Manfaat Bawang Putih Untuk Eksim

Bawang Putih Bisa Dijadikan Obat Kanker

Nama Daerah 
Lasun (Aceh); dasun (Minangkabau); Iasuna (Batak); bacang landak (Lampung); bawang bodas (Sunda); babang pole (Madura); Iasuna kebo (Makasar); Iasuna pote (Bugis); pia moputi (Gorontalo); bawang kasihong (Dayak)

Morfologi Tanaman
Herba annual, tumbuh tegak, tingginya 30-60 cm. Batang kecil 0,5-1 cm.
Daun membentuk batang semu. Bunga majemuk membentuk payung sederhana, muncul di setiap anak umbi. Umbi lapis berupa umbi majemuk berbentuk hampir bundar, garis tengahnya 4-6 cm terdiri atas 8-20 siung seluruhnya diliputi 3-5 selaput tipis serupa kertas berwarna agak putih, tiap siung diselubungi oleh dua selaput serupa kertas, selaput luar warna agak putih dan agak longgar, selaput dalam warna merah muda dan melekat pada bagian padat.

Bagian yang Dimanfaatkan dan Kandungannya
Bagian yang dimanfaatkan adalah umbi. Kandungannya terdiri atas alliin dan sulfur.

Pemanfaatan
Penyakit yang bisa diobati adalah kanker, hipertensi,jantung, kolesterol dan berbagai penyakit kulit

Cara Penggunaan
1. Tumbuk halus bawang putih hingga membentuk pasta dan oleskan pada bagian yang bermasalah di kulit seperti kutil, jerawat, dan eksim.
2. Konsumsi 600 mg bawang putih setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol.

Info Lain
Bawang putih mendapat julukan umbi seribu khasiat, karena kegunaannya yang luas secara farmakologi. Manfaat bawang putih ternyata sudah digunakan sejak zaman Yunani dan Romawi kuno untuk dikonsumsi sebagai masakan maupun pengobatan. Selain sebagai penyedap masakan, bawang putih dapat mengurangi dampak buruk dari lemak.

Kontraindikasi
Hati-hati dalam pemakaian pasta bawang putih, karena dapat menyebabkan kulit tubuh melepuh bila pemakaian terlalu banyak. Bawang putih juga memiliki efek mencairkan darah sehingga penderita maag tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya, demikian pula bagi wanita yang sedang menstruasi. Ada juga beberapa orang yang bisa mengalami reaksi alergi ketika mengonsumsi bawang putih. Gejala yang mungkin muncul adalah rasa terbakar pada jantung, perut kembung, dan lain sebagainya. Jika hal itu terjadi, segera konsultasikan dengan dokter.

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.