Manfaat Anggrek Tanah Untuk Mengobati Sakit Telinga

Manfaat Anggrek Tanah Untuk Mengobati Sakit Telinga, cara mengobati sakit telinga, cara atasi sakit telinga secara alami

Nama Anggrek di Daerah jawa:  
Anggrek cangkok, anggrek sothel

Morfologi Tanaman 
Herba semusim dengan tinggi mencapai 1 m. Berbatang bulat dan lunak agak berbulu, batang bagian dalam tanah membentuk umbi. Daun tunggal berbentuk lonjong dengan panjang 5-8 cm dan berujung runcing. Bunga majemuk berbentuk tandan terdapat di ujung batang, tangkai bunga silindris panjangnya 40-50 cm berwarna hijau. Buah lonjong berwarna kuning pucat dengan biji bulat kecil berwarna putih kehitaman.

Bagian yang Dimanfaatkan dan Kandungannya
Bagian yang dimanfaatkan adalah umbi. Kandungan polifenol terdapat pada umbi, daun, dan akar. Kandungan saponin terdapat pada daun.

Manfaat Anggrek Tanah Untuk Mengobati Sakit Telinga

Cara Penggunaan Anggrek Tanah Untuk Mengobati Sakit Telinga
Umbi segar dicuci lalu ditumbuk hingga lumat kemudian diperas. Hasil perasan ini diteteskan pada telinga yang sakit.

Info Tambahan
Tanaman ini dapat tumbuh hampir di seluruh daerah Indonesia dan merupakan salah satu tanaman hias di tamantaman, terutama sebagai penutup tanah, pembatas, atau penarik perhatian karena bunganya yang berwarna ungu mencolok.

Kontraindikasi 
Belum ditemukan literatur yang menyebutkan adanya kontraindikasi maupun efek samping dari konsumsi umbi anggrek tanah. Namun, sebaiknya perlu hati-hati dan waspada dalam penggunaannya.

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.