Cara Menghilangkan Rambut Uban Tradisional

Cara Menghilangkan Rambut Uban Tradisional

Rambut merupakan hiasan berharga bagi sebagian besar manusia. Bahkan bagi wanita, rambut merupakan mahkota. Karena itu, merawat rambut agar tumbuh subur dan tetap kelihatan sehat sangat diperukan.

Sebagian besar orang lndonesia memiliki rambut hitam. Warna hitam seperti dianggap sebagai rambut yang subur dan indah. Dari itu, rambut berwarna cokelat atau tidak hitam lagi, apalagi putih, dianggap tidak normal. Mungkin untuk sebagian besar orang yang sudah lanjut usia, berambut putih atau beruban itu wajar. Namun, bagi mereka yang masih muda, rambut beruban adalah masalah.

Rambut yang tidak lagi hitam biasanya disebabkan oleh kurangnya zat para amino asam benzoat, minyak rambut yang tidak cocok, atau karena sering tersengat terik matahari. Gejala-gejala yang menyertai antara lain seperti ini: rambut menjadi luntur dan berubah warna menjadi kecokelat-cokelatan atau keputih-putihan, kasar, kusam, dan kusut.

Keadaan seperti itu tidaklah perlu dirisaukan karena beberapa tanaman yang mudah dijangkau di sekitar kita, dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan uban atau warna putih maupun cokelat pada rambut. Semua itu dapat kita peroleh tanpa perlu menghabiskan uang banyak. ,

Berikut ramuan alami yang dihimpun dari berbagai sumber, semisal Ramuan Pusaka Prima Raga dan Jamu Jawa Asli. Diyakini, ramuan-ramuan tersebut bermanfaat untuk menghitamkan rambut atau menghilangkan uban:

Cara Menghilangkan Rambut Uban Tradisional Kembang Sepatu

Bahan:
10-15 helai daun kembang sepatu
Daun kembang sepatu dicuci, lalu diremas-remas sampai keluar lendirnya.
Basahi kulit kepala dan rambut dengan lendir tersebut. Diamkan sampai kering, lalu cuci lagi. Lakukan dua minggu sekali.

Bahan:
2 genggam kembang sepatu atau kembang wora-wari
1 buah jeruk nipis
Kembang sepatu atau kembang wora-wari ditumbuk halus. Tambahkan air dua gelas dan saringlah. Air yang telah disaring dipakai untuk mencuci rambut (keramas). Sesudah itu basuh rambut dengan air bersih. Selanjutnya rambut dicuci lagi dengan air yang dicampur perasan jeruk nipis. Biarkan beberapa menit. Setelah itu bilas rambut dengan air bersih lalu keringkan.

Cara Menghilangkan Rambut Uban Dengan Kelapa Hijau

Bahan:
Kelapa hijau satu biji Garam dapur
Ambil kelapa hijau satu biji dan garam dapur sedikit.
Daging buah kelapa hijau diparut, dicampur dengan airnya kemudian diberi garam dan didiamkan semalam.
Campuran ini diperas dan air perasan digunakan untuk keramas selama tujuh hari berturut-turut.

Menghilangkan Rambut Uban Dengan Biji Pepaya

Bahan:
30 biji pepaya
1 sendok minyak kelapa Biji pepaya digongseng lalu ditumbuk hingga halus.
Campurkan dengan 1 sendok minyak kelapa. Gosokkan pada kulit kepala yang beruban.

Atasi Uban Dengan Buah Alpukat

Bahan:
1 buah alpukat
1 sendok teh air jeruk lemon Buah alpukat dihaluskan lalu dicampur dengan air jeruk. Balurkan campuran tadi pada rambut dan tutup dengan topi mandi.
Diamkan selama satu jam sebelum dikeramas dengan sampo lembut.

Cara Menghilangkan Rambut Uban Tradisional Menggunakan Air Teh 

Bahan :
Teh 2 sendok makan Airi gelas Teh diseduh dengan air mendidih pada pagi hari kemudian dibiarkan selama sehari . semalam. Esok harinya, air teh digunakan untuk membasahi rambut. Lakukan setiap pagi hingga beberapa minggu

Ramuan Alami Untuk Membasmi Uban Dengan Merang Padi

Bahan:
Merang padi 1 genggam
Jeruk nipis l buah
Merang dimasukkan ke dalam panci lalu dibakar  sampai jadi abu. Tuangkan 1 liter air bersih dan perasan air jeruk pada panci berisi abu  merang tersebut. Aduklah ramuan itu dan embunkan selama semalam. Gunakan ramuan itu untuk mencuci rambut tiga kali seminggu.

Menghitamkan Rambut Dengan Urang-aring

Bahan:
Daun dan batang urangaring 2 genggam
Daun pandan wangi yang sudah diraiangi genggam
Minyak kelapa yang sudah dijemur sehari
l gelas Minyak kelapa dididihkan lebih dahulu.

Ramuan yang lain baru dimasukkan. Setelah mendidih untuk kedua kalinya, diangkat, lalu didinginkan Saring hasil rebusan itu dan simpan. Ramuan sudah siap dipakai untuk minyak rambut.

Terakhir Menghitamkan Rambut Uban Dengan Daun Mangkokan 

Bahan:
Daun mangkokan 2 genggam, dirajang Irisan daun pandan 1 genggam
Minyak kelapa yang sudah dijemur 1 gelas
Ketiga bahan direbus sampai mendidih, didinginkan, lalu disaring. Saring dan minyak rambut mangkokan ini siap dipakai untuk minyak rambut.

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.