Cara Mencegah Bercak Hitam Pada Wajah

Cara Mencegah Bercak Hitam Pada Wajah

Ingin mempertahankan kebersihan kulit wajah sampai tua? Jangan malas makan sayur dan buah yang mengandung vitamin A, C, dan E. Bercak-bercak hitam adalah tanda proses penuaan pada kulit, yang merupakan penumpukan pigmen melanin. Pigmen itulah yang menyebabkan kulit kita sawo matang.

Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV). Sinar UV ini sebenarnya sangat berguna karena dapat membunuh bakteri yang bisa mengganggu kesehatan. Bila sinar ini terkena suatu bahan atau jaringan, bersama oksigen akan menghasilkan zat yang dikenal sebagai oksigen radikal, yakni oksigen yang sangat aktif. Oksigen radikal ini akan merangsang zyrosine (salah satu asam amino esensial yang ada di seluruh jaringan tubuh kita) untuk berubah menjadi Dopa (dehydroxy-phenyl-a/ani'ne). Dopa ini kemudian akan berubah menjadi quinone, yang selanjutnya berubah menjadi melanin, yaknl pigmen kulit itu tadi. Apabila sinar UV terlalu banyak, pembentukan oksigen radikal tadi juga banyak. Selanjutnya akan membentuk melanin yang banyak pula dan akibatnya terjadi bercak-bercak hitam pada kulit. Cara Mencegah Bercak Hitam Pada Wajah :

Antioksidan
Semasa muda kemampuan fisiologis tubuh masih sangat prima. Walaupun oksigen radikal itu berguna, bila berlebihan tetap akan merusak jaringan tubuh. Untunglah, tubuh kita memiliki zat yang lazim disebut sebagai antioksidan.

Antioksidan ini dapat menetralkan oksigen radikal yang berlebih tadi. Pada usia muda, kemampuan tubuh untuk menghasilkan antioksidan juga masih sangat prima, sehingga efek negatif dari oksigen radikal dapat dikontrol dengan baik.

Yang tergolong antioksidan ini antara lain provitamin A, E, C, glutathion, 500, dan banyak lagi. Sebagian besar bahan pembentuk antioksidan maupun antioksidannya sendiri bisa kita dapatkan dari makanan sehari-hari. Terutama terdapat di dalam buah dan sayur segar.

Memang, setiap orang akan mengalami proses menua tanpa kecuali. Namun, bila pembentukan oksigen radikal ini tidak terkontrol, apalagi bila terjadinya secara berlebihan, proses menua akan menjadi sangat cepat.

Keadaan ini diperburuk dengan meningkatnya kadar polutan (pencemar) di udara, seperti asap kendaraan bermotor, sisa-sisa oksidasi, polutan bahan kimia dari limbah pabrik, dan kadar sinar UV yang berlebih (karena pelindung lapisan ozon bumi berlubang atau berkurang). Semua itu akan memperbanyak keberadaan radikal bebas di dalam tubuh kita.

Radikal bebas inilah yang sangat mempercepat proses menua dan menimbulkan terjadinya berbagai jenis penyakit degeneratif. Misalnya penyakit jantung, sendi, diabetes, kolagen, dan lain-lain.

Makanan Sehari-hari 
Kerusakan jaringan akibat dari oksigen radikal ini dapat dihindari atau dikurangi keganasannya bila kita bisa mengurangi efek negatif dari radikal bebas tadi. Bagaimana caranya? Seperti telah disebutkan di atas, bahwa antioksidan dapat melawan dengan radikal bebas. Untuk itu harus diupayakan agar tubuh dapat memperoleh cukup antioksidan. Sebenarnya beberapa jenis antioksidan ini dengan mudah dapat diperoleh dari makanan sehari-hari. Sisanya dapat diperoleh dari produk vitamin atau obat yang dapat dibeli di apotek.

Provitamin A dan vitamin A banyak terdapat dalam buah-buahan yang berwarna. Vitamin A banyak terdapat di jaringan hati. Vitamin C banyak terkandung dalam buah-buahan dan sayuran segar. Vitamin E bisa diperoleh dari berbagai jenis kecambah.

Sayangnya kebiasaan makan sayur-sayuran ini makin berkurang pada manusia modern. Jika masih memakan sayuran, umumnya dimasak sedemikian lama, sehingga kandungan vitaminnya habis. ' Kebiasaan makan lalapan pun sekarang ini sudah sangat berkurang.

Kekurangan vitamin tersebut masih dapat ditanggulangi. Caranya adalah dengan mengasup tablet vitamin yang mudah didapat di apotek maupun toko obat. Makanan dengan gizi seimbang serta berolahraga secara teratur akan sangat membantu memperlambat proses penuaan, termasuk bercak-bercak hitam yang terdapat di wajah.

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.