Luar Biasa! Ternyata Asam Jawa Dapat Melancarkan Peredaran Darah Loh

Luar Biasa! Ternyata Asam Jawa Dapat Melancarkan Peredaran Darah Loh

Nama Asam Jawa di Daerah Masing-masing
Asam jawa, asem (Jawa, Sunda); celagi (Bali); bak mee (Aceh); bage (Sasak),tobi (Solor),asangjawi (Gorontalo); comba (Makasar); tabelaka (Seram)

Morfologi Tanaman 
Pohon, tinggi dapat mencapai 20 m. Batang berkayu dan bercabang. Daun majemuk menyirip genap. Perbungaan majemuk berbentuk tandan, keluar dari ketiak daun atau ujung percabangan. Buah polong, warna kulit cokelat, daging buah kuning sampai cokelat kekuningan.

Bagian yang Dimanfaatkan dan Kandungannya
Bagian yang dimanfaatkan adalah buah dan daun. Buah mengandung asam tartrat, asam malat, asam sitrat, asam suksinat, asam asetat, pektin, dan gula invert. Daun mengandung flavonoid, sitexin, isovitexin, orientin, 1-malic acid. Kulit kayu mengandung tanin.

Pemanfaatan
Melancarkan peredaran darah, pencahar, menambah nafsu makan, penyejuk, penurun panas, abortivum, astringen, dan tonik.

Cara Penggunaan 
1. Seduh buah ditambah gula merah secukupnya dengan air panas, minum selagi hangat untuk mengobati sariawan dan panas dalam.
2. Rebus segenggam daun asam segar dan satu rimpang kunyit dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Minum airnya untuk melancarkan ASI.
3. Rebus daun muda secukupnya, minum airnya sebagai obat batuk dan demam.
4. Giling daun muda sampai halus atau dijadikan bubuk lalu balurkan pada bagian tubuh yang sakit borok, sakit pinggang, dan linu persendian.

Info Lain
Pemanfaatan yang paling populer dari asamjawa adalah sebagai bumbu masakan untuk memberikan rasa asam pada masakan. Selain itu, buah asamjawa dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan, sebagai bahan sirup, selai, dan campuran rujak.

Kontraindikasi 
Wanita hamil dilarang makan daging buah asam yang sudah tua.

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.