Cara Mencegah Keriput Pada Pria

Cara Mencegah Keriput Pada Pria, tip atasi keriput cowok, cara tidak keriput cowok

Cara Mencegah Keriput Pada Pria - Orang bilang konsep macho abad ini tak lagi berkutat pada otot, bulu, dan kulit yang dibiarkan kasar. Bukan pula terpaku pada inner beauty kemaskulinan belaka. Konon, sekarang banyak istri menyimpan kerinduan kulit suaminya seklimis wajah Tom Cruise. Apa betul sekarang pria juga perlu fashionable?

Pria pergi ke salon kini bukan lagi tabu. Supaya trendi, kini kaum Adam tanpa sungkan merasa perlu memasuki dunia kosmetologi. Semakin banyaknya pria berupaya supaya kelihatan fashionable, sebetulnya sedang membantu wanita menemukan sense of beauty pada lawan jenisnya. Konon, ini keratan sensualitas maskulin yang tersembunyi.

Obat peremaja kulit muka paling banyak dipakai belakangan ini mengandung vitamin A asam (bukan vitamin A biasa) atau retinoic acid, yang disebut juga tretinoin. Kerja tretinoin membentuk, mengganti, dan memulihkan keausan serta kerusakan kulit bagian luar.

Obat yang dulu dikenal sebagai antijerawat ini diandalkan melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

Sebuah studi mengungkap bahwa tretinoin mencegah kanker kulit, selain meluruskan pertumbuhan kulit yang menyimpang. Saking serbagunanya, kini banyak merek krim wajah berisi tretinoin dijual bebas. Kini bahkan sudah memasuki kampung-kampung dan bukan tanpa bahaya.

Bisa Menimbulkan Masalah 
Jika dosis tretinoin berlebihan, hasilnya bukannya menambah cantik, tetapi malah merusak kulit. Misalnya, terbentuk lapisan abnormal, selain kulit tumbuh menyimpang. Tumor kulit muncul pada pemakaian tretinoin yang lama dan kulit terpapar matahari. Itu sebabnya tretinoin hanya boleh dipakai malam hari. Karena tanpa membaca aturan pakai, tak sedikit orang yang menjadi korban, kulit mukanya mengelotok seperti baru tersiram air mendidih. Kasus begini bermunculan di mana-mana akhir-akhir ini.

Tretinoin bermasalah jika cara pakainya tidak tepat. Misalnya, karena tidak membaca aturan pakainya, tretinoin dipakai siang hari. Yang mestinya dipakai selang sehari, untuk mengurangi efek samping lokal pada kulit yang mungkin timbul, dipakai saban hari sehingga sering bermasalah. Jika kulit sensitif pun, mestinya dimulai dengan dosis kecil dulu.

Sebetulnya normal jika kulit muka menjadi seperti kepiting rebus setelah beberapa hari memakai tretinoin. Kemerahan kulit mereda setelah beberapa hari tanpa perlu menyetop obat. Namun, jika reaksi kulit kemerahan tidak mereda dalam beberapa hari dan tambah meradang, pemakaian tretinoin perlu dihentikan. Lebih-lebih kalau kulit bertambah gelap atau berubah menjadi bule.

Pemakaian tretinoin tidak boleh dilanjutkan jika menimbulkan lentingan pada kulit yang diolesi, atau terjadi pengelotokan kulit di sana. Normalnya, pasien hanya merasa kulitnya seperti digigiti semut. Jika pasien merasa kulitnya seperti terbakar, bengkak, merah meradang sehabis memakai tretinoin, itu berarti bahaya. Pada kulit tidak sensitif, efek buruk tretinoin mereda setelah obat dihentikan. Jika kulit sensitif, efek buruk hilang setelah beberapa bulan, tanpa perlu diobati.

Perhatikan Dosisnya 
Bukan sedikit orang sembarangan memakai krim wajah berisi tretinoin yang banyak dijual bebas. Selain kurang memperhatikan aturan pakainya, dosis tretinoin yang dijual bebas bisa jadi melebihi ketentuan. Tujuannya supaya memberi hasil lebih cepat dan lebih hebat, tapi tanpa mengindahkan bahayanya.

Sudah disebut, tretinoin dosis tinggi merusak kulit. Dosis normal tretinoin antara 0,05 persen jika dalam bentuk cair, dan 0,1 persen kalau krim. Jika dalam bentuk gel takarannya boleh sampai 0,25 persen. Jika suatu merek krim wajah kandungan tretinoinnya lebih besar dari dosis itu, sebaiknya tidak dipilih.

Selain dipakai malam hari, sebelum tretinoin dipakai, kulit perlu dibasuh sabun lunak. Jangan membersihkan wajah dengan alkohol, sabun pembersih, atau kosmetik yang mengeringkan kulit. Tretinoin bereaksi buruk jika dicampur obat jerawat. Jika kulit eksim, sedang ada luka, terbakar matahari, jangan memakai tretinoin dulu. Begitu juga kulit yang baru dikelupas (peeling). Pastikan tak tersisa obat di kulit sebelum memakainya.

Tretinoin berkhasiat pula meredakan jerawat, spruten, bekas luka dangkal, selain pada pelapukan kulit, tapi jangan minta kulit jadi putih. Beberapa merek krim pemutih wajah berlabel pearl cream ada yang mencampurnya dengan bahan merkuri (Hg) dan dipakai orang di luar medis sejak zaman dulu. Kini pemakaian krim merkuri dilarang, sebab bersifat racun bagi tubuh, dan tidak boleh dijual lagi.

Cara Mencegah Keriput Pada Pria 
Tretinoin membuat kulit jadi baru dan segar dari arah luar. Lapisan kulit luar seperti "dipoles" sehingga tampak baru lagi. Namun, lapisan dalam kulit mungkin tetap saja bertambah tua. Kita sadar proses menua tidak mungkin ditahan dan disembunyikan. Bagaimanapun kulit salah satu cermin umur kita. Mengapa?

Rahasia penuaan kulit ada pada lapisan bantalan kulit bernama ccllagen. Bantalan kulit membuat kulit kita kencang dan kenyal. Kulit bayi paling tebal bantalan collagen-nya. Sebaliknya, bertambah usia, bantalan collagen semakin menipis. Mulai usia remaja kulit kita sudah mulai menua.

Sedikitnya satu persen collagen hilang setiap tahun. itu sebabnya kulit berangsur kendur, berkerut, dan penuh guratan. Ibarat bantal kurang kapuk, sarungnya tampak peot dan kisut. Begitu juga dengan kulit. Collagen yang semakin menipis membuat kulit tampak kendur, berkerut, bergurat, dan kasar.

Dari dulu orang terus berkutat mencari solusi meremajakan kulit paling alami. Di antaranya dengan mengonsumsi protein, asam amino esensial, vitamin-mineral, cell-therapy, lulur lumpur, aromatherapy, serta ragam perawatan maupun pemeliharaan kulit, secara medis maupun nonmedis. Namun, upaya itu sia-sia sebab semata berorientasi menambal suatu proses yang tak mungkin dibendung!

Kunci peremajaan kulit sebetulnya bagaimana menahan semakin menipisnya bantalan collagen kulit yang termakan usia. Hasil bedah plastik dan skin lifting kelihatan tidak alami. Apalagi kulit di bagian leher dan bagian tubuh lain tetap menua, sebab tak mungkin kita mengganti kulit sekujur tubuh.

Agar peremajaan kulit tidak tampak artifisial, perlu ada cara yang dapat membuat bantalan collagen baru menggantikan bantalan kulit lama yang semakin menipis. Dengan menambah bantalan collagen diharapkan kulit kembali kencang dan kenyal seperti sediakala. Kerut-merut, guratan halus, kekenduran, dan kekasaran kulit diharapkan terhapus oleh bertambah kencang-kenyalnya kulit setelah bantalan collagen kulit yang sudah uzur berhasil disumpal.

Kini telah beredar obat yang bisa merangsang tubuh memproduksi kembali colIagen baru, penyumpal bantalan kulit yang menipis. Dengan cara menambah tebal kembali bantalan kulit, diharapkan kerut, kendur, kasar, dan guratan di kulit bisa terhapus secara lebih alami, kata hasil sebuah studi dermatologik.

Namun, upaya peremajaan kulit mana pun sebetulnya cuma memperbaiki sosok kulit belaka. Roh kulit sendiri merupakan bagian dari ekspresi jiwa. Jika jiwa sedang suram, tak mungkin berharap kulit bisa terlihat cerah, betapa pun mulus dan penuh polesan.

Sering kurang tidur, kurang vitamin A, C, dan E buat kulit, dan selama jiwa tersaput mendung terus, kendati kulit sudah diremajakan tetap sulit rasanya berharap kulit wajah kita terpancar sumringah.
Kulit kita tetap potret paling jujur tampilan jiwa kita dari hari ke hari, dari waktu ke waktu. begitulah Cara Mencegah Keriput Pada Pria.

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.