HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

Metode Melihat Hilal yang Menjadi Penanda Datangnya Bulan Baru, Termasuk Ramadan


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Agama RI akan menggelar Sidang Isbat (penetapan) awal Ramadan 1440 H, Minggu (5/5/2019) hari ini di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl MH Thamrin No. 6, Jakarta.

"Isbat awal Ramadan dilaksanakan 5 Mei, bertepatan 29 Sya’ban 1440 H," kata Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin, di Jakarta, belum lama ini.

Sidang isbat akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

"Sidang isbat merupakan wujud kebersamaan Kementerian Agama selaku Pemerintah dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam mengambil keputusan, yang hasilnya diharapkan dapat dilaksanakan bersama," ujarnya.

Proses sidang akan dimulai pukul 16.00 WIB, diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1440 H.

Adapun proses sidang itsbatnya, dijadwalkan berlangsung selepas salat Magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

Kementerian Agama menggelar Sidang Isbat (penetapan) awal Ramadan 1440 H, Minggu (5/5/2019) di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl MH Thamrin No. 6, Jakarta. (Kemenag)

"Hasil Rukyatul Hilal dan Data Hisab Posisi Hilal awal Ramadan 1440 H akan dimusyawarahkan dalam sidang itsbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Ramadan 1440H," terang Juraidi.

"Sidangnya tertutup, sebagaimana itsbat awal Ramadan dan awal Syawal tahun lalu. Hasilnya disampaikan secara terbuka dalam konferensi pers setelah sidang," sambungnya.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Agus Salim menambahkan, Kementerian Agama akan menurunkan sejumlah pemantau hilal Ramadan 1440H di seluruh provinsi di Indonesia.

Mereka berasal dari petugas Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam serta instansi terkait setempat.

Metode Melihat Hilal

Setiap datangnya Ramadan, masyarakat Indonesia selalu diombang-ambing dengan perbedaan tanggal datangnya bulan baru, terutama terkait penentuan awal puasa dan jatuhnya tanggal Hari Raya Idul Fitri.

Berikut disampaikan metode melihat bulan sabit tipis yang menjadi penanda datangnya bulan baru seperti dikutip Tribunnews dari situs ganaislamika.com.

Menyambut datangnya bulan baru dalam kalender Islam tidak sebagaimana kalender masehi.
Sebab bulan baru dalam penanggalan Islam ditentukan oleh terlihatnya bulan muda (hilal/sabit tipis) di atas ufuk.

Hilal atau bulan sabit; bulan yang terbit pada tanggal satu bulan Kamariah.
Hal ini akan menjadi krusial di saat-saat penentuan bulan Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah karena bulan-bulan tersebut terkait erat dengan ibadah puasa, hari raya dan ibadah haji umat Islam.
Tentu saja umat Islam memiliki pondasi dalam pijakannya; kitab suci Alquran dan Sunah Nabi Muhammad SAW.
Sebut saja hadis Nabi yang terkenal, "Puasalah kamu karena telah melihatnya (sabit muda) dan berbukalah karena telah melihatnya (sabit muda)."

Jadi, adakah kiat khusus dalam melihat hilal?

Berikut ini adalah kisi-kisi dalam melihat hilal seperti ditulis ganaislamika.com:

Pertama, bagi Anda pengguna android atau penikmat layanan internet berbayar, maka pastikan diri Anda membuka situsmoonsighting.com beberapa hari menjelang rukyatul hilal.

Situs ini akan menyajikan visibilitas (kemungkinan dapat dilihatnya) sabit muda pada akhir bulan hijriah.
Kedua, situs tersebut akan menampilkan peta wilayah dunia dengan beberapa warna.

Jika pada peta wilayah yang berwarna hijau, maka sabit muda pada wilayah itu akan mudah disaksikan dengan mata telanjang.

Jika pada peta wilayah yang berwarna biru, maka berarti sabit muda dapat dilihat jika kondisi sempurna (langit cerah tak terhalang awan mendung saat matahari terbenam).

Jika pada peta wilayah berwarna abu-abu, maka kita memerlukan alat bantu optik (teleskop) untuk melihat sabit muda.

Jika pada peta wilayah berwarna merah, maka bulan sabit muda pada wilayah tersebut tidak mungkin disaksikan dengan mata telanjang.

Wilayah berwarna kelam menunjukkan bahwa alat secanggih apa pun tidak dapat mengindra sabit muda tersebut.
Perhatikan juga peta Ramadhan pada situs moonsighting.com di bawah ini:
Tampilan situs moonsighting.com tentang data hilal Ramadan 1440 H. Sebagian wilayah Indonesia berada di salah satu kawasan yang berwarna hitam. Di tempat itu hilal mustahil dapat dilihat dengan alat canggih apalagi mata telanjang. (situs moonsighting.com/ganaislamika)

Dari keterangan gambar tersebut, maka kita dapat menyatakan bahwa sabit muda di wilayah peta berwarna kelam tidak dapat dilihat dengan alat canggih sekalipun, apalagi mata telanjang.

Padahal, alat canggih itu dibuat manusia untuk memperbesar visibilitas dan dirancang menggunakan ilmu khusus agar dapat menangkap apa yang tak bisa ditangkap mata telanjang.

Ketiga, pastikan Anda memperoleh data hilal sesuai dengan titik lokasi yang Anda ingin rukyah.

Jika Anda ingin merukyah di Bali, maka jangan gunakan data hilal wilayah Papua.

Selain itu, pastikan bahwa titik lokasi pantau Anda menghadap ke arah matahari terbenam yang tidak jauh dari titik hilal akan terlihat.

Keempat, data hilal dapat Anda peroleh dari ahli astronomi atau aplikasi modern seperti Starry Night, Stellarium, atau lainnya yang menyesuaikan dengan titik koordinat titik pantau hilal.

Untuk mudahnya, biasanya di lokasi pantau hilal disebarkan data hilal.

Berikut beberapa contoh praktis terkait rukyatul hilal seperti ditulis ganaislamika.com:

Ijtimak/Konjungsi/New Moon

Syarat wujudul hilal (yang digunakan oleh Muhammadiyah) adalah jika ijtimak terjadi sebelum matahari terbenam dan bulan terbenam setelah terbenamnya matahari.

Begitu pula bagi Anda yang mengikuti kriteria imkanur rukyah dengan formasi 2-3-8, yaitu tinggi hilal 2°, jarak bulan-matahari 3°, dan usia hilal setelah ijtimak adalah 8 jam, maka Anda tidak perlu rukyatul hilal, karena ijtimaknya setelah matahari terbenam dan usia hilal minus.

Petugas Kementerian Agama Provinsi Sulsel bersama Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar memantau hilal penetapan jadwal puasa 2018 di Mall GTC, Jl Metro Tanjung Bunga, 
Makassar, Sulsel, Selasa (15/5/2018). Dari hasil pemantauan tersebut, hilal tak dapat dilihat karena hasil negatif dengan ketinggian minus 0,20 derajat lantaran bulan terlebih dahulu terbenam. Meski demikian hasil perhitungan sementara yang dilakukan BMKG Wilayah IV Makassar belum dapat memastikan awal puasa. Pasalnya masih menunggu hasil Sidang Itsbat akan digelar Kementerian Agama. TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR (TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR)

Data Matahari

Sunset/waktu matahari terbenam: 17:50 WIB

Azimuth/titik horisontal: 292°53′

Dengan mengetahui waktu terbenamnya matahari, maka sejak itulah kita memfokuskan diri untuk memindahkan pandangan mata dari posisi terbenamnya matahari kepada posisi hilal.

Data Hilal

Altitude/Irtifa’/Tinggi hilal: – 01° 12′

Elongasi/jarak antara matahari terbenam dan bulan saat muncul: 4° 34′

Usia hilal yaitu sejak terjadinya konjungsi atau ijtimak: – 12 menit

Azimuth/titik horisontal:288° 25′

Iluminasi/ketebalan cahaya: 0,2%

Moonset/bulan terbenam: 17:45 WIB

Dari data bulan sabit muda itu, kita tahu bahwa ketinggian hilal berada di bawah ufuk, usia hilal minus karena ijtimak terjadi setelah matahari terbenam.

Posisi bulan pada azimuth 288°, berarti geserlah pandangan mata Anda 4° sebelah kiri matahari terbenam.

Cobalah pasang aplikasi Compas PRO pada ponsel Anda untuk mengetahui arah pastinya.

Dengan berbekal sedikit informasi ini, semoga kita dapat membekali diri dengan beberapa hal penting tentang kisi-kisi rukyatul hilal.

Sehingga pada saat menonton rukyatul hilal langsung di titik pantau, maka kita sudah mengetahui ke arah mana mata ini seharusnya memandang.

Selain itu, jika ada saksi mata yang mengaku melihat hilal di titik pandang yang sama dengan Anda, namun Anda sendiri tidak menyaksikannya, maka Anda dapat meragukannya.

Terlebih lagi jika orang yang mengaku menyaksikan hilal itu tidak menggunakan alat bantu teleskop, sehingga kesaksiannya tidak dapat dibuktikan dengan foto atau rekaman video.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat bagi kita semua.


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Metode Melihat Hilal yang Menjadi Penanda Datangnya Bulan Baru, Termasuk Ramadan, http://www.tribunnews.com/ramadan/2019/05/05/metode-melihat-hilal-yang-menjadi-penanda-datangnya-bulan-baru-termasuk-ramadan?page=4.
Penulis: Dewi Agustina 

Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait