Cara Membuat Obat Diare Tradisional Dengan Arairut

Cara Membuat Obat Diare Tradisional Dengan Arairut

Nama Daerah 
Sagu bamban (Batak); sagu belanda, sagu betawi, ubi sagu (Melayu); sagu rarut (Minangkabau); garut, ararut, patat sagu (Sunda); lerut, garut, klarut, jlarut, irut, waerut (Jawa Tengah); larut, pirut, kirut (Jawa Timur); angkrik (Betawi); arut, larut, salarut (Madura); tarigu (Banten); klarus, marus (Bali)

Morfologi Tanaman
Herba berbatang |unak tegak dengan tinggi mencapai 40-100 cm. Batang tipis, biasanya bercabang banyak ke arah ujung. Daun keras dan bercabang, berseling, tangkai daun berpelepah pada pangkalnya dengan helaian daun berbentuk bulat telur hingga melonjong, berwarna hijau atau kadang-kadang bergaris putih atau ungu kemerahan. Bunga berbentuk malai yang tumbuh di ujung batang berwarna putih. Buah melonjong, merah tua, gundul sampai berambut. Rimpang berdaging, berbentuk silinder, berwarna putih atau kemerahan.

Bagian yang Dimanfaatkan dan Kandungannya
Bagian yang dimanfaatkan adalah rimpang. Rimpang mengandung pati amilum, protein, lemak, dan serat.

Pemanfaatan
Penyakit yang bisa diobati adalah diare, radang usus, dan sebagai penawar racun.

Cara Penggunaan 
1. Tepung garut 1 sendok, gula 1 sendok makan, garam 1/4 sendok teh, daun jambu biji 7 lembar, air 100 ml, campuran ini dibuat infus, diminum tiga kali sehari 100 ml.
2. Perasan umbi garut dapat dijadikan penawar sengatan lebah dan racun ular.

Info Lain 
Pati garut dapat digunakan sebagai bahan baku makanan dan minuman, obat-obatan, kimia, kosmetik, tekstil, kertas dan karton. Tepung garut mempunyai prospek untuk menggantikan tepung terigu karena mempunyai sifat yang mendekati sifat tepung terigu, mempunyai kandungan gizi yang tidakjauh berbeda dengan tepung terigu maupun beras giling. Tepung garut baik untuk dikonsumsi oleh orang yang lemah atau yang baru sembuh dari sakit karena mudah dicerna oleh penderita masalah perut atau masalah usus. Tepung ini juga digunakan sebagai pengenyal berbagai macam makanan, bumbu, sup, gula-gula, masakan dan makanan pencuci mulut seperti puding dan es krim. Seluruh bagian rimpang yang belum berserat dapat dimakan dengan cara dikukus atau dipanggang lebih dulu.

Kontraindikcsi
Meskipun belum ditemukan literatur yang menyebutkan adanya kontraindikasi maupun efek samping dari konsumsi rimpang arairut. Namun, sebaiknya perlu hati-hati dan waspada terutama bagi ibu-ibu yang hamil dan menyusui.

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.