Vitamin Sangat Dibutuhkan Oleh Tubuh, Ini Penjelasannya

Vitamin Sangat Dibutuhkan Oleh Tubuh, Ini Penjelasannya, pengertian vitamin, apa itu vitamin

Banyak orang mengira vitamin identik dengan obat yang bisa membuat badan jadi gemuk lagi kuat. Lazim kalau pasren hampir selalu meminta vitamin di setiap resep dokter. Betulkah anggapan vitamin juga bikin awet muda?

Siang hari Tuan Bas baru merasa enak kalau minum vitamin. Jika lupa menenggaknya, belum sampai sore dia sudah merasa kurang bugar. Tuan Bas terobsesi minum vitamin selama bertahun-tahun. Entah sugesti entah tidak, boleh jadi dipasok vitamin setiap hari membuat Tuan Bas jadi bugar. Itu sebabnya dianggap tepat jika ekstra vitamin diberikan kepada Tuan Bas, mengingat sejak dulu makannya sedikit. Ia tak suka ikan maupun sayuran. Bisa dipastikan sejak kecil kebutuhan vitamin tubuhnya tak mencukupi.

Tubuh berisiko kekurangan vitamin jika pola makan jelek oleh karena tubuh sendiri memang tak bisa membuat vitamin, melainkan cuma mengandalkan dari makanan sehari-hari.

Vitamin tambahan juga dibutuhkan oleh orang yang baru sembuh dari sakit atau habis operasi. Kelompok lain yang perlu vitamin adalah usia remaja yang butuh akselerasi pertumbuhan, juga kelompok usia lanjut yang sudah kurang bagus kemampuan ususnya menyerap sari makanan, serta mereka yang diet khusus.

Berbeda dengan pengalaman Pak Jo. Minum ekstra vitamin atau tidak, baginya tak terasa bedanya. Boleh jadi tubuh Pak Jo memang tidak sedang membutuhkan tambahan vitamin. Kata Bu Jo, Pak Jo memang suka makan apa saja.

Kebutuhan zat gizi harian tubuh sekitar 40-an jenis. Di luar karbohidrat, lemak, dan protein sebagai bensin tubuh, zat gizi lainnya bukan untuk penambah tenaga, melainkan sebagai pelumas agar mesin tubuh lancar jalannya.

Ibarat mobil kurang oli, kurang vitamin membuat mesin tubuh jadi lamban dan berat gerakannya. Orang kurang vitamin tidak lincah, badan terasa tak enteng, dan serasa seperti ada baut di badan yang kendur.

Menu Monoton 
Menu harian orang sibuk atau orang papa cenderung monoton. Padahal, untuk memenuhi kecukupan zat gizi harian, di meja makan paling kurang mesti terhidang 4 sampai 5 jenis menu yang berbeda. Namun, jika lauk pauk harian cenderung monoton, hampir pasti kebutuhan zat gizi harian tidak selalu terpenuhi.

Gizi yang baik itu wajib cukup porsinya, lengkap pula isinya. Jika cuma porsinya yang kurang, akan membuat badan jadi kurus. Namun, jika menu tak lengkap, tubuh terancam kekurangan. Setidaknya 30-an jenis zat gizi lain di luar karbohidrat, lemak, dan protein, termasuk 20-an jenis vitamin

Defisiensi atau kekurangan vitamin lazim bersamaan dengan kekurangan mineral, satu dari penyakit kurang gizi yang bisa terjadi pada semua umur. Orang miskin papa kekurangan vitamin karena memang kurang makan, sedangkan orang kecukupan kekurangan vitamin mungkin akibat salah cara makan atau salah memilih makanan.

Orang kecukupan pasti makannya banyak, tapi boleh jadi variasinya sedikit. Yang menu hariannya cukup bervariasi pun sekarang terancam defisiensi riboflavin.

Vitamin B3 atau niacin dijuluki memory vitamin sebab merenovasi daya ingat yang pudar. B3 kita peroleh dari kulit beras, jelai, yogurt, dan semangka. Dosis mega B3 meningkatkan kinerja otak selain meningkatkan pernapasan sel dan metabolisme gula.

Vitamin B6 atau vitamin saraf bisa mencegah sakit jiwa, epilepsi, dan membantu menemukan kembali s-e-k-s yang hilang. Vitamin ini memacu metabolisme otak. Keluhan yang berkaitan dengan saraf
perlu dipikirkan kemungkinan defisiensi B6, termasuk saat bayi kejang, kasus jantung, dan keracunan kehamilan. B6 ternyata bisa juga membebaskan orang dari serangan kanker kandung kemih. Pantothenate, kelompok vitamin B lainnya membantu penampilan s-e-k-s, mengurangi depresi, hipertensi, dan encok. Selain mengubah makanan jadi energi, vitamin ini merupakan bahan baku hormon anak ginjal. Kita bisa memperolehnya dari jeroan dan banyak terkandung dalam ASl (air susu ibu). Hal ini menunjukkan betapa vitalnya vitamin ini bagi tubuh, sama halnya dengan vitamin F.

Inositol dan choline, keduanya kelompok vitamin B, punya julukan youth vitamin. lnositol bersama PABA dan pantothenate membantu mengatasi uban, mengurangi lemak darah, dan mencegah pengapuran pembuluh darah.

Bersama choline, ia memelihara fungsi hati. Inositol dan choline banyak dalam Iecithin. Lechitin banyak dipasok dari tempe, tahu, dan susu kedelai, selain dari anggur dan jeroan. Yang suka minum kopi perlu ekstra inositol, sebab kafein merusak inositol.

Masih kelompok vitamin B, biotin juga menambah peluang awet muda dan dijuluki cheerful vitamin. Kekurangan biotin bisa terancam kekurangan vitamin. Penyebabnya beragam. Mungkin akibat salah mengolah, keliru memilih panci atau wajan, atau terlalu lama memasak. Mungkin juga sebab bahan makanan yang dipilih sudah tak segar, salah menyiangi, atau kelewat lama merendam.

Boleh jadi juga bahan makanannya tidak utuh kandungan gizinya. Mutu tanah pertanian sekarang, cara pemupukan, penyimpanan, maupun pengaruh buruk zat kimiawi pertanian menjadikan mutu gizi sayur-mayur, buah-buahan, serta hasil ternak yang kita santap, tak sebaik dulu lagi. Termasuk kandungan vitaminnya.

Sekitar 20 Jenis Vitamin
Kalau dihitung, tubuh membutuhkan sekitar 20 jenis vitamin yang harus tersedia dalam menu harian. Melihat pola makan orang sekarang, cara memasak, menyimpan, dan mengolah bahan makanannya, nyaris tak mungkin semua kebutuhan vitamin tercukupi. itu sebabnya orang sekarang banyak yang tergolong tidak sehat, tapi tidak sakit. Artinya, pasti ada vitamin selain zat gizi vital lainnya yang pasokannya kurang jika mengandalkan menu harian saja.

Gejala dan keluhan defisiensi vitamin baru nyata terasa jika keka rangannya mencolok. Kurang vitamin A misalnya jadi rabun senja, sering kesemutan kalau kurang Bi, atau jika berdarah sulit berhenti jika kekurangan vitamin K.

Lalu, apa gejala dan keluhannya kalau kurang vitamin F, P, U, atau vitamin Q? Defisiensi vitamin sering tanpa keluhan yang nyata. Namun, perlahan-lahan jantung, pembuluh darah, otot, tulang, menjadi semakin tidak sehat lagi. Ujungnya sakit jantung, stroke, pikun, kencing manis, atau darah tinggi.

Orang merasa tidak sakit, tapi seperti ada yang kurang. Mesin tubuh yang kekurangan vitamin tetap masih bisa jalan, tapi mungkin terdengar bunyi abnormal seperti ada bagian yang Ioncer. Tidak kelihatan sedang sakit, tapi juga pasti tidak seratus persen sehat. Anda bisa merasakannya?

10 Vitamin Bikin Die Hard
Tidak ada vitamin yang langsung bikin orang awet muda. Namun, jika diamati, sedikitnya ada 10 jenis vitamin yang secara tidak langsung bikin orang jadi die hard. Vitamin A, D, E, dan K karena larut dalam lemak, maka dapat disimpan tubuh. itu sebabnya vitamin ini tak boleh overdosis. Kelebihan pasokan vitamin ini sama buruknya dengan jika kekurangan, sebab bisa jadi racun buat tubuh.

Lain halnya vitamin bukan A, D, E, dan K yang tidak larut dalam lemak, tapi larut dalam air. Semua vitamin yang larut dalam air tidak berbahaya kalau pasokannya berlebihan, sebab akan dibuang lewat urine. Konon kencing orang Amerika isinya vitamin, saking rajinnya mereka minum vitamln.

Kelompok vitamin B sendiri ada 10 macam. Selain B1, B2, B3, B6, dan B12, dikenal pula PABA, pantothenate, inositol, choline, dan biarin. Enam di antaranya, kecuali B1, B2, dan pantothenate, menunjang peluang jadi awet muda.

Vitamin B2 atau riboflavin dijuluki vitamin umur panjang, banyak ditemukan dalam brokoli, jamur, dan kacang almon. Vegetarian perlu tambahan 82, sebab menu harian yang kurang produk susu, mudah depresi. Mereka yang suka makan telur mentah terancam kekurangan blotin, sebab putih telur mentah merusak biotin.

Vitamin E, F, P, dan Q juga menunjang hidup bisa lebih panjang. Vitamin E banyak terdapat dalam makanan segar tak diolah, ikan, telur, keju, atau sayur hijau. Orang Caucasus yang berumur panjang memperoleh banyak vitamin E dari kenari, apel, dan bulgur. Selain untuk seks, vitamin E dibutuhkan otot, jantung, dan saraf.

Vitamin F (suatu asam lemak esensial atau essensial fatty acid), penting buat kelenjar seks, jantung, dan antialergi, banyak ditemukan dalam minyak zaitun, minyak jagung, minyak bunga matahari, kedelai, dan wijen, selain dari ASI. lni bukti vitalnya vitamin F bagi tubuh, selain panfothenate yang juga banyak terkandung dalam ASI. Vitamin P atau bioflavonoid merupakan penunjang hidup awet muda lainnya. Fungsinya menyerupai fungsi vitamin C (Ckompleks), yakni mempertahankan kekuatan pembuluh darah agar tak mudah pecah atau bocor. Penduduk Caucasus berdiet vitamin P tinggi, yang diperoleh dari selada segar, kismis, tomat, dan kentang.

Vitamin Q, temuan Prof. Arnold J. Quick dari Universitas Wisconsin, AS, merupakan zat antibeku darah. Selain terdapat pada alfalfa, juga ditemukan dalam cengkeh dan kedelai. Vitamin Q dapat dijadikan obat antibeku pada kasus jantung koroner yang tersumbat.

Dr. Garnett Cheney menemukan vitamin U dari makanan segar, seperti kol, susu segar yang belum dipasteurisasi, atau kuning telur mentah. Vitaminnya rusak jika dimasak dan disimpan lama. Fungsi vitamin U adalah penyembuh tukak lambung.

Antioksidan
Defisiensi asam folat dan B12 menambah pasien kurang darah. Orang yang diet agar kurus berisiko kekurangan asam folat sehingga perlu banyak makan semur hati . sedang kekurangan B12 dan 52 banyak dijumpai pada vegetarian.

Yang menjadi masalah medis sekarang ini terfokus pada dahsyatnya seragan radikal bebas terhadap tubuh kita. _Selain radikal bebas di dalam tubuh sendiri akibat stres dan overtraining (olahraga berlebihan), polusi dari makanan, udara, kimiawi sudah sangat sesak mengisi ruang kehidupan sehari-hari. 

Tubuh sudah terlalu banyak dihujani radikal bebas, sehingga antioksidan penawar yang diproduksi kini sudah tak mencukupi. Tanpa antioksidan tambahan, radikal bebas yang tidak dijinakkan merusak kesehatan.

Kini dunia medis melihat, kanker, pengapuran pembuluh darah, encok, dan semua kerusakan organ, radikal bebas biang keladinya. Demi umur panjang kita membutuhkan lebih banyak antioksidan.

Vitamin A betakaroten, C, dan E, tergolong vitamin yang punya potensi antioksidan. Semakin modern pola dan gaya hidup, kita butuh dosis antioksidan lebih besar.

Serba Segar Dari Alam
Melihat semua sumber makanan bervitamin kebanyakan dari sayur-mayur, buah, biji-bijian, umbi-umbian yang serba segar, saatnya kita arif memilih menu. Kini roti gandum, beras merah, havermut, yogurt, rumput laut, ganggang, salad, minyak zaitun, tape/peuyeum, tempe, tahu, susu kedelai, menjadi tren baru menu orang modern.

Orang mulai sadar, rata-rata menu sekarang cenderung bersifat “makanan ampas" yang sudah hilang saripati vitamin, mineral, dan zat gizi vitalnya. Orang sekarang mulai gandrung makan ubi rebus, kacang rebus, karedok, lalapan mentah, asinan, dan rujak buah segar.

Kalau saja setiap orang suka semua makanan, dan menu senantiasa bervariasi, vitamin tambahan agaknya tidak kita perlukan. Menjadi arif kalau kita doyan lalapan mentah, suka ikan seperti nelayan Okinawa, suka camilan kacang layaknya orang Italia, serta gemar bulgur, umbi-umbian, kenari, dan wijen, menu rutin penduduk Caucasus yang rata-rata berumur panjang.

Beruntung kita, sebab bisa mengonsumsi buah dan sayur yang masih segar, baru dipetik dari kebun, dan beraneka pula. Pendek kata, paling gampang punya menantu orang indonesia. Dilepas di kebun saja hidup. Panjang umur lagi.

Previous Post
Next Post

post written by:

Tolong "SHARE" artikel kami via SOSMED, Agar semua menjadi kebaikan. Terima Kasih.