Cegah dan Obati Kanker Payudara Dengan Bawang Merah

Cegah dan Obati Kanker Payudara Dengan Bawang Merah

Nama Daerah 
Brambang (Jawa); bawang beureum (Sunda)

Morfologi Tanaman
Tanaman semusim yang berbentuk seperti rumput, berbatang pendek dan berakar serabut, tinggi dapat mencapai 25 cm dan membentuk rumpun. Daun berbentuk seperti pipa, bulat kecil memanjang 50-70 cm, berlubang, bagian ujungnya meruncing, berwarna hijau muda sampai hijau tua. Batang semu yang berada di dalam tanah berubah bentuk dan menjadi umbi lapis. Tangkai bunga keluar dari dasar umbi. Bunga majemuk berbentuk tandan yang terdiri atas 50-200 kuntum bunga. Buah berbentuk bulat dengan ujung tumpul yang membungkus biji yang berbentuk agak pipih.

Bagian yang Dimanfaatkan dan Kandungannya
Bagian yang dimanfaatkan adalah umbi. Bawang merah mengandung minyak asiri yang terdiri atas dialilsulfida, propantiol S-oksida, S-AIil-L-Sistein-sulfoksida atau Aliin, prostaglandin A-1, difenilamina dan sikloaliin, metilaliin, dihidroaliin, kaemferol, dan foroglusinol.

Pemanfaatan
Penyakit yang bisa diobati adalah sakit telinga, kanker, kuman di mulut, dan jerawat.

Cara Penggunaan
1. Rebus bawang merah sebanyak 5 g Minum air rebusannya atau jus bawang merah diteteskan pada telinga yang sakit berdering dan pada bagian yang tersengat serangga.
2. Makan langsung bawang merah secara teratur dapat membantu dalam pencegahan berbagai penyakit seperti perut dan kanker payudara.
3. Campur bawang merah yang telah digerus dengan minyak kelapa hangat. Ramuan ini mengobati keluhan seperti masuk angin dan juga persendian yang terganggu.

Info Lain
Bawang merah digolongkan sebagai tanaman obat karena mengandung efek antiesptik dan senyawa alliin. Senyawa alliin akan diubah menjadi asam piruvat, ammonia, dan alliisin sebagai anti mikroba yang bersifat bakterisida. Adapun enzim yang berperan dalam merubah senyawa alliin adalah enzim alliinase.

Kontraindikasi 
Konsumsi bawang merah berlebihan bisa menyebabkan migran, kepala pusing, dan menggelapkan pandangan mata. Di samping itu, mengganggu sesama manusia karena bau mulut yang tidak sedap.

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.