Cara Diet Mayo yang Baik dan Benar (tidak lapar)

Cara Diet Mayo yang Baik dan Benar, diet mayo adalah, tips diet mayo, langkah langkah diet mayo

Belakangan, kata ini menjadi sangat popular. Banyak perempuan yang mengupload foto makanan sehatnya yang mengacu pada metode diet tertentu. Namun, ada juga yang tetap bersikukuh bahwa. ”Gue nggak bisa diet, cyinnn! Doyan makan sih".

Hmm, tahu tidak kalau kalau sesungguhnya diet itu tidak boleh lapar? Diet bukan berarti mengurangi atau membatasi asupan. Diet yang benar adalah mengonsumsi makanan sehat yang diperlukan oleh tubuh. Seorang ahli gizi pernah mengatakan bahwa, kalau kita makan tapi masih lapar, berarti tubuh masih kekurangan gizi. Misalnya, kita makan sepaket fast food yang isinya kentang goreng, burger isi daging, dan minuman soda. Biasanya, kita tidak akan merasa kenyang, yang ada perut akan terasa begah. Tiga jam kemudian, akan merasa lapar lagi.

Kenapa? Pertama, di dalam menu makanan tersebut lebih banyak karbohidratnya. Protein hanya didapat dari daging saja. Lalu sayuran? Hayo, siapa yang sering menyingkirkan sayuran yang ada di dalam burger? Pantas kalau perut terasa begah karena lebih dari 50% isi menu tersebut adalah karbohidrat!

Memang, di zaman sekarang godaan untukjajan itu susah, tidak bisa ditolak_ Siapa yang mampu menolak kalau restoran-restoran mewah beranak-pinak bakjamur di musim hujan? Belum lagi gerai-gerai minuman manis yang menyegarkan! Oh, ditambah dengan gerai makanan kecil yang harumnya bisa tercium dari jarak dua kilometer!!

Pasti tahu prinsip empat sehat lima sempurna, dong? Kalau sekarang, prinsip makan sehat bukan itu lagi, melainkan gizi seimbang. Kalau kita mematuhi pola makan gizi seimbang, pasti bisa kurus eh, langsing dan sehat kok! Ada beberapa metode diet yang cukup popular belakangan ini, salahsatunya adalah diet mayo.

Cara Diet Mayo yang Baik dan Benar:

Diet mayo ini merupakan keluaran dari Mayo Clinic, sebuah klinik kesehatan terpercaya di Amerika. Apa sebenarnya diet mayo itu?

Diet mayo adalah program yang ditujukan untuk jangka panjang dengan menggunakan Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid sebagai panduan untuk makan makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur. Jika kita siap mengikuti pola diet ini, bersiaplah untuk melaksanakannya selama dua minggu. Jika kita menaatinya, berat badan akan turun hingga lima kilogram selama fase diet ini. Sudah banyak yang membuktikannya, lho!!

Fokus diet mayo ini adalah makan makanan sehat dengan jumlah yang tidak berlebihan, sedikit karbohidrat, memperbanyak makan buah, serta sayuran. Kalau makan karbohidrat pun sebaiknya whole grain carbohydrate. Proteinnya didapat dari daging dengan serat tinggi, ikan, serta produk susu rendah lemak.

Diet mayo bukan jenis diet yang mengharuskan kita untuk menghitung jumlah kalori yang masuk. Diet ini juga mengharuskan kita untuk berolahraga, setidaknya 30 menit per hari. Ketika tubuh aktif, maka kalori yang masuk dengan sendirinya akan terbakar dan tidak menumpuk menjadi lemak.

Jadi inti dari diet mayo ini adalah mempertahankan gaya hidup konsumsi makanan dan minuman sehat, serta bergerak aktif. Ada dua fase penting dalam Diet Mayo.

a. Lose it! Fase pertama ini adalah fase 13 hari pertama kita akan kehilangan berat badan karena perubahan gaya hidup yang dilakukan lewat diet ini.

b. Live it! Fase kedua ini adalah saat kita sudah terbiasa melakukan gaya hidup sehat ala diet mayo sehingga berat badan bisa mencapai berat badan ideal. Tidak hanya itu, kesehatan tubuh kita juga sudah terjaga karena terbiasa makan sehat serta berolahraga.

Jika mengunjungi situs mayo clinic, kita akan menemukan beberapa contoh menu untuk mereka yang melakukan Diet Mayo.

a. Sarapan. Fruit yogurt parfait (satu cangkir yogurt bebas lemak yang dicampur dengan satu porsi buah).

b. Makan siang. Satu porsi tuna, salad pasta (campurkan satu kaleng [379 gr] ikan tuna, empat cangkir conchiglie yang sudah direbus, dua cangkir zukini yang sudah dipotong dadu, dan empat sdm mayonaise rendah kalori: untuk 4 porsi), dan satu buah jeruk.

c. Makan malam. 1/3 dari satu potong pizza keju, salad hijau (campurkan dua cangkir selada dengan 1/2 cangkir irisan tomat, bawang merah, dan jamur), dan 2 sdm saus salad rendah lemak.

d. Camilan. Satu buah apel yang diiris tipis.
Di sela-sela waktu makan tersebut, kita boleh mengonsumsi makanan bebas kalori!

Di Indonesia sendiri, diet mayo yang beredar sedikit berbeda dengan versi asli yang dikeluarkan oleh Mayo Clinic. Diet mayo yang beredar di Indonesia adalah saat kita pantang mengonsumsi makanan yang menggunakan garam. Jadi, kita bebas untuk makan apa saja, selama tidak mengandung garam.

Contoh yang kerap ditemukan dan dijadikan tata laksana para pelaku diet mayo sebagai berikut:

a. Menu Pagi Hari
Hari 1 dan 8 : secangkir kopi/teh + satu sendok gula pasir
Hari 2 dan 9 : secangkir kopi/teh + satu sendok gula pasir
Hari 3 dan 10 : secangkir kopi/teh + satu sendok gula pasir
Hari 4 dan 11 : secangkir kopi/teh + satu sendok gula pasir + sepotong roti bakar
Hari 5 dan 12 : satu buah wortel besar mentah yang diparut dan ditaburi jeruk citrun
Hari 6 dan 13 : secangkir kopi/teh + satu sendok gula pasir + sepotong roti bakar
Hari 7 : secangkir kopi/teh tanpa gula

b. Menu Siang Hari
Hari 1 dan 8 : dua butir telur rebus + seikat bayam + satu buah tomat
Hari 2 dan 9 : 1,5 ons bistik goreng/rebus + selada + satu buahbuahan segar
Hari 3 dan 10 : dua butir telur rebus + seikat bayam + tomat + satu buah-buahan segar
Hari 4 dan 11 : satu butir telur rebus + satu wortel yang direbus sebentar + 20 gr keju trim
Hari 5 dan 12 : 2,5 ons ayam kukus ditambah sedikit saus mentega
yang tidak asin
Hari 6 dan 13 : 2,5 ons ayam kukus + selada dengan jeruk citrun
Hari 7 : 1,5 ons bistik goreng + satu buah-buahan segar

c. Menu Malam Hari
Hari 1 dan 8 : 1,5 ons bistik goreng/rebus + selada dengan jeruk citrun
Hari 2 dan 9 12,5 ons ayam kukus + satu buah pisang
Hari 3 dan 10 : 2,5 ons ayam kukus + selada dengan jeruk citrun
Hari 4 dan 11 : satu mangkuk penuh pepaya dengan jeruk citrun + satu gelas susu rendah lemak
Hari 5 dan 12 : 2,5 ons bistik goreng/rebus + selada + seikat bayam
Hari 6 dan 13 : dua butir telur rebus + wortel besar parut mentah dengan citrun
Hari 7 : satu butir telur rebus + dua buah pisang

Oh iya, diet mayo yang beredar di Indonesia, berdasarkan tata laksana di atas, hanya boleh dilakukan satu kali selama setahun. Terasa tidak perbedaannya?

Jika diet mayo versi Mayo Clinic diharapkan akan selamanya menjadi gaya hidup bagi si pelaku diet, maka yang beredar di Indonesia justru terkesan jangan dijadikan gaya hidup. Nah, yang mana harus dilakukan? Semuanya kembali lagi ke diri masing-masing, mau ikut yang mana. Namun, ada baiknya jika dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter.

Inti dari hidup sehat, seperti telah dijelaskan di atas, hanya tiga kok: makan sehat, olahraga dan istirahat teratur.

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.