau yang ini masih bisa diakali. Clean eating tidak seperti pola diet yang mengharuskan kita untuk mengubah pola konsumsi saat itu juga. Clean eating adalah gaya hidup, maka tanamkan dalam pola pikir bagaimana memilih makanan yang sesuai dengan pola ini.

Misalnya, ketika makan siang di kantin kantor, kurangi konsumsi nasi putih (kalau belum bisa menghilangkan sepenuhnya), perbanyak menu sayur dan protein. Pilihlah protein seperti telur rebus saja atau ayam bakar, dibanding rendang. Pilihlah sayuran yang direbus saja dibandingkan yang dimasak dalam waktu lama. Lebih bagus kalau ada lalapan, go for it!

Ini sebagai awal. Ke depannya, kita mungkin bisa menyiapkannya sendiri. Prosesnya juga tidak sulit kok. Maksudnya tidak sesulit saat ibu bikin Soto Betawi atau aneka makanan lainnya. Atau ketika belanja bulanan, pilih bahan-bahan berikut ini, yang sesuai dengan pola clean eating.

Wortel, Makanan ini bisa anda just atau dikonsumsi begitu saja, yang sering saya lakukan adalah direbus lalu ditetesi perasan jeruk lemon.
Buah jenis berry, Strawberry, rasberry, blueberry,  dan aneka buah berry lainnya, buah tersebut enak dan segar, bisa untuk dibuat minuman atau diolah menjadi topping.  
Sayur dengan daun berwarna gelap, Kale, bayam kangkung, sayuran seperi ini sangat baik bagi tubuh, dapat anda jadikan lalapan, salad dengan saus favorit atau seperti halnya kuliner indonesia.
Ubi, Ubi mempunyai keunggulan sebagai antioksidan anti in ammatories dan melancarkan aliran darah, ubi dapat direbus atau anda olah ala french fries.
Dada ayam, Dada ayam mempunyai protein tinggi, namun rendah lemak. Cara mengolanya anda bisa memanggang dengan resep tradisional.
Beras merah/cokelat, Memiliki kadar gula jauh lebih rendah dibandingkan dengan beras putih, seratnya pun lebih tinggi.
Bahan makanan di atas baru sebagian makanan yang bisa dikonsumsi jika mau mengikuti pola makan clean eating. Tidak susah, kan? Bagaimana dengan makanan kaleng atau dalam kemasan? Boleh-boleh saia, asal perhatikan daftar bahan-bahan pembuatnya.

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.