Cara Mudah Melatih Kebugaran Otak

Cara Melatih Kebugaran Otak

Seperti organ lainnya, otak pun berhak bugar. Untuk itu periu latihan. Panduan gerakan yang dikembangkan Dr. Ruswa|di Munir, Sp.KO dari Bagian Kedokteran Olahraga FKUI RSCM, Jakarta ini, dapat menjaga kelangsungan, koordinasi, dan konsentrasi pusat berpikir Anda.

Persiapan :

1. Air Putih.
Sebelum mulai berlatih, minum air putih secukupnya.

2. Tombol Otak.
Pijat dengan keras sisi kanan dan kiri tulang tengah dada dengan tangan kanan, searah dan berlawanan jarum jam. Sementara tangan yang satunya memijat pusar. Kemudian lakukan bergantian dengan tangan kiri.

3. Gerak Silang.
Gerakkan tangan dan kaki yang berlawanan secara serempak. Misalnya tangan kanan menyentuh lutut kiri dan sebaliknya, atau tangan kiri menyentuh tumit kanan dan sebaliknya. Gerakkan badan ke depan, ke belakang, ke samping, dan arahkan mata ke semua Jurusan. Lakukan -+3 menit beberapa kali sehari.

4. Gerak Berkait.
Letakkan kaki kiri di atas kaki kanan dan jalin jari-jari tangan kanan dan kiri di depan dada. Lakukan -+1 menit, tarik napas dalam, tutup mata, dan letakkan lidah di langit-langit mulut.

Pemanasan
Jalan di tempat dan lakukan peregangan kepala, bahu, lengan, tubuh bagian atas, tubuh bagian bawah, dan betis selama 5-10 menit.

Latihan inti
1. Neck Rolls (memutar kepala).
Naikkan bahu, tundukkan kepala ke depan, perlahan putar dari satu sisi ke srsi lainnya, ambil napas, Lanjutkan dengan menengadahkan kepala ke belakang, putar ke kiri dan ke kanan. langi dengan bahu diturunkan.

2. Lazy 8 (malas).
Tangan kiri direntangkan sambil diputar membentuk angka 8, bergantian dengan tangan kanan. Lalu lakukan bersamaan tangan kiri dan anah.

3. Cross Crawl (gerak diagonal).
Gerakkan badan ke depan, ke samping, ke belakang, dan arahkan mata ke semua jurusan. Kadang-kadang menyentuhkan tangan ke lutut secara berlawanan. bila tangan kanan ke samping atas, kiri ke samping bawah. Lakukan beberapa kali.

4. The Grounder (kuda-kuda).
Mulai dengan kaki terbuka, arahkan kaki kanan ke kanan, tapi kaki kiri tetap lurus ke depan. ' Tekuk lutut kanan sambil buang napas, aluambil napas waktu lutut kanan diluruskan kembali.. Pinggul ditarik ke atas. Lakukan beberapa kali, kemudian lanjutkan dengan yang kiri.

5. The Gravity Glider (bandul gravitasi).
Posisi duduk di kursi, Silangkan kaki, tapi lutut tetap rileks. Tundukkan badan ke depan dengan tangan lurus. Buang napas waktu turun, dan ambil napas waktu naik. Ulangi beberapa kali, kemudian ganti kaki.

6. The Rocker (pompa bokong).
Dudukla di lantai di atas matras, letakkan tangan di samping tubuh, siku ditekuk, kedua kaki diangkat sedikit, dan putar pinggul beberapa kali.

7. Cross Crawl Sit-Up (gerak diagonal telentang).
Posisi tidur di lantai, kedua tangan dilipat di belakang kepala, Siku kanan disentuhkan ke lutut kiri. Demikian selanjutnya bergantian dengan tangan kiri dan lutut kanan.

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.