Cara Mengobati Batuk Tradisional, Mudah & Cepat

Cara Mengobati Batuk Tradisional, obat batuk alami, membuat ramuan tradisional batuk

Cara Mengobati Batuk Tradisional Dengan Adas - Nama Daerah : Hades (Sunda), adas, adas landa adas [andi (Jawa); adas (Bali); das pedas (Aceh), adeh, manih (Minangkabau); paapang, paampas (Manado); denggu-denggu (Gorontalo); adasa, rempasu (Makasar)

Morfologi Tanaman Terna merumpun, tingginya 0,5-2 m. Batang berwarna hijau kebiru-biruan, beralur, beruas, dan berongga, bila dimemarkan keluar bau wangi yang semerbak. Duduk daun berseling dengan daun majemuk menyirip ganda dua dengan sirip-sirip yang sempit, bentuk daun jarum, ujung daun dan pangkal daun runcing, tepi rata, mempunyai seludang berwarna putih. Untaian bunga yang keluar dari ujung batang tersusun dalam bunga payung majemuk yang terdiri atas 6-40 tangkai bunga berwarna kuning. Buah muda berwarna hijau, setelah masak berwarna cokelat agak kuning sampai sepenuhnya cokelat.

Bagian yang Dimanfaatkan dan Kandungannya :

Bagian yang dimanfaatkan adalah buah. Kandungannya yaitu minyak asiri, anetol, asam anisat, fenkon, pinen, anisaldehid, dan serposterin.

Cara Penggunaan

Seduh serbuk buah adas 5 9 dengan 1/2 cangkir air mendidih. Setelah dingin, saring kemudian tambahkan satu sendok teh madu. Diminum dua kali sehari sebagai obat batuk.

Kontraindikasi 

Belum ditemukan literatur yang menyebutkan adanya kontraindikasi maupun efek samping dari konsumsi buah adas. Namun, sebaiknya beberapa hal ini perlu diperhatikan sebagai sikap kewaspadaan.

1. Bagi yang sedang hamil dan menyusui: jangan mengonsumsinya.
2. Bagi anak-anak: sebaiknya tidak mengonsumsi dengan dosis yang berlebihan sebelum berkonsultasi dengan herbalis atau dokter.

Informasi tambahan :

Bagian yang digunakan untuk obat adalah bagian buahnya yang sudah masak. Beberapa manfaat lain dari tanaman ini adalah sebagai bumbu masak yang dapat memperbaiki rasa masakan, juga sering digunakan untuk campuran salad dan bahan pengganti seledri untuk sup, membantu memperlancar dan memperbanyak ASI, membantu meringankan nyeri haid, memperlancar haid, dan mengatasi haid yang tidak teratur. Biji adas dapat disuling menjadi minyak adas. Digunakan sebagai bahan campuran untuk minyak telon, yang dapat digunakan untuk menghangati bayi dan anakanak. Dapatjuga digunakan sebagai antiinflammasi, diuretik, dan antimikroba, serta sebagai obat yang dapat mengatasi berbagai jenis penyakit seperti perut kembung, mual, diare, sakit kuning, kurang nafsu makan, batuk berdahak, asma, hernia, insomnia, batu ginjal, rematik, bahkan untuk memperbaiki penglihatan. Sekian Cara Mengobati Batuk Tradisional Dengan Adas.

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.